Kebakaran di Gili Lawa


Hari ini saya mendengar kabar telah terjadinya kebakaran di Gili Lawa, salah satu tempat destinasi turis di pulau Komodo. Saya sangat menyukai tempat ini. Waktu itu saya mampir ke Gili Lawa (antara bulan Agustus dan September 2017) untuk menyaksikan matahari terbit. Hamparan padangnya yang indah membuat saya benar-benar kagum dan takjub.

Namun sekarang padang savananya yang hijau telah menjadi hitam. Kamis malam ada salah seorang tour guide yang sempat mendokumentasikan gemuruh api yang menyala sampai ke puncak Gili Lawa.

3d1cfd5c-7b8e-4a13-832e-20ef1e68d11a
(kurniawan_jack/Instagram)

Penyebab kebakaran masih belum diketahui namun yang pasti ada yang menyalakan api di sana. Di sana juga ada rusa-rusa liar dan sampai saat ini belum ditemukan rusa yang mati karena kebakaran. Semoga saja insting binatang membuat mereka selamat dari kebakaran tersebut. Sampai saat ini belum ada informasi penutupan Gili Lawa,. Hanya saja tempat ini kini sudah menjadi hitam karena hangus terbakar.

Budhy Kurniawan, Kepala Balai Taman Nasional Komodo, menjelaskan Gili Lawa akan dibiarkan pulih secara alami. Dia pun berharap agar tour operator dan wisatawan untuk mematuhi segala peraturan di kawasan Taman Nasional Komodo.

Saya sangat menyesali kejadian ini. Gili Lawa adalah salah satu tempat yang paling berkesan buat saya pribadi.

Memang saya tidak punya hak untuk memberikan nasehat tapi saya yang juga suka travel berusaha untuk peduli dan taar dengan peraturan yang ada. Bagaimanapun alam ini adalah ciptaan Tuhan yang dipercayakan kita sebagai manusia untuk merawatnya. Semoga saja kejadian ini tidak terulang lagi.

Be blessed!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s