Believer

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Hidup Menjadi Sulit?

Hari ini dalam perjalanan ke tempat kerja, Tuhan menunjukkan tuntunan kepada saya melalui 2 lagu yang sebenarnya sudah saya download dan saya sempat dengar beberapa kali. Tapi kali ini benar-benar mengena saya. Kedua judul lagu itu adalah Waymaker dan Surrounded dari Michael W. Smith.

 

Lirik yang menggetarkan hati dan pikiran saya adalah sebagai berikut:

Even when I can’t see it, You’re working.

Even when I can’t feel it, You’re working.

You never stop, You never stop working.


https://www.youtube.com/watch?v=y2m4TgAOBKw


This is how I fight my battle.

It may look like I’m surrounded, but I’m surrounded by You.



Kita sebagai manusia selalu punya masalah. Kita punya beban. Kita punya kekhawatiran. Kita punya beban, Kita tidak bisa melihat masa depan kita. Hidup kita menjadi sulit. Saat seperti itu kita bisa meminta saran dari manusia atau hal-hal lain yang sebenarnya tidak akan memberikan jalan keluar yang paling baik dan benar. Hal terpenting yang seharusnya kita lakukan adalah berpaling kepada Tuhan.

Kenapa kepada Tuhan?

Karena Dia Maha Tahu. Dia tahu masa depan kita. Dia tahu terbaik untuk kita.

Dia tahu pilihan terbaik yang harus kita lakukan. Dia mau berbicara kita. Dia mau menunjukkan rahasia-rahasia-Nya kepada kita.

Di dalam komsel, pas sekali saya membahas tentang bagaimana mendapat tuntunan Tuhan. Seorang percaya jika jarang atau tidak pernah mendengar suara Tuhan, orang itu boleh meragukan imannya. Domba-domba mendengar suara gembala-Nya. Kita, sebagai orang percaya, HARUS mendengar suara Tuhan.

man raising his left hand

Kita butuh tuntunan Tuhan karena domba yang tidak dituntun berada dalam bahaya. Dia bisa mudah tersesat, masuk ke jurang, atau bahkan dimangsa predator. Kita perlu tuntunan Tuhan.

Ada yang mengkhawatirkan usaha dan pekerjaan. Ada yang mengkahwatirkan jodoh. Ada yang mengkhawatirkan pernikahan. Ada yang mengkhawatirkan keturunan yang tak kunjung datang. Ada yang mengkhawatirkan kesehatan orang tua. Banyak kekhawatiran kita dan saat kita datang pada Tuhan dan meminta tuntunannya, kita bisa merasa bahwa Tuhan tidak melakukan apa-apa.

Keadaan kita masih sama saja. Kita sudah berdoa. Kita sudah beriman. Kita sudah rajin beribadah. Kita sudah pelayanan. Kita memberi perpuluhan. Tapi kenapa keadaan kita tidak berubah?

chess-surrounded

Kita dikepung dengan masalah dan pergumulan kita. Kita ditekan. Kita merasa dikeliling musuh. Tapi pada nyatanya, Tuhanlah yang mengepung kita. Tuhanlah yang mengelilingi kita. Tuhan ada bersama kita.

Tuhan selalu bekerja dan tidak akan pernah berhenti bekerja.

Mungkin kita tidak melihat atau merasakannya, tapi Dia sedang bekerja. Dia bersedih dengan kita. Dia ada bersama kita. Dia mendengar kita. Dia bekerja untuk kebaikan kita. Itulah Tuhan kita.

Waymaker, miracle worker, promise keeper, light in the darkness.

My God, that is who You are.

Dia pembuat jalan, pengerja mujizat, penepat janji, terang dalam gelap. Tuhanku, itulah diri-Mu.

42614298_176131203288712_3904198536427846143_n

Satu hal yang Tuhan tidak bisa lakukan adalah berbohong. Dia akan menepati janji-Nya. Dia akan membuat jalan. Dia mengerjakan mujizat untuk kita. Dan kalian tahu? Mungkin kita merasa sudah tidak punya harapan atau tidak memegang kendali lagi. Kita sudah tidak berkuasa lagi atas keadaan kita. Tapi ada kuasa yang lebih besar dari semua tekanan, masalah, dan keadaan kita. Kuasa itu tidak terbatas. Kuasa itu adalah Tuhan kita.

Jangan pernah mengandalkan kekuatan sendiri. Ada kekuatan yang jauh lebih besar dari semua yang ada di dunia ini. Bergantunglah pada kekuatan itu.

Ketika hidup menjadi sulit, klaim janji Tuhan. Klaim kuasa-Nya. Klaim kasih-Nya. Semua sedang bekerja untuk kebaikan kita. Tuhan ada di atas semua masalah. Tuhan ada di atas semua depresi. Tuhan ada di atas semua tekanan. Tuhan ada di atas semua penyakit. Tuhan ada di atas semua keadaan.

Be blessed!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s