Experiencer

Cara Memperpanjang Paspor

Okay today saya mau mengisahkan perjalanan memperpanjang Passport saya. Ini perpanjang Passport biasa atau ePassport. Pertama-tama kita harus mendownload aplikasi Antrian Paspor yang cuma ada di Google Play atau Android (sayangnya iPhone belum ketemu. Ada websitenya sebenarnya tapi saya mengalami kesulitan karena tidak dikasih konfirmasi email untuk verifikasi setelah daftar. Jadi saya sarankan download saja aplikasinya.

whatsapp-image-2018-07-25-at-11-08-31.jpeg

Kita mesti signup pada aplikasi menggunakan nomor KTP juga. Setelah signup, kita bisa memilih lokasi kantor imigrasi mana yang paling dekat dengan tempat kita dan waktu mana yang paling ideal. Kita akan mendapatkan Barcode yang mesti kita perlihatkan kepada petugas saat datang.

Sebaiknya cepat dipilih karena sering cepat fully booked. Setiap Minggu malam akan di-restart ulang tapi saya isi hari Selasa hampir semua tempat full. Jadi saya dapat yang agak jauh dan lebih siang.

Sebenarnya kalau mau datang langsung juga tidak apa-apa tapi katanya antriannya berbeda dan sepertinya akan lebih lama jika tidak booking dahulu.

Pada hari dan jam yang sudah kita pilih, kita wajib datang. Saya pribadi datang 1 jam lebih awal karena masih belum paham seluk beluknya. Sampai di kantor imigrasi, saya memperlihatkan Barcode dan ternyata belum bisa mendapat antrian karena 1 jam lebih awal. Saya diberikan form untuk diisi dan di sinilah gunanya kita datang lebih awal. Kita bisa mempersiapkan kembali apa saja yang kurang. Saya hanya kurang materai tapi tidak usah khawatir karena ada tempat fotokopi dan penjualan materai yang tersedia.

Persayaratan perpanjangan Passport adalah:

  • Akte kelahiran asli dan fotokopi di kertas A4
  • Kartu keluarga asli dan fotokopi di kertas A4
  • KTP asli di kertas A4 (tidak dipotong)
  • Passport asli dan fotokopi halaman depan dan belakang di kertas A4 (tidak dipotong)
  • Materai

Nomor antrian dibuka 15 menit sebelum waktu booking. Akhirnya saya mendapat nomor antrian dan menunggu giliran dipanggil. Nomor antrian, bukti pendaftaran online, dan berkas-berkas saya akan dicek dan ditanyakan beberapa pertanyaan seperti nama dan tanggal lahir.

Kemudian diberikan nomor antrian kembali untuk foto, sidik jari, dan tanda tangan. Menunggulah kembali dan setelah dipanggil saya taruh berkas dan menungu kembali. Nama dipanggil, foto, sidik jari, dan dikasih lembaran untuk bayar dimana bisa bayar di kantor imigrasi atai di bank mana saja (kecuali Artha Graha ya kalau tidak salah karena bersebelahan dengan kantor imigrasi di Gading jadi saya coba di sana tapi ternyata tidak bisa).

Untuk Passport biasa butuh 3 hari pengerjaan sedangkan ePassport 7 hari. Kita bisa cek di WA-nya dengan mengetik #WNI atau yang lain sesuai dengan di gambar.

IMG_6466

Ikuti saja step-nya. Passport bisa diambil sendiri atau masih yang 1 Kartu Keluarga. Jika orang lain maka butuh surat kuasa dan KTP asli yang ambil.

Jadi kalau mau disimpulkan, langkah-langkah memperpanjang paspor adalah sebagai berikut.

  1. Booking kuota antrian di aplikasi Antrian Paspor.
  2. Persiapkan semua berkas-berkas yang diperlukan.
  3. Datang 15 menit lebih awal untuk mengambil formulir dan nomor antrian.
  4. Isi formulir dan setelah dipanggil serahkan formulir beserta berkas-berkas.
  5. Tunggu antrian untuk foto dan sidik jari.
  6. Bayar biaya paspor dan tunggu kurang lebih 3 hari untuk paspor biasa dan 7 hari untuk ePaspor.

Be blessed!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s