Believer

Apakah Tuhan Baik Setiap Saat?

Dari kecil kita selalu diberitahu bahwa Tuhan itu baik entah di dalam keluarga, sekolah, sekolah minggu, ataupun gereja. Kita sering menyanyikan kebaikan Tuhan. Tapi pernahkah kita bertanya secara jujur, apakah Tuhan baik setiap saat? Apakah Tuhan baik ketika kita mengalami kesulitan dan masalah? Apakah Tuhan baik ketika orang yang kita sayang meninggalkan kita? Apakah Tuhan baik ketika kita ditipu atau diperlakukan jahat?

Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. | Roma 8:28

Tuhan mendatangkan kebaikan bagi yang mengasihi Dia. Itu berarti Tuhan baik setiap saat bahkan di saat keadaann kita tidak baik. Tuhan mengasihi kita dan mendatangkan kebaikan untuk kita. Tapi pertanyaannya apakah kita mengasihi Tuhan?


Rancangan Tuhan adalah rancangan damai sejahtera yang penuh dengan harapan.

Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan. | Yeremia 29:11

794864

Jika kita pernah membaca kisah Ayub, kita tahu bahwa Iblis tidak akan bisa melakukan apa-apa kepada kita jika Tuhan tidak ijinkan. Ayub kehilangan keluarganya, hartanya, bahkan mengidap penyakit atas seijin Tuhan. Semua yang terjadi kepada kita, entah baik atau buruk, adalah seijin Tuhan.

Pada hari mujur bergembiralah, tetapi pada hari malang ingatlah, bahwa hari malang inipun dijadikan Allah seperti juga hari mujur, supaya manusia tidak dapat menemukan sesuatu mengenai masa depannya. | Pengkotbah 7:14

Kita lahir ke dunia berarti Tuhan telah mengijinkan. Dari proses pembuahan sampai kepada 9 bulan mengandung adalah proses keajaiban. Kita bisa lahir di dunia ini adalah suatu keajaiban dan begitu banyak faktor yang bsia menyebabkan kita tidak lahir ke dunia ini. Tapi karena ada Tuhan, semuanya aman.


Jika Tuhan merancangkan hal yang baik, kenapa kita harus mengalami penderitaan?

Bahwa aku tertindas itu baik bagiku, supaya aku belajar ketetapan-ketetapan-Mu. | Mazmur 119:71

Jawabannya adalah supaya kita belajar ketetapan Tuhan. Kalau tidak ada pain (luka), kita tidak akan berubah. Kita tidak akan belajar ketetapan Tuhan. Kalau ada masalah atau pergumulan atau pain, bersyukur karena ada sebuah perubahan yang Tuhan mau kerjakan.

both20employers20and20employees20suffer20in20silence20from20poor20mental20health20-20elitebusinessmagazine.co_.uk_4a562f2a52f0ffedb27e9e32ca2d7287

Ia telah memperkenalkan jalan-jalan-Nya kepada Musa, perbuatan-perbuatan-Nya kepada orang Israel. | Mazmur 103:7

Orang yang takut Tuhan akan tahu rencana Tuhan.

Ada waktunya Tuhan dan ada waktunya kita, jangan samakan. Waktu Tuhan adalah yang terbaik.


Apa yang harus kita lakukan selama penantian waktu Tuhan itu?

Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil. | Mazmur 1:1-3

Kita harus berakar supaya bisa tetap bertahan dan mengalami kebaikan Tuhan. Berakar berarti punya pengenalan benar tentang Tuhan. Kenal tidak sama dengan tahu. Kita semua tahu Jokowi adalah presiden negara Indonesia, tapi tidak semua dari kita mengenalnya. Orang yang mengenalnya adalah orang-orang yang memiliki hubungan yang dalam dengannya.

openbiblewomanas_hdv_0

Banyak yang tahu Tuhan tapi tidak kenal Tuhan sehingga ketika ujian datang, mereka melupakan janji-janji Tuhan.

Mereka gugur dan menyerah di tengah perjalanan.

Untuk mengenal tentunya dibutuhkan investasi waktu. Alkitab mengatakan bahwa kita harus merenungkan firman siang malam. Kita harus berdoa mencari tahu hati Tuhan. Kita membaca firman Tuhan.

Saat mengalami masalah, hadapilah. Jika ada waktu susah, ada waktu untuk menang. Kalau kita berhenti di tengah-tengah, kita tidak akan melihat kebaikan Tuhan.

Tuhan baik setiap saat. Datang sama Tuhan terlebih dahulu karena Dia yang tahu cara menyelesaikan semua pergumulan dan masalah kita.

Be blessed!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s