I AM SMART

TEMUKAN DAN GENAPI TUJUAN

Takut akan Tuhan : Setiap hari makin menjadi serupa dengan Kristus.

real-men-fear-god

Pengkotbah 12:13-14

Akhir kata dari segala yang didengar ialah: takutlah akan Allah dan berpeganglah pada perintah-perintah-Nya, karena ini adalah kewajiban setiap orang. Karena Allah akan membawa setiap perbuatan ke pengadilan yang berlaku atas segala sesuatu yang tersembunyi, entah itu baik, entah itu jahat.

Pengkotbah memberitahu bahwa setelah mencari tahu arti hidup, dia menemukan bahwa inti dari semua yang dia dengar adalah TAKUT AKAN TUHAN. Kenapa harus hidup takut akan Tuhan? Karena pada akhirnya akan diadili. Tuhan itu KASIH dan ADIL. Pada akhirnya kita semua akan diadili saat meninggal. Tuhan yang ADIL berarti dia akan memperlihatkan semua dosa-dosa kita pada hari penghakiman. Iblis akan mendakwa kita atas semua tuduhan itu. Tapi pada akhirnya, Tuhan yang KASIH akan menghapus semuanya itu melalu pengorbanan Yesus di kayu salib.

fear_god
Ribert Clinton menarik garis linear dari 5 fase kehidupan orang Kristen.
 

1. Fase Fondasi Kedaulatan Tuhan

Dari kecil kita tidak bisa memilih dimana kita lahir, apa latar belakang kita, atau bagaimana kita dididik. Itu semua adalah kedaulatan Tuhan. Itu cara Tuhan untuk menyiapkan kita. Masa lalu kita turut membentuk karakter kita seperti sekarang. Karakter inilah yang mau Tuhan pakai untuk menggenapi rencana-Nya.

2. Fase Pembentukan Manusia Batiniah

Roma 8:28-30

Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara. Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya.

Sifat-sifat kita dibentuk untuk menjadi serupa dengan Yesus. Semua dimulai dari pertobatan (masih dalam kedaulatan Tuhan). Saat kita bertobat, kita masuk ke dalam panggilan Tuhan dan dibenarkan. Pada akhirnya kita akan dimuliakan karena Tuhan memakai kita untuk kemuliaan-Nya.

3. Fase Membentuk Kita Menjadi Dewasa

Dewasa dalam pengenalan akan Allah. Pendewasaan ini akan membuat kita mau terjun ke dalam pelayanan. Karena Yesus datang ke dunia untuk melayani. Setiap orang yang semakin serupa dengan Yesus akan memiliki hati untuk melayani seperti Yesus.

4. Fase Pelayanan

Melayani Tuhan dalam pekerjaan, keluarga, rumah tangga, dan dalam segala hal. Dalam fase ini, orang yang sudah dewasa akan memiliki kerinduan untuk melayani sesamanya. Ingat hukum yang kedua dimana kita diminta untuk mengasihi orang lain.

5. Fase Sesepuh

Seperti gembala sidang, kita bisa menimba banyak pengalaman dari dia. Orang yang sudah mencapai fase ini sudah tidak perlu mengkhawatirkan soal masalah duniawi. Semua kebutuhannya pasti Tuhan cukupi. Namun tanggung jawabnya besar karena harus menggembalakan domba-domba Allah.

24228151b25cb7d3180d5a60aa82d7d3
Be blessed!
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s