Creative

Kenali Stress & Cara Mengatasinya

Stress adalah suatu kondisi ketegangan pikiran dan emosional yang dapat mempengaruhi kondisi tubuhnya.

Stress bisa berguna bagi manusia karena akan membuat pikiran dan tubuh manusia menjadi lebih siap dalam menghadapi tantangan. Namun seringkali stress menyebabkan tubuh dan mental menjadi terpuruk dan bahkan berujung pada depresi.



Penyebab stress bisa berasal dari luar dan dalam. Dari luar biasanya adalah karena keluarga, sekolah, pekerjaan, hubungan yang tidak baik, atau masalah keuangan.

Sedangkan dari dalam lebih kepada ketidakpercayaan diri, pesimis, khawatir akan masa depan, atau ekspetasi yang tidak realistis.

reducing_stress_at_home_and_work_sfwad

Stress yang negatif biasanya akan menyebabkan, kurang tidur, kurang motivasi dan fokus, depresi, gelisah, dan mudah marah. Lebih parahnya lagi, stress ini bukan hanya mempengaruhi pikiran dan perasaan kita, tapi juga kebiasaan dan tubuh kita.

Stress yang dibiarkan dapat menyebabkan kebiasaan makan yang berlebihan atau tidak mau makan, emosi tidak terkendali, penyalahgunaan alkohol dan obat, isolasi diri, dan malas berolahraga. Hal ini pada akhirnya akan menyebabkan sakit kepala, tekanan darah tinggi, sakit jantung, obesitas, diabetes, dan bahkan mengambil nyawa sendiri atau orang lain.


Berita baiknya, stress dapat diatasi dengan cara-cara berikut.

1. GAYA HIDUP SEHAT

Rutih berolahraga. Relaksasi seperti meditasi, yoga, atau pijat. Istirahat yang cukup. Makan sehat dan teratur. Lakukan aktivitas yang kita sukai seperti jalan-jalan, membaca buku, atau mendengarkan musik.

2. KENDALIKAN PIKIRAN

Hindari pikiran negatif. Isi pikiran-pikiran kita dengan hal-hal positif. Jangan terlalu serius. Kembangkan selera humor. Tertawalah.

3. UTARAKAN PERASAAN

Luapkan keluar stress kita. Janagn disimpan. Ceritakan kepada keluarga, teman, atau orang lain yang kita percaya. Seseorang yang sedang terpuruk tidak akan mampu berpikir jernih. Kita perlu orang lain yang mampu berpikir jernih untuk kita. Dan yang paling penting adalah berdoa.


Berpikirlah jangka panjang. Masalah yang kita hadapi tidak akan bertahan lama. Selalu ada jalan keluar. Selalu ada harapan. Selalu ada kebaikan dalam situasi seburuk apapun. Dan ingat, kita tidak sendirian.

Be blessed!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s