Experiencer

Osaka No. 1 Shabu-shabu di Jakarta, Shabu Jin

Kemarin saya mendapat kesempatan untuk nyobain Shabu-Jin yang berada di Mall Lippo Puri. Tempatnya ada di seberang bioskop XXI. Diawali dengan sambutan hangat sampai ke tempat duduk, saya dan teman saya pun mencoba hampir semua makanan yang ada di sini. Tenang saja, makanan di sini halal.

Keunikan tempat ini adalah Osaka Street Food-nya yang tidak dimiliki tempat lainnya. Kita memesan jajanan pinggir jalan Osaka seperti Okonomiyaki, Takoyaki, Yakitori, Ikayaki, Yakiudon, dan Yakisoba. Kemudian di sini juga bukan hanya shabu saja tapi ada grill-nya.

Untuk jajanan Osakanya, saya rekomen Spicy Takoyaki dan Okonomiyaki-nya. Daging ayam takoyaki-nya lembut dan bumbunya benar-benar berasa sekali. Okonomiyaki-nya juga sangat enak. Mie yang dibungkus dengan daging dan telor goreng ditambah dengan saus spesialnya nikmat banget.

Pilihan yang bisa kita ambil sesuka kita sangat beragam. Mulai dari sayur-sayuran (ada daun ginseng juga), nasi goreng, kari (ini kudu dicoba), sampai ke pilihan baso (salmon, ikan, sapi), tahu, kepiting, dan masih banyak lagi. Minumannya juga beragam dari green apple, raspberry, lemon honey (saya suka ini), ocha, mango peach, milo, dan air putih. Untuk saus shabunya kita bisa meracik dari ponzu, yakitori, dan satu lagi saya lupa namanya dengan tambahan bumbu-bumbu lainnya seperti bawang putih, cabe rawit, daun bawang, garam, lada, dan lainnya.

Untuk kuah shabu, ada pilihan 5 rasa mulai dari chicken, sukiyaki, spicy tan-tan, colagen, dan miso. Kalau kalian pecinta manis, silakan coba yang sukiuyaki. Kalau suka pedas boleh coba spicy tan-tan. Saya pribadi suka yang spicy tan-tan dan chicken. Karena spicy tan-tan terlalu creamy, jadi saya campur dengan sedikit chicken.

Di Shabuya kita bisa memilih 3 jenis buffet. Yang pertama adalah Regular Buffet dimana kita bisa mendapatkan Lean dan Flavor beef. Kita bisa menambah 50K IDR untuk mendapatkan Misuji beef. Kemudian ada Premium Buffer dengan tambahan Short Ribs, Harami, dan Gyutan. Yang paling atas adalah Wagyu Buffet yang tentunya ada Wagyu Karubi dan Special Wagyu.

Untuk dagingnya memang dia potongnya lebih tebal dari tempat-tempat makan sapi lainnya. Lebih baik kita makan satu per satu kita celup ke kuahnya dan kita nikmati karena akan lebih enak jika seperti itu. Jika kita masak semuanya dulu dan kita tidak makan maka akan menjadi dingin dan ada beberapa jenis daging yang rasanya jadi kurang nyos kalau dibiarkan lama.

Daging saya paling suka dengan Misuji yang untuk shabu-shabu (ada yang grill juga). Short Ribs-nya juga enak. Wagyu Karubi yang tipis dan Gyutan juga mesti dicoba. Yang teraskhir adalah dessertnya yaitu mochi ice cream. Pastikan untuk mencoba yang durian dan cokelatnya. Kedua itu paling saya rekomendasi.



All you can eat di Shabu Jin memang berbeda dari yang lain karena ada jajanan jalanan Osakanya yang langsung dibuat saat kita request. Langsung cus saja kalau mau ke sana. Instagram-nya @shabujin.id. Jangan lupa beritahu pendapatnya ya kalau makan ke sana di komen YouTube atau blog saya.

Be blessed!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s