Messenger

5 Langkah Menjadi Produktif Tanpa Pengalihan

Saya pribadi adaah orang yang mudah sekali kehilangan fokus. Otak saya yang suka berpikir berbagai macam hal sekaligus sering mengalihkan diri saya dari apa yang sedang saya kerjakan. Padahal apa yang saya kerjakan itu sangatlah penting dan produktif.

Untungnya saya menemukan beberapa langkah ini untuk bisa menjadi produktif tanpa kehilangan fokus. Semoga bermanfaat ya.


1. JAUHKAN GADGET DARI PANDANGAN

Hal ini tentunya semua sudah pada mengerti. Penyebab pertama kita teralihkan dari tugas-tugas penting adalah notifikasi-notifikasi dari gadget. Jika kita butuh standby email atau chat di WhatsApp, kita bisa mengaktifkan kedua itu di komputer kita. Jadi tinggal langsung lihat saja pada layar komputer. Melihat di gadget biasanya akan mengalihkan kita dari satu hal ke hal yang lain sampai, tanpa kita sadari, kita sudah menghabiskan waktu dengan sia-sia.

the-power-of-distraction


2. MILIKI PERATURAN ‘TANPA MEDIA SOSIAL’ KETIKA BEKERJA

Masih berhubungan dengan poin nomor satu. Ironisnya notifikasi-notifikasi yang datang ke gadget kita biasanya datang dari hal-hal yang tidak penting seperti like atau komen di media sosial. Kecanduan media sosial memang sudah tidak terelakkan. Rata-rata orang bisa menghabiskan 3-5 jam setiap harinya di media sosial. Tentunya pekerjaan kita akan sering tertunda dan teralihkan dengan adanya media sosial ini. Kecuali kita bukan seorang selegram, lebih baik atur jam-jam tertentu hanya untuk mengecek media sosial. Kita juga bisa mengatur durasi media sosial kita per hari jadi kita bisa tahu kalau kita sudah melebihi batas pemakaian.


3. HANYA BUKA TAMPILAN YANG PRODUKTIF DI LAYAR KOMPUTER

Ketika kita berada di depan komputer kita, jangan buka halaman media sosial di sana. Bukalah halaman-halaman yang membuat kita produktif. Jika kita seorang penulis, bukalah aplikasi menulis. Jika kita seorang akuntan, buka aplikasi yang berhubungan dengannya. Dengan tampilan-tampilan yang produktif akan memacu kita untuk fokus dengan produktifitas juga.

simple-minimal-browser-layout-representation-5b7343a446e0fb005031dfdf


4. NIKMATI WAKTU ISTIRAHAT TANPA GADGET ATAU KOMPUTER

Ketika jam istirahat, ada baiknya kita menikmati pemandangan alama dengan kopi atau minuman segar lainnya sambil mengistirahatkan kedua mata kita. Jika yang kita lihat adalah layar terus, mata kita akan menjadi mudah lelah dan bosan sehingga kita lebih rawan teralihkan.

2019-april-11-give-your-eyes-a-rest


5. CENTANG TO-DO-LIST YANG SUDAH SELESAI

Terima kasih untuk tidak adanya pengalihan sehingga kita bis amengerjakan hal-hal yang perlu kita selesaikan setiap harinya. Mencentang to-do-list kita akan memberikan kepuasan tersendiri karena berhasil mencapai sesuatu. Ini akan memotivasi kita untuk terus produktif tanpa adanya pengalihan.

to-do-list-in-your-back-office


Praktekkan kelima langkah ini. Jangan ragu untuk membagikan pengalamannya ya dalam mengatasi pengalihan-pengalihan yang membuat kita menjadi tidak produktif.

Be blessed!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s