I AM SMART

“SEMAKIN PINTAR” KEBIASAAN

Baca satu buku dalam satu minggu.

Pernah merasa tidak nyambung dalam sebuah percakapan karena percakapan itu terasa begitu jauh di atas kita?

Kemampuan berpikir perlu ditingkatkan jika kita mau menjadi semakin pintar dan berwawasan luas. Pernah menonton film “Inside Out”? Setiap kita berpikir, kita menarik memori dari otak kita sehingga menimbulkan pengalaman-pengalaman atau pengetahuan-pengetahuan yang pernah kita terima. Namun memori itu tidak bisa datang dengan sendirinya. Dibutuhkan perjuagan sedikit demi sedikit setiap harinya untuk memperluas wawasan kita.

Pertanyaannya, “Apa yang akan kita lakukan untuk menjadi sedikit lebih pintar setiap harinya?

be-smart

Berikut adalah contoh-contoh tindakan yang simple yang bisa diikuti untuk mengisi bensin otak kita.

1. 10 IDE SETIAP HARI

Pikirkan bagaimana cara mengatasi korupsi, cara mengurangi kemiskinan, cara menyelesaikan masalah harian yang kita hadapi, ide-ide film yang menarik, atau apa saja. Apapun subjeknya tidak masalah selama kita menstimulasi otak dan otot-otot ide. Daftar itu bisa jadi membawa kita ke sebuah ide mula-mula yang baru atau bahan menulis. – Claudia Azula Altucher

2. BACA KORAN

Koran dapat menyadarkan kita akan hal-hal penting yang terjadi di seluruh dunia. Kita belajar untuk membuat opini sendiri dan menyambungkan titik-titik antara hal-hal yang terlihat tidak berhubungan. Kita juga akan memiliki lebih banyak untuk dibicarakan dengan orang lain atau teman-teman.

3. KRITIS

Uraikan opini yang unik dari sesuatu yang baru dipelajari. Jangan memberikan opini dari yang muncul begitu saja dalam pikiran. Terima dan coba dukung opini itu dengan bukti walaupun bukti baru itu dapat mengubah opini kita. Pengulangan setiap hari akan membuat kita lebih baik untuk bisa berpikir ‘outside the box’.

4. BACA BUKU FIKSI ATAU NON-FIKSI

Targetkan membaca satu buku selama seminggu. Temukan waktu luang membaca, baik dalam aktivitas sehari-hari atau saat menunggu sesuatu. Buku fiksi membuat kita mengerti karakter-karakter dan membawa kita masuk ke perspektif lain, sementara buku non-fiksi memperkenalkan kita kepada topik-topik baru dari politik sampai psikologi.

5. DARIPADA NONTON TV, NONTON VIDEO EDUKASI

Menonton suatu subjek yang kita senangi terkadang lebih menyenangkan daripada membaca dari buku. Kita bisa belajar banyak dari pengalaman-pengalaman orang lain. Banyak video inspirasional yang bisa kita temukan, contohnya TED atau YouTube di channel Smarter EveryDay. Seringkali informasi yang didapatkan dari video mudah dicerna dan diingat. Jadi sudah bisa dipastikan kita akan mendapatkan sesuatu darinya.

Can-You-Make-Yourself-Smarter-

6. SUBSCRIBE

Kita bisa mendapatkan banyak pengetahuan dari Facebook, Blog, ataupun Twitter. Subscribe hal-hal yang mau kita pelajari sehingga saat kita membuka newsfeed atau dashboard, kita tidak akan tertinggal berita-berita terbaru.

7. BAGIKAN KEPADA ORANG LAIN

Saat kita berdebat dan menganalisa ide dengan orang lain, kita dapat menambahkan pengetahuan masing-masing dan mendapar perspektif baru. Selain itu, saat kita membagikan atau menjelaskan ide kepada orang lain, itu berarti kita sudah pasti menguasai konsepnya. Kita bahkan bisa membagikan secara langsung apa yang kita pelajari tanpa berbicara langsung kepada seseorang, contohnya melalui blog. Dengan blog, kita bisa berdialog dengan yang lain melalui media online.

8. BUAT DUA DAFTAR “HARUS DILAKUKAN” : ‘APA YANG MAU DIPELAJARI SEKARANG’ DAN ‘APA YANG MAU DICAPAI’

Tentukan apa yang mau dipelajari, kumpulkan sumber-sumber yang akan mengajarkan kita, dan kemudian kerjakan itu setiap harinya.

Contohnya jika kita mau belajar editing. Mulailah mempelajari Adobe Premiere. Setelah itu mulai belajar membuat efek-efek editing di Adobe After Effects. Untuk daftar kedua, pikirkan tujuan jangka panjang seperti apakah kita mau masuk ke marketing atau arsitektur. Tulis langkah-langkah kecil yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan itu baik membaca dari yang sudah pengalaman atau mengikuti kelas-kelas.

9. TULIS SEBUAH DAFTAR “SUDAH DILAKUKAN”

Pada akhir hari, tuliskan apa saja yang sudah kita kerjakan. Ini akan membantu kita merasa lebih baik dengan apa yang sudah dicapai, khususnya jika kita sedang kurang bersemangan atau kurang percaya diri. Tulisan ini juga bisa membantu kita mrefleksikan seprduktif apa kita dan bagaimana kita bisa menyusun kembali hal-hal yang harus dilakukan besoknya.

10. MULAILAH DAFTAR “JANGAN DILAKUKAN”

Untuk mengubah mental yang salah, buatlah catatan dari hal-hal tidak produktif yang memakan banyak waktu kita. Hentikan kebiasaan-kebiasaan lama dan milikilah waktu untuk yang kebiasaan-kebiasaan baru yang lebih baik.

“The difference between successful people and very successful people is that very successful say ‘no’ to almost everything.” — Warren Buffet

12. TULISKAN APA SAJA YANG SUDAH DIPELAJARI

Kita bisa mulai membuat blog atau catatan untuk membantu kita mengikuti apa saja yang sudah dipelajari. Hal ini bukan hanya cara yang baik untuk menyimpan semua yang kita lakukan, tapi juga merupakan sumber motivasi yang baik. Kita akan semakin ingin belajar lebih banyak jika kita tahu pada akhirnya kita harus menulis tentangnya.

SMART1

13. RANGSANG OTAK

Berlari setiap hari adalah salah satu cara yang baik untuk menjaga otak dan mental kita dalam kondisi yang sehat. Selain itu kita bisa membaca, atau memainkan game yang merangsang otak. Semua ini akan membuat kit alebih mudah untuk menyaring informasi baru atau mengambil keputusan yang sulit.

14. BICARA DENGAN ORANG YANG MENARIK

Jangan takut untuk mendekati orang lain walaupun kita tidak mengenal mereka. Tanyakan hal-hal yang mereka suka dan bagaimana mereka menemukannya, Seringkali, kita belajar paling banyak dari orang yang kita belum terlalu kenal.

15. BERGAUL DENGAN YANG LEBIH PINTAR

Habiskan waktu sebanyak mungkin dengan orang-orang pintar. Setiap hari, kita harus mencoba minum kopi atau berjalan bersama seseorang yang menginspirasi kita. Selalu rendah hati dan mau untuk belajar. Tanyakan sebanyak mungkin pertanyaan sebisa mungkin. Jika kita selalu bersama dengan orang yang lebih berpengetahuan dari kita, kita tidak punya pilihan selain untuk belajar lebih.

16. FOLLOW UP PERTANYAAN SENDIRI

Saat melihat atau mendengar sesuatu yang menarik, jangan bairkan momen itu lewat. Follow up dan kejar rasa penasaran kita dan temukan jawaban dari pertanyaan itu.

17. PERBANYAK KOSA KATA

Kosa kata yang lebih banyak sangat membantu terutama dalam percakapan sehari-hari. Kita akan terdengar lebih berpengetahuan. Kita juga bisa belajar kosa kata dari bahasa lain. Setiap hari, tambahkan lima atau sepuluh kata baru ke bahasa asing yang mau kita kejar.

18. LAKUKAN SESUATU YANG MENGERIKAN

“Getting out of our comfort zone always makes us wiser.”

Setiap hari, paksa diri kita untuk maju lebih jauh. Coba berbicara di depan umum, pimpin meeting dengan sukarela mengajukan proposal di tempat kerja, atau hubungi seseorang yang kita kagumi dengan mengirimkan surat atau email.

19. JELAJAHI AREA BARU

Jika tidak dapat traveling setiap hari, setidaknya coba cari sesuatu yang baru di area tempat tinggal kita. Kita akan bertemu orang-orang yang berbeda, belajar fakta-fakta baru, dan mengerti hal-hal baru di dunia. Ini jauh lebih prduktif daripada hanya di rumah dan menonton TV.

20. MAIN GAME “PINTAR”

Beberapa permainan seperti catur atau Scrabble membuka pikiran kita. Tantang diri kita ketika memainkannya. Contohnya, mainkan Scrabble tanpa kamus. Kita juga bisa memecahkan teka-teki seperti game Sudoku, 2048, atau Doors.

21. LUANGKAN WAKTU UNTUK TIDAK MELAKUKAN APA-APA

Duduk dalam keheningan seringkali dapat memberikan kita inspirasi dan merefleksi diri.

22. MILIKI HOBI YANG PRODUKTIF

Jika kita punya suatu hobi yang bisa kita kerjakan setiap hari seperti menjahit atau memancing, kita bisa secara aktif belajar lebih hanya dengan melakukannya. Contohnya, belajar main musik selangkah demi selangkah setiap hari, baca buku pengembangan diri, tulis lebih banyak halaman dari novel kita, atau belajar sesuatu yang bari dari komputer kita.

23. APLIKASI YANG DIPELAJARI

Pastikan kita menggunakan apa yang sudah dipelajari dalam hidup kita sesering mungkin. Jika kita belajar bermain musik, kita bsia mem-videokan yang kita pelajari dan pamerkan di YouTube atau media sosial. Learning by doin adalah cara paling efektif untuk menjadi lebih pintar.

24. OLAHRAGA DAN DIET SEHAT

Konsumsi makanan-makanan yang mengisi pikiran dan hindari alkohol atau makanan-makanan berat yang membuat kita menjadi lamban. Ketika energi kita menipis, berjalanlah.

“The more blood flowing into your brain, the better your performance. Great thinkers like Mahatma Gandhi and Charles Darwin were famous for their long walks.” — Janne Piiroinen

Be blessed!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s