Traveller

Africa in Java, Baluran National Park

Mungkin kalian pernah melihat Savanna di Afrika dimana binatang-binatang liar berkeliaran lepas di sana. Kita tidak perlu jauh-jauh ke sana untuk bisa menikmatinya. Di Banyuwangilah tempatnya kita bisa menemukan binatang-binatang liar seperti banteng, kerbau, monyet, merak, dan rusa. Nama tempat tersebut adalah Taman Nasional Baluran.

 

Binatang-binatang liar ini bisa kita lihat sedang berkeliaran mencari makan. Rusa-rusa di sini juga lucu. Mereka berjalan bersamaan dan saat ada orang yang mendekati untuk memotret, satu rusa akan melengking kencang sebelum satu kawanan rusa berlari menjauhi pemotret. Seakan-akan pemimpin mereka memberi aba-aba untuk lari. Kerbau di sana juga sempat mendekati saya karena mungkin saya memakai celana merah?

 

Walaupun tidak akan menemukan binatang liar seperti cheetah atau gajah atau jerapah, tapi Taman Nasional sangat mirip dengan yang ada di Afrika (berhubung saya sendiri pernah mengunjungi savana di Afrika). Wilayah utama Baluran adalah hamparan padang rumpur yang luasnya mencapai sepertiga dari luas keseluruhan taman nasional sekitar 10,000 dari 25,000 hektar. Oleh karena itu savana Baluran merupakan savana terluas di pulau Jawa.

 

Saya datang pada saat sedang kemarau dan daun-daun berguguran. Kerennya pada musim ini adalah ada daun-daun merah yang berjatuhan ke tanah membuat hutan yang kering ini terlihat seperti hutan merah. Sayang tidak sempat berhenti untuk berfoto di sana akrena kita langsung menuju ke savana.



Be blessed!

Advertisements

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s