I AM SMART

Bertumbuh adalah Pilihan

2 Petrus 1:5-8

Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan, dan kepada pengetahuan penguasaan diri, kepada penguasaan diri ketekunan, dan kepada ketekunan kesalehan, dan kepada kesalehan kasih akan saudara-saudara, dan kepada kasih akan saudara-saudara kasih akan semua orang.
Sebab apabila semuanya itu ada padamu dengan berlimpah-limpah, kamu akan dibuatnya menjadi giat dan berhasil dalam pengenalanmu akan Yesus Kristus, Tuhan kita.

2 Petrus 3:18

Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Bagi-Nya kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya.

Quotation-George-Eliot-lies-growth-human-choice-Meetville-Quotes-280384

MENGAPA HARUS BERTUMBUH?

1. Taat (1 Petrus 1:22)

Karena kamu telah menyucikan dirimu oleh ketaatan kepada kebenaran, sehingga kamu dapat mengamalkan kasih persaudaraan yang tulus ikhlas, hendaklah kamu bersungguh-sungguh saling mengasihi dengan segenap hatimu.

2. Tidak sesat (2 Petrus 3:17-18)

Tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, kamu telah mengetahui hal ini sebelumnya. Karena itu waspadalah, supaya kamu jangan terseret ke dalam kesesatan orang-orang yang tak mengenal hukum, dan jangan kehilangan peganganmu yang teguh. Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Bagi-Nya kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya.

3. Menjadi dewasa (Ibrani 5:11-14)

Tentang hal itu banyak yang harus kami katakan, tetapi yang sukar untuk dijelaskan, karena kamu telah lamban dalam hal mendengarkan. Sebab sekalipun kamu, ditinjau dari sudut waktu, sudah seharusnya menjadi pengajar, kamu masih perlu lagi diajarkan asas-asas pokok dari penyataan Allah, dan kamu masih memerlukan susu, bukan makanan keras. Sebab barangsiapa masih memerlukan susu ia tidak memahami ajaran tentang kebenaran, sebab ia adalah anak kecil. Tetapi makanan keras adalah untuk orang-orang dewasa, yang karena mempunyai pancaindera yang terlatih untuk membedakan yang baik dari pada yang jahat.

4. Memiliki cara berfikir yang sama dengan-Nya (1 Korintus 1:10)

Tetapi aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, demi nama Tuhan kita Yesus Kristus, supaya kamu seia sekata dan jangan ada perpecahan di antara kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu erat bersatu dan sehati sepikir.

5. Menjadi aset bagi-Nya

6. Seturut dengan Pencipta (Pengkotbah 12:13)

Akhir kata dari segala yang didengar ialah: takutlah akan Allah dan berpeganglah pada perintah-perintah-Nya, karena ini adalah kewajiban setiap orang.

BIDANG APA SAJA YANG HARUS MEMBUAT KITA BERTUMBUH?

Fisik : Menjaga agar tubuh tetap sehat.
Intelek : Usahakan pikiran selalu aktif.
Emosi : Berpikiran positif.
Sosial : Melayani sesama.
Kerohanian : Menaati Allah.

SYARAT UNTUK BERTUMBUH
– Beriman
– Beribadah
– Tekun
– Baca firman Tuhan
– Berdoa
– Menjadi saksi

BAYAR HARGA UNTUK BERTUMBUH
1. Hati (Amsal 4:23)

Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.
– Termotivasi
– Attitude/Sikap

 2. Waktu
– Kesempatan
– Prioritas

 3. Uang
Bermimpi itu gratis tapi membuat mimpi menjadi kenyataan perlu uang.

BAGAIMANA BERTUMBUH SELAMANYA?

1. Senantiasa berada di dalam Tuhan (Wahyu 3:14-15)

Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Laodikia: Inilah firman dari Amin, Saksi yang setia dan benar, permulaan dari ciptaan Allah: Aku tahu segala pekerjaanmu: engkau tidak dingin dan tidak panas. Alangkah baiknya jika engkau dingin atau panas!

2. Hidup suci di dalam Tuhan
3. Siap diajar
4. Tetap setia

ALAT BANTU UNTUK BERTUMBUH

1. Masalah, tantangan, dan penderitaan dalam hidup (2 Timotius. 3:11-12)

Engkau telah ikut menderita penganiayaan dan sengsara seperti yang telah kuderita di Antiokhia dan di Ikonium dan di Listra. Semua penganiayaan itu kuderita dan Tuhan telah melepaskan aku dari padanya. Memang setiap orang yang mau hidup beribadah di dalam Kristus Yesus akan menderita aniaya…

2. Hidup dalam komunitas yang sehat dan saling mendukung (Ibrani 10:25)

Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.

3. Mengkonsumsi suplemen rohani setiap hari (Lukas 13:8)

Jawab orang itu: Tuan, biarkanlah dia tumbuh tahun ini lagi, aku akan mencangkul tanah sekelilingnya dan memberi pupuk kepadanya…

Mazmur 1:1

Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh…

Be blessed!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s