Messenger

Persiapkan Semua Ini Sebelum Liburan

Hawa liburan sudah mulai merasuk ke penduduk Indonesia karena akan ada liburan panjang yaitu lebaran. Khusus saya tentunya ini liburan yang paling menyenangkan karena sebagai pedagang, semua tanggal merah di Kalender itu hitam kecuali hanya di momen lebaran ini.

Processed with VSCO with u3 preset

Tentunya momen liburan ini biasa digunakan untuk berlibur atau tetap di kota besar untuk menikmati kesunyian kota. Tapi kali ini saya mau bagikan persiapan-persiapan apa saja yang harus kita buat kalau mau liburan (liburannya bisa kapan saja ya, tidak perlu momen lebaran).


1. TUJUAN, BUDGET, & ITENARY

Tentunya kita pilih dulu tujuan yang mau kita datangi. Kalau kita sudah jauh-jauh hari menentukannya, biasanya kita bisa hunting tiket murah. Banyak sekali promo-promo yang bisa didapat beberapa bulan bahkan 1 tahun sebelumnya. Setelah itu buatlah budget untuk transportasi, akomodasi, dan tempat-tempat wisatanya. Hal ini bisa sangat berguna supaya kita bisa menabung dari jauh-jauh hari. Sisihkan berapa persen dari penghasilan untuk liburan.

h.png

Terakhir tentunya itenary perjalanan harus direncanakan. Cari informasi panduan wisata yang lagi happening atau yang menarik dari tempat tujuan kita. Bagi pecinta kuliner juga bisa membuat list dulu makanan apa saja yang harus dicoba di sana. Pelajari juga sedikit bahasa lokal dari negara atau daerah yang ingin kita kunjungi.


2. PACKING & ISTIRAHAT YANG CUKUP

Nah ini dia yang biasa saya paling malas lakukan. Tapi ya memang kudu. Siapkan pakaian yang sesuai dengan keadaan atau musim tempat tujuan kita (jangan salah kostum kayak kebiasaan saya). Sudah berkali-kali saya pergi ke tempat dengan cuaca dingin tanpa membawa jaket musim dingin dan banyak membawa celana pendek. Jangan lupakan peralatan mandi, pakaian dalam, sunscreen (yang tidak mau gosong), plastik untuk baju kotor, charger, power bank, atau camilan. Biasanya mama saya membawa saus sambal (dan bukan hanya dia saja sepertinya).

Kurangi mempersiapkan barang yang mau kita beli di tempat tujuan. Misalnya kita mau membeli baju, kita bisa mengurangi jatah baju yang kita bawa. Atau tidak perlu membawa sabun, shampoo, dan sikat gigi seandainya kita mau membeli atau menggunakan yang disediakan di hotel. Ada juga pakaian dalam sekali pakai yang bisa kita beli jika kita tidak mau repot.

packing-smart-6

Setelah itu tentunya kita harus mengupayakan untuk tidur cukup menjelang hari keberangkatan. Perbedaan cuaca atau perjalanan panjang yang jauh bisa membuat kondisi fisik menjadi cukup lelah. ‘kan tidak seru kalau sakit saat liburan.

Bawa juga obat-obatan pribadi terutama buat kita yang memiliki gangguan kesehatan khusus. Hindari alkohol dan kopi khususnya buat kita yang ke luar negeri karena alkohol dan kopi akan berdampak negatif terhadap jet lag. Dan yang paling penting adalah dokumen penting seperti paspor dan uang tunai atau kartu-kartu untuk berbelanja. Uang tunai mesti dibawa ya untuk jaga-jaga kalau di tempat tujuan tidak bisa menggunakan kartu debit atau kartu kredit atau OVO atau Go-Pay.


3. KAMERA READY, JEPRET!

Ya ini sih opsional tapi bagi saya yang suka membuat video dan foto, tentunya kamera adalah satu hal yang kudu dibawa. Pastikan membawa memory card yang cukup, peralatan kamera yang lengkap (kalau tidak ribet), dan baterai cadangan. Kamera ini bisa dimasukkan ke dalam ransel khusus kamera atau tas kamera kecil sesuai dengan kebutuhan sendiri saja.

photography201

Kalau lebih rajin lagi bisa lihat dulu foto-foto atau video orang di tempat tujuan sehingga kita bisa tahu foto atau video seperti apa yang mau kita ambil di sana. Yang tidak suka ribet, cukup bawa ponsel saja yang kameranya sudah ok tentunya.

Saya sangat suka mengabadikan momen liburan saya karena bisa menjadi kenangan yang indah. Tapi jangan terlalu berlebihan juga menggunakan kamera atau ponsel ya karena bisa membuat kita sibuk foto dan video sampai lupa menikmati liburan.


4. PASTIKAN RUMAH DALAM KEADAAN AMAN & BERSIH

Tentunya ini berlaku buat yang akan meninggalkan rumah kosong. Pastikan semua kontak listrik sudah mati dan kompor gas tidak menyala. Kalau perlu cabut kabel gas dari tabungnya. Bersihkan rumah juga ya jangan sampai ada cucian tertinggal atau piring kotor di wastafel atau sampah yang belum diangkut ke luar.

400_montauk204720and204920-20greyson20facade

Setelah itu kita bisa pergi dengan tenang deh.


5. INFO KE RELATIF ATAU TETANGGA

Sebelum pergi, beritahu sanak saudara atau teman atau tetangga atau mungkin satpam depan rumah kalau kita akan pergi jauh. Siapa tahu ada keadaan darurat yang mengharuskan kita untuk menghubungi mereka dan meminta bantuan mereka.



Setelah persiapan kelima hal ini, silakan nikmati liburan kita. Buat kenangan indah selama liburan. Berpetualanglah. Jangan lupa banyak minum dan gerak badan supaya tetap fit ya. Ditungg cerita liburannya cus!

Be blessed!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s