Messenger

5 Tahun Lagi Hidup Kita Ditentukan Oleh 4 Hal Ini

Sudah seberapa dekatkah diri kita dengan impian-impian kita? Kita harus sadar bahwa kelakuan kita saat ini menentukan masa depan kita. Biasanya orang menentukan target 1 tahun, 5 tahun, dan 10 tahun ke depan. Setelah target itu ditentukan, yang harus dilakukan tentunya adalah mencapai target tersebut.

Namun banyak sekali pengahalang dan pengalih yang membuat kita melenceng. Oleh karena itu kita harus bisa mengidentifikasi keempat hal ini supaya 5 tahun lagi kita tidak menyesal.


1. KEBIASAAN YANG DITANAM SAAT INI

Jika kita menghabiskan waktu dengan bermain game, menonton serial tv, atau sibuk dengan sosial media sampai berjam-jam; jangan harap 5 tahun lagi kita akan bisa mencapai impian kita. Makanya dibutuhkan disiplin untuk bisa tidak mudah teralihkan. Kita membiasakan diri untuk melakukan hal-hal yang mendekatkan kita kepada tujuan kita mulai saat ini. Tidak ada penundaan atau pengalihan lagi.

Kita mau menjadi seorang penulis, maka kita perlu membiasakan diri menulis. Kita mau menjadi seorang fotografer, maka kita perlu membiasakan diri mengembangkan kemampuan fotografi baik itu langsung bergabung pada komunitas atau pergi hunting foto. Kita mau menjadi dekat dengan Tuhan, maka kita perlu membiasakan diri bersekutu dengan-Nya. Kita mau bentuk tubuh ideal dan kesehatan yang baik 5 tahun kemudian, maka kita perlu menjaga makanan dan rutin berolahraga dari sekarang.

maxresdefault

Membentuk kebiasaan bukanlah sesuatu yang akan terjadi secara instan. Dibutuhkan ketekunan dan displin. Biasanya suatu kebiasaan akan terbentuk jika kita melakukannya setiap hari selama kurang lebih 21 hari. Saya sendiri mengalaminya dengan merapikan tempat tidur saya selama 3 minggu. Sampai sekarang saya tidak bisa pergi dari kamar sebelum tempat tidur saya rapi.

Jangan menjadi tidak sabar atau menyerah ketika rasanya sangat sulit mengubah kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk terbentuk juga karena proses yang cukup lama (bisa bertahun-tahun). Jadi jangan berharap kebiasaan buruk itu akam berubah hanya dalam beberapa hari saja.


2. MAKANAN YANG DIKONSUMSI SAAT INI

Nah ini dia yang sering kali kita lupakan. Di jaman sekarang banyak makanan cepat saji dan all you can eat yang membuat kita merasa rugi kalau tidak makan banyak. Padahal apa yang masuk ke dalam tubuh kita itu bisa berdampak panjang untuk kesehatan kita.

Sekarang sih mungkin tidak terlalu terasa tapi tunggu sampai beberapa tahun lagi. Banyak kasus orang yang suka makan makanan instan dan kaleng (salah satunya saudara saya yang akhirnya meninggal di umur 30-an) merasa tidak apa-apa tapi secara perlahan dia sendiri sedang merusak tubuhnya sendiri.

Healthy vegan food. Sandwiches and fresh vegetables on wooden background. Detox diet. Different colorful fresh juices. top view

Lucunya manusia suka menyalahkan Tuhan ketika penyakit datang, padahal nyatanya kesehatan tubuh kita itu adalah tanggung jawab kita sendiri. Jaga asupan kita dari saat ini. Hindari makanan berminyak, perbanyak sayuran dan buah. Kalau mau tahu makanan sehat seperti apa sepertinya di google sudah banyak. Cari tahu sendiri, jangan malas!


3. BUKU YANG DIBACA

Informasi apa yang sedang kita terima dan akan kita terapkan dari buku yang kita baca akan menentukan masa depan kita.

Rata-rata orang yang berhasil gemar membaca buku. Bill Gates membaca 50 buku dalam setahun. Mark Zuckerberg membaca 1 buku setiap 2 minggu selama setahun. Dari Indonesia, bung Hatta memiliki cara yang unik untuk membaca 30.000 koleksi bukunya. Warren Buffet menghabiskan 80% waktunya dalam sehari untuk membaca. Anthony Robbins pernah membaca 700 buku dalam setahun.

sbcarlingtontx_grande

Tidak suka membaca? Mungkin alternatif lain adalah dengan mendengar audio atau menonton video-video pengembangan diri yang sangat mudah kita dapatkan dengan teknologi jaman sekarang. Ada TED Talks, YouTube, dan cari saja yang lain sendiri.

Kita bisa belajar dari pengalaman orang lain. Kegagalan juga bisa kita pelajari dari mereka. Kita menghemat waktu kita untuk gagal karena kita sudah belajar dari cara-cara orang yang pernah gagal.

Intinya kita harus mengisi diri kita dengan pengetahuan dan pemahaman, terutama dalam bidang yang ingin kita tekuni. Ingat, investasi terbaik adalah investasi terhadap diri kita sendiri.


4. ORANG-ORANG YANG KITA HABISKAN WAKTU BERSAMA SAAT INI

Dengan siapa kita berteman saat ini? Apakah dengan orang-orang yang berpikiran negatif dan tidak mau maju?

Perlihatkan teman-temanmu maka aku bisa tahu arah tujuanmu.

Itu adalah salah satu kalimat yang menjelaskan bagaimana pergaulan kita akan menentukan masa depan kita. Jika kita bergaul dengan teman-teman yang ambisius, kita cenderung menjadi orang yang ambisius. Begitu pula sebaliknya. Apakah orang-orang di sekitar kita mendukung kita dan membawa kita lebih naik?

Untuk memiliki orang-orang seperti itu tentunya harus dimulai dari kita terlebih dahulu. Jadilah orang yang menyenangkan. Bantu teman-teman kita. Luangkan waktu, tenaga, atau bahkan materi untuk bersama teman-teman yang membawa kita naik.

17t0stkd96512jpg

Waktu terlalu singkat untuk dihabiskan bersama dengan orang-orang yang tidak tahu arah tujuan hidup mereka. Bukan berarti kita memutuskan hubungan, tapi kita harus menghabiskan waktu dengan orang-orang yang optimis dan mau mendukung kita dengan tulus. Banyak yang tidak suka jika kita berhasil dan kita seringkali berusaha membuktikan kepada mereka bahwa kita bisa. Alihkan fokus kita dari orang-orang negatif seperti itu.

Jangan habiskan waktu untuk orang-orang yang tidak akan berada di masa depan bersama kita.

Orang-orang yang negatif hanya bisa iri hati. Mereka mengkritik bukan supaya kita berhasil tapi supaya kita tidak lebih dari mereka. Orang-orang seperti ini tentunya tidak mau kita miliki di masa depan.

Kita bingung bagaimana bisa keluar dari hubungan dengan orang-ornag yang tidak membawa dampak baik? Tenang saja. Asalkan kita fokus terhadap orang-orang yang benar, lama kelamaan orang-orang yang tidak benar itu akan pergi dengan sendirinya. Tapi itu dibutuhkan ketegasan juga dari kita untuk menolak berkumpul bersama dengan mereka.

Jadi daripada menghabiskan waktu dengan fokus terhadap orang-orang yang tidak menghargai kita, lebih baik kita fokus terhadap orang-orang yang akan menghargai kita sampa kapanpun.


Yuk kita sama-sama perhatikan keempat hal ini dan kita mulai dari sekarang untuk bisa memiliki 5 tahun yang sesuai dengan impian kita. Share pengalaman kalian juga ya kalau ada yang sudah pernah atau jatuh bangun dengan keempat hal ini.

Be blessed!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s