Experiencer

8 Kuliner Mesti di Surabaya

Yo, saya baru saja menikmati kuliner di Surabaya. Mungkin kita bertanya ini Surabaya bukannya sama aja kaya Jakarta baik dari makanannya maupun dari mallnya. Tapi ternyata, percaya tidak percaya, banyak kuliner yang enyak-enyak dan rasanya beda dengan yang di Jakarta walaupun ada cabangnya. Berhubung saya tinggal di daerah Surabaya Barat jadi rata-rata makanan yang akan saya review ada di dekat-dekat sana.

Baik, langsung saja! Barikut daftar kuliner yang saya nikmati dan kalian kudu coba!


1. AYAM GORENG PEMUDA

Ayam kampung di sini gurih, renyah, dan rada asin. Tulangnya lunak dan ada yang bisa dimakan. Cumi gorengnya mesti dicoba (waktu saya makan kehabisan tapi ini rekomen teman saya yang tinggal di Surabaya). Udang gorengnya juga gurih asin dicampur bumbu airnya yang manis. Semuanya bisa dinikmati dengan petai dan sambal kecapnya.

 

Namun saya tidak rekomen sayur asamnya karena agak manis menurut saya, tapi kalau mau dicoba ya monggo. Harga ayamnya 1 24,000 IDR. Udang gorengnya agak mahal 50,000-an IDR.

Ruko Plaza Graha Famili Blok C No. 18 | Jl. Mayjen Yono Suwoyo, Pradahkalikendal, Dukuh Pakis


2. MADAME CHANG

Tempat ini terkenal dengan slogannya fresh dan natural. Semuanya homemade mulai dari kentang gorengnya (dicocol saus tomatnya maknyos!), salad, dan minuman-minumannya. Buat yang suka healthy food boleh langsung meluncur ke sini. Banyak desserts enak di sini. Camilannya juga tidak kalah. Pentol Dragon Ball di sini harus dicoba. Sebenarnya ini sama kaya cilok. Bakso rebus dan goreng yang tidak pakai kuah. Kemudian yang terkenal di sini adalah Thai Tea, Cryssant Tea, dan jali-jali.

 

Saya juga mencoba Mango Sensationalnya, fresh dan tidak terlalu manis. Untuk weekend atau holiday, ada tersedia lemon cake dan carrot cake yang konon enak banget. Berhubung saya datang bukan pas weekend jadi belum bisa mencoba. Sama sesame chicken-nya patut dicoba.

 

Untuk harga masih standar. Minuman kurang lebih 30,000-an IDR. Makanan camilannya kurang lebih 30,000 – 40,000.

Jl. Raya Darmo Permai I No.15 | Pradahkalikendal, Dukuh Pakis 


3. AAN PING LAO

Bakmi Ujung Pandang satu ini tersedia dalam porsi kecil, besar, sampai ke jumbo. Jangan pernah coba yang jumbo kecuali siap begah di perut karena saya coba porsi kecil saja sudah banyak. Bakmienya sudah ada rasa dan samcannya ini enak sekali. By the way, bakmie ini mengandung babi ya. Ups, baru ngomong.

Screen Shot 2018-09-20 at 08.29.01

Dagingnya melimpah banget. Tapi saya tidak suka dengan pangsitnya. Sekali lagi masalah selera ya. Harganya untuk porsi kecil 35,000 IDR. Porsi besar 40,000 IDR.

Jl. Raya Darmo Baru Barat No.85A | Sonokwijenan, Suko Manunggal


4. NASI CAMPUR TAMBAK BAYAN

Ini sarapan saya di pagi hari. Salah satu makanan enak yang bisa kita pesan di pagi hari. Saya gojek ke hotel dan mencoba komplit tapi tanpa nasi. Rasanya manis dan tidak pedas (menurut saya, menurut teman saya pedas). Bumbunya meresap banget. Daginya ada daging ayam, empal (rasa dagingnya berasa banget), dan tahu telor.

IMG_0679

Hati-hati makan tahunya karena bumbunya bisa muncrat kemana-mana (pengalaman kena laptop haha). Sate babinya paling enak! Harga satenya satu 10,000 IDR. Harga nasi campur komplit tanpa nasinya 35,000 IDR.

Jalan Raya Darmo Permai I No. 86M – 86N | Pradahkalikendal, Dukuh Pakis, Pradahkalikendal, Dukuh Pakis


5. AYAM GORENG PRESIDENT

Namanya juga presiden jadi rasanya kelas atas haha. Ayam ini menurut saya lebih enak dari Pemuda. Dengar dari teman sampai ada yang pesan 40 biji bawa ke Jakarta. Tapi memang ini ayam enaknya bukan main. Harus coba! Rasa rempah-rempahnya benar-benar berasa sehingga membuat ayamnya makin nikmat. Tapi untuk kegurihan sama lebih suka Ayam Goreng Pemuda.

DSC04418

Udang dan cuminya lebih enak dari ayamnya. Udangnya diberi bumbu kuah manis asin, sedangkan cuminya diberi bumbu manis asam. Untuk iga sapi penyetnya boleh dicoba juga tapi porsinya cukup besar dan banyak lemaknya. Rasa dagingnya benar-benar pekat. Untuk harga cumi dan iga sapi penyet 50,000 IDR. Udang goreng lebih mahal seharga 55,000 IDR dan ayam gorengnya 18,000 IDR.

Jl. Tidar No.22 | Sawahan


6. DEPOT BU RUDY

Siapayang tidak mengenal udang dan sambal bu Rudy? Ini adalah salah satu makanan khas Surabaya yang tidak boleh dilewatkan. Udang goreng keringnya yang paling terkenal di sini. Di sini juga tersedia udang dan sambal untuk oleh-oleh. Untuk udang tersedia porsi besar dan kecil sedangkan sambal tersedia dalam 3 macam. Ada sambal bawang, sambal bajak (terasi), dan sambal peda (ikan asin).

 

Harga sambal bawangnya 23,000 IDR. Sambal bajak dan pedanya 26,000 IDR. Untuk nasi udang berkisaran 25,000 IDR – 40,000 IDR.


6. KONRO TANJUNG PERAK

Konro di sini tidak ada cabang. Hanya ada di Tanjung Perak yang adalah daerah pelabuhan. Konro yang berasal dari Makasar ini benar-benar menawarkan iga yang empuk dan bumbu yang sangat nikmat. Sop konronya disertai kelapa yang membuat rasa kuahnya semakin segar.

 

Harganya untuk per konro ini sekitar 40,000 IDR – 50,000 IDR. Oh ya, kalau datang saat jam ramai, siap-siap duduk bersama pelanggan yang lain ya.

Jl. Perak Timur Blok A6 No.564, Perak Utara, Pabean Cantian


7. BEBEK SINJAY

Bagi pecinta bebek Sinjay madura, kali ini sudah tdak perlu lagi mencari jauh0jauh ke Madura. Bebek Sinjay sudah membuka banyak cabang di Surabaya. Perpaduan bebek goreng dengan kremes dan sambal mangga membuat bebek Madura ini menjadi salah satu kuliner yang tidak boleh terlewatkan.

Screen Shot 2018-09-21 at 21.41.19

Jl. Mayjen HR. Muhammad No.71, Pradahkalikendal, Dukuh Pakis


8. BEATUS

Buat kalian yang punya uang lebih, kepiting Beatus sangat saya rekomen. Jangan lupa untuk me-reserve 1 hari sebelum makan di sini. Untuk berat kepiting akan diinfokan beberapa jam sebelum waktu reserve kita. Kenapa dikatakan jika punya uang lebih? Karena untuk harge kepitingnya 1 ons 80,000-an IDR dan rata-rata berat kepiting di sini mencapai 500-an gram. Untuk pribadi, kemarin saya menghabiskan 1 juta IDR untuk 2 kepiting dan 3 minuman.

 

Pastikan memesan Caramelized Butter Crab karena ini yang paling recommended. 1 kepitingnya sudah mendapatkan nasi dan di dalam kepiting ada bacon (beef atau pork). Bumbu kepiting ini benar-benar delicious. Dipadu dengan bawang putih dan bawang merah serta bisa meminta tingkat kepedasan.



Be blessed!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s