Believer

Kenapa Perlu Saling Mendoakan Pertumbuhan Rohani

Dalam pertemuan kelompok kecil kemarin, saya belajar sesuatu yang menurut saya cukup penting namun sering dilupakan oleh orang-orang percaya. Mungkin beberapa dari kita sering mendoakan orang lain secara pribadi. Sebagian lagi mungkin tidak. Yang tidak sebaiknya bertobat!

Pertanyaannya apa yang kita doakan? Kesehatan? Jodoh? Kebutuhan? Pekerjaan? Keluarga? Pelayanan? Semua itu memang penting tapi ada satu yang juga tidak kalah pentingnya yaitu mendoakan pertumbuhan rohani.

Dalam diskusi pun kami membahas kenapa selain mendoakan kebutuhan, mendoakan pertumbuhan rohani juga penting. Kami mendapatkan beberapa poin penting setelah diskusi tersebut.


1. Mendoakan Pertumbuhan Rohani Mendorong Pertumbuhan Rohani Kita

Pada dasarnya mendoakan orang lain akan menekan ego kita karena kita akan memberi perhatian terhadap kebutuhan orang lain. Yesus tidak egois. Di saat kita memperhatikan dan mendoakan orang lain, kita semakin serupa dengan Yesus. Secara tidak langsung kita juga sedang mengalami pertumbuhan karakter menjadi seperti Kristus.


2. Mendoakan pertumbuhan rohani menguatkan iman kita

Saat orang yang kita doakan benar-benar mengalami pertumbuham, kita akan bersukacita dan semakin bersema gat di dalam Tuhan. Itu berarti usaha kita tidak sia-sia. Doa kita terjawab. Iman kita semakin teguh.


3. Mendoakan Pertumbuhan Rohani Meneguhkan Iman Orang Tersebut

Seberapa banyak orang yang goyah imannya krena mereka tidak bertumbuh? Kita hanya mendoakan pekerjaan, kesehatan, dan pelayanan mereka: tapi kita melupakan pentingnya pertumbuhan rohani.

Sebagai manusia, kita harus bertumbuh. Jika tidak, maka kita akan stuck dan akibatnya bisa bosan bahkan mati. Jika kita bertumbuh, maka iman kita semakin teruji dan kuat. Kita tidak gampang digoyahkan oleh masalah kehidupan. Kita semakin bijak dan semakin mengenali tujuan hidup kita sehingga hidup kita semakin berarti.


Jika kita sudah tahu betapa pentingnya pertumbuhan rohani, kenapa kita masih tidak mau mendoakan pertumbuhan rohani orang lain?

Mungkin kita bingung kita harus mendoakan apa. Berikut adalah doa-doa yang bisa kita ucapkan.

Berdoa supaya bisa mengenal dan mengasihi Tuhan lebih lagi.

Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus, dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan. Aku berdoa, supaya kamu dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah. | Efesus 3:18-19

Berdoa supaya melakukan yang baik.

Kiranya memperlengkapi kamu dengan segala yang baik untuk melakukan kehendak-Nya. | Ibrani 13:21

Berdoa supaya dipenuhi sukacita dan damai.

Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan. | Roma 15:13

Berdoa supaya bertambah hikmat dan wahyu.

Akupun tidak berhenti mengucap syukur karena kamu. Dan aku selalu mengingat kamu dalam doaku, dan meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar. | Efesus 1:16-17

Berdoa supaya diberikan kesabaran.

Kiranya Tuhan tetap menujukan hatimu kepada kasih Allah dan kepada ketabahan Kristus. | 2 Tesalonika 3:5

Berdoa supaya dikuatkan dan diteguhkan.

Aku berdoa supaya Ia, menurut kekayaan kemuliaan-Nya, menguatkan dan meneguhkan kamu oleh Roh-Nya di dalam batinmu. | Efesus 3:16

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s