Messenger

5 Kebiasaan Kecil Untuk Menjadi Sukses

Cara meraih kesuksesan memang suka berbeda bagi setiap orang, tapi ada beberapa kebiasaan kecil yang umumnya dilakukan oleh orang-orang sukses. Tidak ada ruginya jika kita mencobanya, bukan?


1. BUAT DAFTAR PRIORITAS TUGAS

Sesaat sebelum tidur atau setelah bangun, buatlah daftar prioritas tugas yang mau dikerjakan mulai dari yang terpenting sampai yang tidak penting. Fokuskan diri untuk mengerjakannya sesuai urutan. Saya sendiri pernah mendengar istilah Power Hour dimana kita menghabiskan satu atau dua jam pertama untuk mengerjakan yang tersulit dan terpenting.

priority

Jika tugas itu cukup berat sehingga harus diselesaikan dengan beberapa langkah, pecah lagi ke beberapa poin dan prioritaskan poin-poin itu mulai dari yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Banyak sekali aplikasi atau agenda manual yang dapat mempermudah kita dalam pembuatan daftar prioritas tugas. Jadi tidak ada alasan.


2. MANAJEMEN WAKTU YANG BAIK

Waktu adalah sumber daya yang tidak dapat diulang ataupun dipercepat. Oleh karena itu kita perlu dan harus memanfaatkan waktu yang ada semaksimal dan sebaik mungkin.

Hands Tag Concept

Kita perlu membuat target atau tujuan yang ingin dicapai. Ini dinamakan tidak urgent (mendadak) dan important (penting). Bayangkan pencapaian-pencapaian apa yang ingin diperoleh dan tuliskan itu ke dalam list tujuan kita. Kemudian buatlah jadwal satu minggu yang mendekatkan kita kepada pencapaian-pencapaian kita tersebut.


3. BERHENTI MENUNDA

Mendunda adalah hal yang biasa dilakukan baik dalam lingkup sekolah maupun pekerjaan. Memang sulit untuk menjaga semangat kita tetap di puncak dalam menyelesaikan target dan kewajiban. Tapi kita perlu mencari cara untuk tetap bersemangat. Kenali diri kita dan cari tahu itu.

how-to-stop-procrastinating

Salah satu cara paling ampuh untuk memotivasi diri adalah dengan membayangkan kesuksesan seperti apa yang nanti akan didapatkan dan bagaimana perasaan kita jika sampai di tahap tersebut. Cara lainnya adalah bisa dengan memberitahukan target kita kepada rekan kerja secara publik atau kepada keluarga dan teman-teman kita. Hal ini berguna supaya pada saat kita menjadi malas dan mau menunda, kita akan merasa malu dan kecewa jika target tersebut tidak dapat dicapai.


4. KENDALIKAN PIKIRAN

Mindset yang optimis akan membuat kit amenjadi percaya diri dan ambisius dalam meraih apa yang kita ingingkan. Kita akan memandang pekerjaan kita dengan positif. Jika kita gagal, jangan patah semangat. Kegagalan adalah sukses yang tertunda.

28leibold-articlelarge

Kegagalan tidak menentukan kemampuan kita. Belajar dari kesalahan membuat kita dewasa. Belajar dari pengalaman orang lain membuat kita bijaksana. Jadikan kesalahan untuk memacu kita menjadi lebih baik lagi. Yakinkan diri sendiri bahwa kita mampu dan kepercayaan diri kita akan meningkat setingkat demi setingkat.


5. MILIKI EMPATI

Kita bisa disiplin, pintar, dan berbakat dalam bekerja. Namun jika kita tidak peduli terhadap sekitar kita dan fokus hanya pada kesibukan sendiri, kita tidak akan dapat berkembang. Kita butuh empati untuk bersosialisasi. Bersosialisasi membuat kita belajar dan mengajarkan sesama rekan kerja. Kemampuan bersosialisasi ini adalah hal wajib yang harus dimiliki untuk bisnis era modern.

s.png

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s