Believer

Kenapa Ada Kejahatan Di Dunia?

Pertanyaan ini seringkali kita lontarkan ataupun kita dengar dari orang lain. Kenapa ada kejahatan di dunia? Bahkan seringkali kita menyalahkan Tuhan atas kejahatan yang menimpa kita atau orang lain. Pembunuhan, perampokan, peperangan, aksi terorisme, bencana alam, dan masih banyak lagi hal-hal buruk yang kita sering pertanyakan kenapa terjadi. Kenapa Tuhan mengijinkan itu semua terjadi?

a

Saya pribadi pernah mempertanyakan ini dan mencari-cari jawabannya. Mari saya bantu sebisa saya. Kenapa ada kejahatan di dunia? Jawabannya adalah karena manusia egois dan punya kehendak bebas. Dengar Spotify saya untuk penjelasan audio.



Sejak manusia dilahirkan, yang bisa kita lakukan hanyalah menangis dan menangis. Kita mau diberi makan. Kita mau disayang. Kita mau dilayani. Kita lahir secara egois. Kita mau semua sesuai dengan keinginan kita. Jika tidak, maka kita marah dan menangis. Ini terjadi juga sampai kita menjadi anak-anak dan dewasa.

Akibat keegoisan ini adalah kita mau orang lain melakukan sesuatu sesuai dengan kemauan kita. Jika tidak sesuai, maka akan terjadi konflik. Konflik inilah yang akhirnya mendatangkan perselisihan, pertengkaran, bahkan tidak jarang terjadi aksi kejahatan.  Kita mau mendapat uang dengan cepat maka kita merampok atau bahkan menghilangkan nyawa orang lain.

Kita mau mendapatkan apa yang kita mau. Kita mau memenuhi ego kita. Akhirnya kita memanfaatkan orang lain. Kita menyalahgunakan kekuasaan. Kita merugikan orang lain dan dunia.

selfish-leader-power-motive-900x400

Yang kedua adalah karena manusia punya kehendak bebas. Kita bukanlah robot yang diciptakan untuk melakukan sesuai apa yang Tuhan mau. Tuhan memberikan kehendak bebas kepada setiap manusia. Jika saya masuk ke dalam sebuah tempat dan memukuli semua orang di sana, apakah itu kehendak saya atau Tuhan? Tentunya kehendak saya sendiri. Jika ada orang yang melakukan bom bunuh diri. Kehendak Tuhankah itu? Jelas tidak. Setiap kita memiliki kehendak bebas. Pilihan buruk kita inilah yang membawa kejahatan di dalam dunia.

Mirisnya kita menyalahkan Tuhan atas semua kejadian buruk yang terjadi. Kita menyalahkan Tuhan atas bencana alam. Kita menyalahkan Tuhan atas aksi kriminal dan peperangan yang terjadi di dunia. Itu bukanlah kehendak Tuhan, itu kehendak manusia.

Pertanyaan yang harus kita lontarkan justru bukanlah kenapa ada kejahatan di dunia karena itu wajar. Semua manusia egois dan punya kehendak bebas. Itu yang membawa kejahatan di dunia. Justru pertanyaan yang lebih masuk akal adalah kenapa ada kebaikan di dunia?

Jika dunia ini begitu jahat, kenapa bisa ada kebaikan?

Well, jawabannya adalah karena Tuhan. Tuhanlah kebaikan itu. Tuhanlah yang mengasihi. Tuhanlah yang mengampuni. Tuhan sabar dan setia. Ketika terjadi kebaikan di dunia ini, yang terjadi adalah Tuhan sedang bekerja di dunia ini. Inilah mujizat di dunia, keajaiban dunia.

kind-act

Mulailah dari diri kita masing-masing. Apakah kita sedang menekan ego dan melakukan kebaikan di dunia ini? Jangan jadi sama dengan dunia. Jangan mengikuti ego kita sehingga kita memilih melakukan hal yang tidak baik. Hiduplah dengan dipimpin oleh Tuhan setiap hari kita. Walaupun kita lahir secara alami, tapi ketika Tuhan memimpin hidup kita maka kita lahir baru. Kita bisa mengasihi. Kita bisa mengampuni. Kita bisa mengendalikan diri. Kita bisa menjadi lemah lembut. Kita bisa lebih sabar. Kita bisa berbuat baik.

Be blessed!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s