Traveller

6 Destinasi yang Mejadi Ikon Wayag, Raja Ampat

Dari Sorong ke Misool. Dari Misool ke Sorong. Dari Sorong ke Wayag. Dan inilah tempat-tempat di Wayag yang sudah pasti menjadi ikon Raja Ampat.


1. DESA SAWANDAREK

Di desa ini kita akan menemukan banyak anak-anak bermain. Ada yang melompat dari jembatan dermaga ke air, ada yang bermain kanoe (kecil-kecil sudah bisa mendayung kanoe sendirian), dan ada yang membantu ayahnya memilih ikan-ikan hasil tangkapan. Kalau kita membawa makanan, kita bisa membagi-bagikan ke mereka. Mereka sangat suka ngamil.

Di Sawandarek, kita juga bisa snorkeling. Ikan di sini sangat banyak dan tidak segan-segan mendekati kita. Lebih dalam lagi, kita bisa free diving untuk melihat karang-karang yang lebih indah di bawah.


2. TELAGA BINTANG

Untuk mencapai puncaknya, tidak terlalu sulit hanya saja batu-batunya agak tajam jadi ada baiknya mempersiapkan diri dengan sepatu dan sarung tangan. Sampai di atas, kita bisa melihat telaga yang berbentuk bintang.


3. PIAYNEMO

Jika kita melihat uang 100,000 IDR baru kita, kita akan menemukan gambar batu-batu karst berhamburan di laut. Gambar ini bisa kita lihat dengan kedua mata kita secara real saat mencapai top view dari Piaynemo. Asyiknya di sini sudah ada tangga jadi tidak terlalu sulit. Tapi bawa minuman ya karena cukup melelahkan juga.


4. WAYAG

Ada 2 pulau Wayag yang bisa dikunjungi namun kurang lebih view-nya sama. Kita juga bisa menemukan bendera Indonesia yang sudah tua tertancap di paling puncak Wayag ini (perlu memanjat ekstra untuk tiba di spot ini). Sampai di bawah, kita juga bisa bermain-main di pantai sambil makan siang dan menikmati kelapa muda. Ada beberapa biawak liar dan banyak keong di pantai. Di pantai ini juga bisa untuk snorkeling.


5. SHARK POINT

Mau kaki kita dikeliling hiu? Di Wayaglah tempatnya. Kita juga bisa snorkeling di sini dan melihat ada hiu-hiu bewarna cokelat berukuran berenang di laut sini. Jika beruntung, seperti saya, kita bisa didatangi hiu-hiu itu dengan melemparkan umpan ke dalam air di dekat pantai.

Sebenarnya aman-aman saja untuk dikeliling hiu tapi untuk yang sedang berdarah, diharapkan tidak ikut masuk ke dalam air. Umpannya juga lebih baik dilempar dari atas kapal oleh orang lain karena bau amis dari daging yang kita pegang bisa memancing hiu untuk menyerang tangan kita.


6. DESA ARBOREK

Desa Arborek ini adalah desa yang terbersih dan menjadi panutan untuk desa-desa yang lain. Desa ini sangat nyaman dan bisa untuk snorkeling juga. Warga-warga di sana ramah dan banyak anak-anak yang suka diajak bermain. Ada juga rumah baca dan gereja.

Saya sendiri terpanggil untuk mengirimkan buku-buku bacaan ke sini walaupun biaya kirimnya dua kali lebih mahal daripada harga buku-buku yang saya beli.


Demikian tempat-tempat yang menjadi ikon di Raja Ampat. Mau lebih seru lagi langsung saksikan video travel saya ya. Like dan subscribe ya!


Be blessed!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s