Advertisements

9 Kuliner Singkawang, Kalimantan Barat, di Krendang yang Uenak Tuenan!

Yuhuuu, Kun thien nyin! Haha a.k.a orang Kalimantan terutama Pontianak dan Singkawang serta bagi kalian pecinta kuliner Kalimantan dan Pontianak. Kali ini saya akan menawarkan beberapa kuliner paling maknyos yang saya suka sejak dari kecil. Ini agak subjektif tapi hampir semua teman saya (baik Kalimantan atau bukan) setuju juga dengan saya.

Surga kuliner Kalimantan ini berada di Krendang, Jembatan Lima. Tempatnya agak terpencil di tengah-tengah Jembatan Lima mesti masuk ke dalam dan biasanya sangat ramai dengan motor. Buat yang bawa mobil bisa parkir di Jembatan Lima karena agak sulit mencari parkiran mobil di dalamnya.

Berikut tempat-tempat makan yang kudu dicoba saat mampir ke sini atau pesan juga bisa sih sekarang.


1. MASAKAN ASANG ULAR SANCA & BIAWAK

Eng ing eng! Rasanya cukup ekstrem mendengar nama ular sanca dan biawak. Tapi ular di sini sangat terkenal disukai oleh orang-orang. Ada 2 macam masakan ular yang harus dicoba : sop ular dan ular goreng.

Sop ularnya menggunakan beras merah dan jahe sehingga warnanya merah dan rasanya segar. Sedangkan ular gorengnya itu paling enak disantap dengan remesan dan tambahan sambal khas Kalimantannya sehingga menjadi perpaduan yang nikmat.

Untuk harga sop ularnya adalah 20,000 IDR, sedangkan ular gorengnya 5,000 IDR per satunya.


2. RUMAH MAKAN ANGO (CHOYPAN)

Mungkin ada yang belum tahu apa itu choypan. Choypan adalah dumpling khas Kalimantan. Luarnya tepung dengan isinya bisa berupa bengkuang, sayur kucai, atau rebung dengan ebi yang dikukus dan diberikan bawang putih goreng di atasnya. Banyak sekali choypan di Krendang ini tapi yang paling difavoritkan baik orang-orang Krendang dan luar Krendang adalah choypan Ango ini.

Harganya hanya 2,500 IDR satunya. Ditambah dengan sambal bawangnya, choypan ini menjadi makanan yang harus disantap saat ke sini. Bisa juga memesan rujak Kalimantan dan es cendol di tempat ini.


3. BAKSO SAPI 21 APHEN SINGKAWANG

Namanya bakso tapi lebih yummy disantap sama bakmie yam (kering)-nya. Bakmie yam atau biasa disebut jammien memang di Krendang jagonya. Hampir semua bakmie di Krendang itu enaknya bukan main. Tapi di tempat makan satu ini jammiennya the best. Biasanya jammien yang saya makan diberi topping daging merah, daging kecap, dan udang. Tapi di tempat ini hanya ada daging sapi, bakso, dan tahu.

Harga bakmienya (bisa diganti kwetiaw atau bihun) 30,000 IDR. Untuk bakso urat, bakso halus, tahu goreng, dan tahu kukusnya 3,500 IDR satunya. Sedangkan sopnya seharga 35,000 IDR. Jangan lupa ditambah lada, sambal, dan cuka biar rasanya semakin maknyos!


4. NASI KARI AKIAT

Nasi kari legendaris dari jaman saya kecil ini harus dicoba! Berdiri sudah dari tahun 1970. Tante yang jual bilang dari 3 generasi di atas suaminya sudah mulai jualan Nasi Kari Akiat ini. Sambal terasinya itu yang paling maknyos.

Harganya 48,000 IDR dan saya biasanya minta nambah udangnya karena udangnya itu paling saya suka haha.


5. BUBUR SINGKAWANG AJUN

Ini nasi atau bubur? Karena bubur ini berbeda dari bubur pada umumnya. Ini seperti makan nasi tapi dengan kuah. Ini adalah bubur terenak yang pernah saya makan. Awalnya adalah Bubur Akhun, ini sepertinya adiknya yang jual. Tapi karena Bubur Akhun tutup, jadinya saya makan kemari karena sama saja.

Topping-nya biasa dipilih dari babi, ayam, ikan, udang, dan mungkin ada kodok juga (saya lupa). Jangan lupa minta kerupuk babinya karena akan membuat makan di sini lebih enak.

Karena saya sudah lumayan kenyang jadi saya hanya memesan 1/2 porsi dan pakai telor. Harganya menjadi 20,000 IDR.


6. KINCIPAN 001

Saya juga bingung kenapa orang-orang sekitar dan Kalimantan suka banget dengan makanan satu ini. Kincipan ini sama dengan kwetiaw goreng. Bedanya kwetiaw ini tidak memakai daging. Hanya sayur, tauge, dan telor. Tempatnya ini bersamaan dengan Bubur Singkawang Ajun. Yang jual juga masih saudara-an.

Harganya merakyat banget hanya 16,000 IDR. Yuk dicoba!


7. NASI CAMPUR YUNG YUNG 99

Yup, nama Yung Yung pasti sudah sering terdengar. Nasi campur satu ini sudah ada nama dan ada beberapa cabang. Siobaknya luar biasa mantapnya. Kuah ati ampelanya juga sangat gurih. Tempat makan ini cukup manusiawi dibanding tempat makan yang lain karena ada AC-nya haha. Jangan lupa ditambah kecap asin, lada, dan sambal terasinya pada saat menyantap nasi campur satu ini.

Harga seporsinya adalah 36,000 IDR. Walaupun banyak nasi campur yang katanya lebih enak dari ini, tapi nasi campur ini tetap menjadi andalan makanan Singkawang. Mungkin yang merasa nasi campur lain lebih enak dikarenakan sudah bosan makan Yung Yung?


8. BAKMI AFUI/ACE

Satu lagi bakmie yam yang ciamik selain Aphen adalah Bakmi Afui/ Ace. Bakmi ini berbeda dengan yang sebelumnya karena yang ini berisikan daging kecap, hekeng (udang goreng), dan udang rebus. Harganya 26,500 IDR.


9. ROTI SRIKAYA TET FAI

Yup, selama berjalan di Krendang ini kita pasti akan menemukan banyak jajanan-jajanan dan salah satunya adalah roti srikaya. Banyak yang jual roti srikaya tapi saya lebih merekomendasikan Roti Srikaya Tet Fai satu ini.

Roti srikaya ini ada 3 macam yaitu kukus, panggang, dan goreng. Masing-masing harganya 3,000 IDR. Saya pribadi lebih suka dengan yang kukus. Oh ya, kita juga bis amembeli selai srikayanya juga dengan harga 35,000 IDR per botol.


Dan itulah 9 kuliner yang mesti dicoba saat ke Krendang. Mau eksplor yang lain juga boleh karena makanan di Krendang ini memang semuanya kurang lebih enak-enak. Duh jadi lapar, makan dulu!



Be blessed!

Creative

Advertisements

Hanson Tjung View All →

I am a writer, producer, and a director.
Creative is my middle name.
Instagram : hansontjung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: