Believer

Bagaimana Berdoa Sepanjang Hari?

Tuhan menginginkan hubungan yang dekat dengan kita. Salah satu cara supaya kita bisa memiliki hubungan yang dekat dengan Tuhan adalah dengan tetap berkomunikasi dengan-Nya. Namun kadang kesibukan atau apapun seringkali menghalangi kita untuk dapat mengingat Tuhan. Kita dipenuhi segala macam aktivitas, rutinitas, dan kekhawatiran dunia sampai-sampai kita hanya bisa mengingat Tuhan hanya di saat makan atau sebelum tidur.

Tuhan menginginkan hubungan yang intens dengan kita. Dia ingin kita selalu terhubung kepada-Nya. Pelajarilah 4 pilar doa yang akan menyadarkan kita bahwa ternyata doa itu sebenarnya sangat menyenangkan, tidak monoton dan membosankan. Jika doa adalah sesuatu yang penting dan menyenangkan, kita harus melakukannya di sepanjang hari kita.

ee97c7c10e7030fdaacfd54211374371

Yesus selalu mengambil waktu untuk berdoa.

Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana. | Markus 1:35

Ketika hari siang, Yesus berangkat dan pergi ke suatu tempat yang sunyi. Tetapi orang banyak mencari Dia, lalu menemukan-Nya dan berusaha menahan Dia supaya jangan meninggalkan mereka. | Lukas 4:42 

Dan setelah orang banyak itu disuruh-Nya pulang, Yesus naik ke atas bukit untuk berdoa seorang diri. Ketika hari sudah malam, Ia sendirian di situ. | Matius 14:23

Pertanyaannya dengan jadwal kita yang begitu penuh, apakah mungkin kita bisa berdoa sepanjang hari? Jawabannya bisa! Kita tidak perlu mengambil waktu setengah atau satu jam untuk berdoa di setiap jam tertentu untuk bisa berdoa sepanjang hari. Kita hanya memerlukan waktu beberapa menit saja dan cara berdoa ini bisa kita lakukan di sela-sela aktivitas sehari-hari kita.

Tetaplah berdoa. | 1 Tesalonika 5:17


Bagaimana cara berdoa di sepanjang hari?

Kita akan mengikuti pola dari doa yang diajarkan Yesus sendiri yaitu Doa Bapa Kami.

1. BANGUN TIDUR DENGAN UCAPAN SYUKUR

Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga… | Matius 6:9

Kita mendapatkan hak istimewa untuk memanggil Tuhan kita sebagai Bapa. Hubungan bapa dan anak ini adalah hubungan yang sangat intim. Oleh karena itu mengucap syukurlah kepada bapa kita. Mulailah hari dengan ucapan syukur. Ketika kita membuka kedua mata kita, ucapan syukur harus menjadi yang pertama.

index.png

Buatlah sebuah daftar apa saja yang bisa kita syukuri jika kita tidak menghafalnya.

  1. Terima kasih untuk nafas kehidupan.
  2. Terima kasih untuk pengorbanan dan keselamatan yang Yesus berikan.
  3. Terima kasih untuk keluarga dan pekerjaan yang Tuhan sediakan.
  4. Terima kasih untuk teman-teman rohani yang selalu menguatkan dan membantu pertumbuhan.

Tentu saja banyak hal yang bisa kita syukuri dalam kehidupan ini. Kita bisa membaca daftar itu jika memang kita tidak menghafalnya. Cara lain untuk megucap syukur adalah dengan memainkan lagu rohani dimana liriknya penuh dengan ucapan syukur. Buatlah sebuah playlist untuk lagu ucapan syukur dan dengarkan itu di pagi hari.

Kita perlu mengawali hari kita dengan rasa syukur.

Kenapa? Karena banyak penelitian yang menemukan bahwa perasaan atau emosi yang kita awali di pagi hari akan menentukan sisa hari kita. Jadi awalilah dengan yang baik yaitu dari Tuhan kita sendiri.


2. BERKATI NAMA TUHAN SAAT SARAPAN

Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu | Matius 6:9

Praktek doa kedua ini kita lakukan saat sedang akan sarapan. Ketika kita mau sarapan, berkatilah nama Tuhan kita. Banyak sekali nama Tuhan yang bisa kita perkatakan antara lain Yehovah Jireh (Allah yang menyediakan), Yehovah Rafa (Allah penyembuh), El Shadai (Allah Maha Besar), El Evtach (Allah bisa dipercaya), dan masih banyak lagi.

having-breakfast-vector-cute-cartoon-children-44485529

Kenapa kita perlu memberkati nama Tuhan? Karena Tuhan mau supaya kita mengenali pribadi-Nya. Dia mau kita mengenal bahwa Dia Tuhan yang hidup, yang maha tahu, maha kuasa, bisa dipercaya, dan sifat-sifat-Nya yang lain.

Orang yang mengenal nama-Mu percaya kepada-Mu, sebab tidak Kautinggalkan orang yang mencari Engkau, ya TUHAN. | Mazmur 9:10


3. INGAT YANG TERPENTING PADA PERTENGAHAN PAGI

Kita mulai melakukan aktivitas kita. Kita sampai di tempat kerja atau sekolah kita dan biasanya akan ada waktu senggang sebelum kita mulai beraktivitas. Biasanya kita menghabiskan waktu ini dengan merapikan rambut atau pakaian kita. Biasanya kita menghabiskan waktu ini dengan melihat sosial media. Tapi kita harus mengingatkan diri kita bahwa ada yang lebih penting dari semua itu.

Datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga. | Matius 6:10

thywillbedone_fulltitle

Kita mungkin memiliki tujuan atau rencana kita untuk beberapa jam ke depan. Tapi dengan berdoa seperti ini, kita perlu disadarkan bahwa apakah tujuan dan rencana kita sudah sejalan dengan tujuan dan rencana Tuhan? Karena yang terpenting adalah membuat kehendak Tuhan terjadi atas hidup kita. Kita perlu mengingatkan diri kita kepada hal-hal yang terpenting, kepada tujuan kita diciptakan.

Kita luruskan kembali jalan kita dengan jalan Tuhan. Kita harus lebih tertarik dengan apa yang Tuhan mau lakukan daripada yang kita mau lakukan.

Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. | Matius 6:33


4. DAFTARKAN PERMINTAAN SAAT MAKAN SIANG

Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya. | Matius 6:11

Mintalah maka akan diberi. Kita boleh meminta apa saja pada Tuhan. Tuhan akan menjawabnya. Dia selalu menjawab doa kita. Tapi ingat bahwa jawabannya bisa tidak dan belum saatnya. Ketika kita menerima kedua jawaban itu, kita perlu menyadari bahwa Tuhan tahu yang terbaik untuk kita. Tuhan tahu apa yang membuat kita cukup.

Kita sedang butuh uang tambahan, mobil, rumah, kekasih, atau apapun itu bisa kita sampaikan pada Tuhan. Dia suka menunjukkan kasih karunia-Nya dengan menjawab doa.

Dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. | Yohanes 14:13

1-244

Selain mendaftarkan permintaan kita, kita juga perlu untuk mendaftarkan permintaan orang lain pada Tuhan. Kita bawa doa orang lain kepada Tuhan. Mungkin ada teman kita yang sedang membutuhkan sesuatu, kita bawa itu kepada Tuhan.

Mengenai aku, jauhlah dari padaku untuk berdosa kepada TUHAN dengan berhenti mendoakan kamu. | 1 Samuel 12:23


5. MINTA PENGAMPUNAN PADA SORE HARI

Dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami. | Matius 6:12

Sore hari adalah saat dimana kita mulai lelah dan mudah kesal. Kadang atasan kita bisa tiba-tiba datang dan menyerahkan pekerjaan yang akan membuat kita lembur. Kadang jadwal kita akan berantakan karena satu atau beberapa alasan. Ambillah waktu untuk bertanya kepada Tuhan apakah ada dosa yang sedang saya tumpuk? Kita bisa melakukan ini saat sedang istirahat atau ke kamar kecil.

bigstock-pen-writing-i-am-sorry-46247542-583x372

Kita perlu membawa dosa-dosa kita kepada Tuhan. Jangan biarkan itu semua menumpuk dalam diri kita. Kita juga perlu memaafkan orang-orang yang membuat kita frustasi.

Dosa sama dengan sampah. Kita perlu membuangnya setiap hari. Jika tidak maka rumah kita akan bau.

Jangan biarkan sampah menumpuk dalam kehidupan kita. Segera buang semua itu. Jangan sampai kita merasa bersalah dalam kehidupan ini karena kita merasa diri kita berdosa dan banyak membuat kesalahan. Sebagai orang percaya seharusnya kita hidup di dalam damai sejahtera dan sukacita.


6. MINTA TUHAN MEMBANTU MEMBUAT KEPUTUSAN YANG BIJAK

Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. | Matius 6:13a

Mungkin beberapa dari kita menyadarinya. Ketika kita pulang ke rumah, kita sering membawa beban dan masalah di luar sana ke dalam rumah. Yang terjadi adalah kita melimpahkan semua itu kepada kelaurga kita. Keluarga kita menjadi sasaran emosi kita. Oleh karena itu sebelum kita tiba di rumah, kita perlu meminta Tuhan supaya membantu kita membuat keputusan yang bijak.

arrows-187927625

Keputusan yang bijak itu adalah dengan menaruh beban dan masalah di luar rumah. Katakan kepada semua itu bahwa kita tidak akan membawa mereka masuk ke dalam rumah dan kita tidak akan membiarkan mereka merusak kita dan keluarga kita.

Pulang dari kerja juga adalah saat dimana pencobaan seringkali datang. Ketika kita nongkrong bersama teman atau sendirian di rumah, kita bisa rentan dengan pencobaan. Dengan berdoa seperti ini kita akan mengingatkan diri kita bahwa kita bisa menjauhi pencobaan dan memilih keputusan yang bijak.


6. AKHIRI HARI DENGAN KEBENARAN YANG MEMBANGUN

Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin. | Matius 6:13b

Dan setelah seharian berkativitas, kita akan kembali ke kasur kita dan kita harus mengakhir hari dengan sesuatu yang baik. Kita mengawali dan mengakhiri hari dengan yang baik. Jika kita mengawali dengan ucapan syukur maka kita bisa mengakhiri dengan kebenaran yang membangun.

Darimana kita bisa mendapatkan kebenaran yang membangun ini? Bisa dari bacaan renungan, Alkitab, kotbah, atau ayat hafalan yang kita ingat.

Hidup ini bagaikan sebuah buku dan film dimana akhir ceritanya adalah Tuhan yang menang.

Kita perlu mengakhiri hari kita dengan kebenaran ini. Tuhan kitalah pemenangnya. Dia akan membawa kita ke dalam kemenangan. Pergumulan, beban, dan masalah apapun yang kita sedang hadapi akan berakhir dengan kemenangan di tangan Tuhan dan kita. Inilah kebenaran yang paling membangun.

god-wins

Jangan habiskan akhir hari kita dengan tontonan yang tidak membangun. Kita suka menyaksikan atau membaca berita-berita negatif atau bermain game atau membuka media sosial sebelum tidur. Apakah pada akhirnya itu semua membangun? Hanya kebenaran dan janji-janji Tuhanlah yang paling membangun.

Ketika kita mengakhiri hari dengan kebenaran ini maka kita akan bangun dengan ucapan syukur sehingga kita siap mengulangi praktek-praktek doa ini keesokan hari dan keesokan hari lagi sampai seterusnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s