I AM SMART

Proses Mengganti SIM A yang Hilang

Aloha, tanpa basa basi setelah kejadian kena jambret yang menyebabkan salah satunya SIM A yang hilang, akhirnya saya yang tampan ini harus mengurus penggantian SIM baru yang sebenarnya tidak ribet tapi ribet juga (tanya kenapa?!). Baiklah beginilah prosedurnya dengan ala cerita saya.

Pertama-tama pastikan Anda sudah mengurus pergantian KTP baru karena jika tidak Anda terpaksa harus bolak balik seperti saya. Jika KTP belum jadi, pasti akan diberikan resi atau kalau bahasa gaulnya itu SUKET (Surat Keterangan). Cukup bawa fotokopinya dan fotokopi KK sebagai pengganti KTP jika KTP belum jadi.

Bawa bulpen dan fotokopi surat keterangan hilang dari kepolisian, fotokopi KTP dan SIM A masing-masing 2 (bawa lebih juga boleh untuk jaga-jaga). Setelah itu mampirlah di Samsat pusat (kalau saya di Samsat SIM Daan Mogot) dan di bagian depan ada bagian pemeriksaan kesehatan dan asuransi. Langsung ke sana dulu. Bayar formulir pemeriksaan matanya, cek mata, dan setelah lulus antri sebentar untuk bayar asuransi. Ini total kalau tidak salah cuma 55,000 IDR saja.

Setelah mendapat kertas pink dan bukti bayar asuransi baru deh jalan masuk ke dalam dan temukan gedung yang bewarna biru. Tanya saja ke polisi yang berjaga di depan apa di sini tempat penggantian SIM baru. Anda akan diberikan tag. Masuk dan cari bagian BRI. Bayar untuk mendapatkan form penggantian SIM hilang, cuma 80,000 IDR kalau tidak salah. Jangan salah bayar yang 140,000 ya karena saya sempat salah (tapi untungnya polisi di sebelah dimana kita mengambil formulir kasih tahu kalau harganya yang 80,000 IDR). Tepat di sebelah BRI-nya beri bukti pembayaran dan Anda akan diberi formulir.

Setelah di isi Anda harus berjalan ke luar dan naik ke lantai 2 bagian Arsip. Di sini jangan malu-malu untuk bertanya karena akan bolak balik double kalau tidak bertanya. Setelah naik ke atas dan ke tepat Arsip, serahkan formulir dan tunggu sampai nama dipanggil. Kemudian kita turun lagi dan berjalan lagi ke bagian depan (loket 18) untuk menyerahkan semua arsip. Setelah dipastikan semua memadai, Anda akan diminta untuk ke meja di dekat sana untuk menyerahkan semua arsip dan tunggu sampai nama dipanggil.

Selanjutnya pergi ke tempat bagian foto dan langsung masuk saja (tanya dulu juga boleh biar tidak salah). Setelah masuk ke bagian sebelah kiri bagian online kalau tidak salah dan taruh kertas yang dikasih polisi saat nama Anda dipanggil untuk foto, tanda tangan, dan sidik jari.

Langkah terakhir pergilah ke loket 30 yang berada di bagian luar lagi (searah dengan naik ke lantai 2 sebelumnya). Loket 30 mudah ditemukan. Setelah masuk duduk manis dan cantyik sampai nama Anda dipanggil dan voila! SIM A Anda sudah jadi, hore!

Intinya semua arsip harus lengkap dan jangan malu bertanya. Hitung-hitung bakar kalori sikitlah. Cus deh semoga bermanfaat.

Advertisements

Categories: I AM SMART

Tagged as: , , , ,

2 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s