Traveller

13 Kuliner Lokal Bogor Uenak?

Kali ini saya berangkat ke Bogor dan misi pertama adalah mencoba kuliner lokal yang berada di Surya Kencana, tapi selain itu saya juga ada mampir ke Bogor Permai dan Macaroni Panggang. Berikut makanan dan minuman yang saya santap saat di sana dalam satu hari, cus!


1. KUE APE

Kue ape yang tentunya banyak dijual di pinggir jalan saat masih kecil mendatangkan nostalgia tersendiri. Rasanya yang gurih dan manis menjadi cemilan sambil jalan yang mengasyikkan di Surya Kencana.

Bogor.00_00_28_44.Still001

  • Kue Ape : 1,500 IDR

2. SOTO KUNING KANG WAHID

Soto kuning ini merupakan rekomendasi kuliner lokal Bogor yang patut dicoba. Dagingnya empuk dan kuahnya benar-benar gurih. Perkedelnya juga enak banget. Tapi saya tidak suka kerupuk jengkolnya. Oh ya, biasanya si bapak akan buat sotonya cukup asin, jadi pada saat dibuat lebih baik request jangan terlalu banyak garam kalau tidak mau keasinan.

  • Daging : 10,000 IDR
  • Perkedel : 2,500 IDR

3. DAILY BREW

Karena rata-rata di sana buka jam 10 siang dan saya sampai sekitar pukul 8 pagi, akhirnya ngopi dulu di Daily Brew yang lumayan terkenal ini. Tempatnya kecil dan rasa kopi Daily Brew Signature-nya sedap sekali. Kita bisa lihat abangnya buat kopinya juga di sana. Tapi saya kurang suka Yakult Blue Lychee-nya, terlalu manis dan ternyata menggunakan sirup bewarna biru yang cukup mengerikan buat saya yang mau hidup sehat haha.

  • Daily Brew Signature : 23,000 IDR
  • Yakult Blue Lychee : 18,000 IDR

4. BUBUR AYAM BU HODDIJHAH

Karena bubur ini sudah buka di pagi hari jadi tidak ada salahnya mencobanya. Bubur ayamnya enak dan murah meriah, tapi asin. Memang orang Bogor itu suka asin-asin sepertinya.

  • Bubur : 10,000 IDR

5. TAHU KIM’S YUN-YI

Saya iseng mencoba tahu yang berada di dekat bubur ini. Harganya murah meriah dan satu tahu dipotong menjadi 3. Tapi sayang rasanya biasa aja, menurut saya.

  • Tahu : 5,500 IDR

6. BAKPIA & COMBRO

Ada bapak-bapak yang cukup tua menentang dua kaleng bakpia. Karena keliatannya menarik, akhirnya dibeli sama teman saya. Saya bukan penggemar bakpia tapi teman saya cukup menyukai bakpia satu ini. Kemudian teman saya melihat combro yang menggiurkan jadi dia coba juga. Kedua jajanan ini bisa ditemukan di pinggir jalan.

  • Bakpia : 2,000 IDR
  • Combro : 2,000 IDR

7. ASINAN JAGUNG BAKAR

Teman say ayang lama tinggal di Bogor sempat memberikan rekomendasi kuliner satu ini. Letaknya di dalam gang dan bapak ini menjual dengan gerobak. Saya tidak tahu kenapa teman saya bilang asinan ini unik. Tapi menurut saya dan teman-teman saya sih tidak seenak yang dibayangkan. Rasanya asin dan asam. Mungkin lebih enak tidak dipakai kuah asinannya. Tapi sekali lagi, selera orang berbeda-beda. Mungkin kalian bakal suka yang satu ini?

  • Asinan jagung bakar : 15,000 IDR

8. CUNGKRING BPK. JUMAT

Dan inilah salah satu makanan yang cukup ekstrim buat saya karena saya tidak suka dengan makan dalaman alias cungur, kaki, paru, dan lain-lain. Tapi cungkring ini menjual semua itu. Cungkring Bpk. Jumat ini berada di depan kopi Surya Kencana dan cepat sekali habisnya. Saya hanya kebagian cungur dan kerupuknya saja karena yang lain sudah habis.

Dan setelah saya coba, ternyata enak banget. Bumbu kacangnya yang seperti bumbu batagor itu yang buat enak sehingga saya tidak jijik makan cungur ini. Kata abangnya sih cungur itu singkatan dari cungur, kaki, dan keringat. Keringat abangnya? Siapa tahu itu bumbu rahasianya?! Wow.

  • Cungur : 18,000 IDR

9. BIR KOTJOK

Nah ini dia bir non alkohol terenak. Jujur saya paling suka dengan ini dibanding yang lain. Bir ini terbuat dari jahe dan rasanya segar pedas enak sekali. Apalagi ditambah kemarin sedang mau hujan, jadi minum bir yang dingin ini makin dingin gimana gitu.

  • Bir Kotjok : 5,000 IDR

10. NGO HIANG GG. AUT

Inilah ngo hiang yang ditungg-tunggu dari pagi yang bukanya jam 10 siang. Semua pasti pernah mendengar nama ini. Saya pun pertama kali mencoba ini dan mungkin emang ngo hiang Kalimantan atau Jakarta itu beda dengan Bogor ya, jadinya saya tidak terlalu suka. Ngo hiangnya lembek di tengah dan gurih di luar, tidak seperti ngo hiang yang biasa saya makan gurih semuanya.

Ngo hiang ini juga diberikan bumbu saus yang manis agak enek, menurut saya ya. Saya mencoba ngo hiang spesial yang dapat 2 ngo hiang (bisa ayam atau babi) dan ngo hiang campur yang hanya dapat 1 ngo hiang. Masing-masing menu ngo hiang dapat tahu dan kentang. Tapi rasanya tetap enak dan wangi sekali. Pantas saja tempat ini ramai dan memang direkomendasikan orang.

  • Ngo Hiang Spesial : 58,000 IDR
  • Ngo Hiang Campur : 34,000 IDR
  • Batagor : 30,000 IDR

11. LUMPIA BASAH

Lumpia basah ini tempatnya tepat di depan Ngo Hiang Gg. Aut. Porsinya cukup besar dan isinya bejibun, ada tauge, bengkuah, dan tahu. Rasanya nano nano, asin campur manis campur bumbu kacangnya yang pedes nikmat. Lumpia ini disukai oleh teman-teman saya, tapi saya tidak haha. Memang selera saya bukan selera Bogor sepertinya.

  • Lumpia Basah : 14,000 IDR

12. BAKERY BOGOR PERMAI

Sebenarnya tujuannya mau coba tauge goreng dan siomay yang ada di depan Bakery Bogor Permai. tapi karena sudah tutup jadinya ya makan di Bogor Permai ini. Saya mencoba tomyum seafood, nasi timbel, dan ayam gorengnya. Review saya cuma satu, asin! Semuanya asin! Tapi tomyum seafood-nya enak,s aya porsinya mini.

  • Sop Tomyum Seafood : 27,000 IDR
  • Nasi Timbel Komplit : 39,000 IDR
  • Ayam Goreng Bogor Permai : 88,000 IDR

13. MACARONI PANGGANG

Ya, siapa yang tidak kenal macaroni satu ini. Semua sudah tahu dan memang macaroni ini terkenal dari dulu. Macaroni ini ada 2 macam yaitu biasa yang hanya isi daging sapi saja dan spesial yang berisi daging sapi, smoke beef, irisan keju, dan extra daging. Teman saya suka kejunya yang gurih. Teman yang lain suka dagingnya yang sayangnya kurang banyak. Teman saya yang lainnya lagi berpendapat bahwa lebih enak dimakan dengan saus cabe. Buat saya sendiri biasa saja, tapi yang bikin luar biasa adalah Avocado Salad- nya.

Salad alpukat ini menarik perhatian saya saat saya melihat menu, saya langsung memesannya dan  sangat unik karena alpukat ini tengah-tengahnya diberikan udang serta bumbu BBQ. Rasanya asin dan manis untuk bumbu BBQ-nya. Ditambah dengan udang jadi lebih enak walaupun  teman saya bilang rasanya aneh.

  • Avcoado Salad : 49,090 IDR
  • Macaroni SPesial (M) : 122,727 IDR

Begitulah pengalaman saya mencoba kuliner di Bogor. Overall, saya tidak terlalu suka dengan kuliner Bogor karena rata-rata terlalu asin. Saya yang penyuka asin saja merasa isangat keasinan. Kalau tidak asin ya agak enek kayak bumbu ngo hiangnya. Mungkin ada yang mau rekomendasi kuliner Bogor lain yang bakal mengubah pendapat saya? Monggo.

Cus saksikan video kuliner saya beserta teman-teman di Bogor. Subscribe dan like ya.



Be blessed!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s