Traveller

8 Destinasi Terbaik di Misool, Raja Ampat

Siapa yang tidak pernah mendengar Raja Ampat? Nama ini sudah menjadi salah satu tempat wisata yang terbaik, bukan hanya di Indonesia, tapi juga internasional. Hamparan gunung, karst, serta laut yang indah ini sudah menjadi salah satu bucket list saya dan akhirnya kesampaiannya juga. Biasanya orang mendatangi pulau Wayag yang ada di Raja Ampat, tapi pulau Misool juga menjadi salah satu tempat yang tidak boleh terlewatkan.

Apa saja destinasi yang mesti dikunjungi saat ke Misool?


1. GOA KERAMAT

Goa Keramat menawarkan pemandangat mulut goa yang megah. Namun untuk masuk ke dalam mulut goa, kita perlu berenang dimana kedalamannya cukup dalam. Batu-batu di bawah juga cukup tajam jadi pastikan mengenakan sepatu khusus renang. Semakin ke dalam goa, kita akan menemukan pemandangan stalagmit dan batu besar yang berdiri sendiri.

Saya mendengar ada orang asing yang bisa memanjati batu besar tersebut dan lompat ke dalam air dari atas. Tapi saya sudah mencoba untuk memanjatinya namun sangat susah dan licin. Jadinya hanya bis amelompat dari tengah batu tersebut saja.


2. DANAU UBUR-UBUR

Selain di Derawan, di Raja Ampat ini kita juga bisa berenang bersama ubur-ubur. Ada dua jenis ubur-ubur yang paling sering telrihat di sini yaitu ubur-ubur yang bulat dengan warna oranye kecoklatan dan ubur-ubur transparan.

Ubur-ubur ini tidak menyengat jadi aman untuk berenang bersama mereka. Tapi kalau sedang hujan, jumlah ubur-ubur ini tidak cukup banyak terlihat.


3. PUNCAK DAPUNLOL (HARFAT JAYA)

Ini dia tempat yang mesti didatangi. Penduduk setempat menyebut tempat ini Dapunlol. Trekking di sini tidak terlalu susah tapi pastikan memiliki kondisi badan yang fit dan membawa minuman atau makanan ringan.

Saat mencapai puncak kita akan disajikan dengan pemandangan karst, laguna, laut, dan hutan yang sangat indah.


4. GOA TELAPAK TANGAN

Tempat ini masih sedikit orang yang tahu. Kita bisa berfoto di mulut goa dimana bagian atasnya terdapat bekas telapak tangan. Pertanyaannya telapak tangan siapakah itu? Karena letaknya sangat tinggi, siapa yang bisa menaruh telapak tangan di sana?


5. NAMLOL

Hampir semua pantai di Raja Ampat menawarkan air yang sangat jernih. Namun, Namlol dianggap lebih baik di anatar yang lainnya. Namlol dikelilingi oleh pulau-pulau karst kecil yang ditutupi oleh semak-semak. Airnya dangkal dan kita bis amelihat banyak bintang laut biru.


6. HANSONLOL KARST

Karst ini sangat menyerupai Balbulol. Jaraknya lebih dekat dari Harfat Jaya. Hamparan batu karst berbentuk batuan karang kerucut berukuran sangat besar, tinggi batuan menyerupai pohon Natal. Di sini juga merupakan spot snorkeling yang bagus. Kita bisa menemukan Nemo juga saat snorkeling di sini jika beruntung haha.


7. PUNCAK DAFALEN (LOVE)

Untuk mencapai puncaknya memang hanya mencapai ketinggian 60 meter, tapi karena jalannya masih belum bagus jadi akan cukup sulit untuk sampai ke atas. Ada yang bilang menaiki Puncak Dafalen lebih sulit dari Kelor. Memang benar karena kita harus sangat berhati-hati dengan bebatuan yang tajam. Disarankan menggunakan sarung tangan jika tidak mau lecet. Pastikan pijakan dan pegangan sudah mantap sebelum bergerak. Apalagi waktu saya sedang turun, cuaca sedang hujan deras. Untungnya ada tangga-tangga kayu sehingga memudahkan kita menaikinya walaupun agak licin.

Tapi perjuangan kita akan impas dengan kumpulan pulau karst yang megah di bawah saat kita melihatnya dari puncak. Ditambah lagi dengan perbedaan dasar laut yang membentuk “Love”.


8. YAPAP

Yapap ini adalah kombinasi dari laguna dan karst. Kita bisa menyaksikan hamparan laut yang sangat biru jernih ditemani dengan beragam objek unik. Ada satu batu karst yang menjulang tinggi ke atas seperti pensil. Kita juga bisa snorkeling di sini.


Dan ini dia video perjalanan saya saat ke Misool. Monggo disaksikan ya.

 


Be blessed!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s