I AM SMART

KAYA DENGAN CARA GILA

Ok, buku ini sebenarnya cukup simple dan inti dari tiga pembahasan dari Bob Sadino, Purdi E. Chandra, dan Aburizal Bakrie itu sama. Jika kita mau sukses ada beberapa cara yang bisa dipraktekkan. Berikut beberapa cara yang saya tangkap.

IMG_1611

BERTINDAK

Lakukan sekarang, do it now! Kebanyakan orang (terutama yang pintar) terlalu banyak berpikir untuk membuat rencana dan rencana sehingga tidak segera melangkah dan bertindak. Bahkan akibat semua rencana yang sudah dibuat, orang itu bisa saja menemukan bahwa ada kecacatan sehingga dia tidak mau memulainya karena merasa akan gagal.

Bertindak dulu dari sekarang. Kalau ada yang belum kita ketahui, kita pelajari sambil jalan. Jangan jadi orang yang perfeksionis yang terlalu banyak memikirkan ini itu. Biarpun gagal, itu akan menjadi pengalaman yang luar biasa untuk menajamkan intuisi kita.

Don’t try doing – just do. – Master Yoda
Whatever you do counts just because you are actually doing it.

INTUISI

Intuisi adalah analisis kilat dari fakta, yang menggunakan pengetahuan dan pengalaman sebagai filter. Intuisi dan irasionalitas saling berkaitan karena sebagian keputusan merupakan campuran berbagai macam ingatan, gagasan, perasaan, dan fakta yang kadang saling bertentangan.

Terkadang kita diperhadapkan dengan situasi dimana kita harus mengambil keputusan yang benar dengan cepat. Pengalaman dan pengetahuan bisa saja membantu kita mengambil keputusan. Namun terkadang intuisi akan membawa kita kepada pilihan lain yang ternyata tepat.

MODAL UANG NOMOR DUA

Uang bukanlah modal pertama jika ingin sukses atau memulai usaha. Yang utama adalah motivasi, tekad, dan kerja keras. Ada banyak cara untuk mendapatkan uang. Jika kita memaksimalkan pikiran kita dan menemukan ide-ide yang brilian, maka uang akan menjadi hal yang mudah.

MIMPI

Milikilah mimpi. Jangan takut bermimpi setinggi apapun. Orang-orang menjadi sukses diawali dengan mimpi. Jangan merasa minder jika mimpi kita mungkin tidak masuk akal. Banyak pendahulu-pendahulu kita yang memimpikan seperti terbang, menginjak bulan, membuat komputer, atau berbicara dengan telepon pada awalnya terdengar tidak mungkin.

Setelah bermimpi, mimpilah secara realistis dan logis. Sambil terus bermimpi dan merencanakan masa depan, tetap lakukan yang terbaik dengan apa yang kita punya sekarang.

PERCAYA DIRI

Jangan pernah menunjukkan kalau kita sedang susah atau tidak punya dana. Jadilah pribadi yang percaya diri. Buatlah pertemanan sebanyak mungkin. Tunjukkan bahwa kita adalah orang yang berhasil. Jangan takut gagal dan tetap bersemangat. Apabila jatuh, segera bangkit. Jangan lari dari masalah, hadapi itu. Dimanapun kita berada, jadilah yang terbaik. Apapun yang kita pilih, be the best.

PERCAYA KEPADA TUHAN

Orang sukses selalu punya cara unik untuk meraih kesuksesan. Ketika berhasil, cara unik itulah yang akan menginspirasi banyak orang di sekitarnya, meskipun sebelumnya terlihat tidak masuk akal dan aneh. Tuhan bekerja dengan cara yang misterius. Saat kita mempercayakan semuanya kepada Tuhan, Dia akan mulai menyambungkan benang-benang yang menyatu menuju kepada keberhasilan kita.

Be blessed!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s