Jakarta Banjir Lagi, Salah Siapa?


Kemarin Jakarta digoncang lagi, basah kuyub. Sudahkah Anda menyalahkan orang lain hari ini? Kalau belum, sebaiknya tetap seperti itu. Kalau sudah, no comment, bukan kapasitas saya men-judge.

Banyak meme tentang gubernur di media sosial bermunculan. Bahkan ada aksi anarkis menyalahkan pembangunan mall AEON di Cakung sehingga mereka kena banjir.

Menyalahkan orang lain memang menjadi hal yang paling mudah dilakukan, apalagi ketika keadaan menjadi tidak terkendali dan kita tidak bisa menerima yang terjadi. Kita mau orang lain merasa bersalah atas perbuatannya.

blame-1080x711-1
Biasanya menyalahkan orang lain itu menunjukkan bahwa kita tidak berdaya dan bergantung pada orang yang kita salahkan. Kita mau orang itu melakukan sesuatu seperti yang kita mau sehingga saat tidak kesampaian, kekecewaan datang dan kita menyalahkannya.

Dalam situasi tertentu, memang tidak apa untuk menyalahkan orang lain ketika orang tersebut yang bertanggung jawab dan perlu berubah agar keadaan yang sama tidak terjadi lagi.

Tapi dalam situasi lain, kita juga perlu belajar bertanggung jawab atas aksi kita dan memegang kendali atas hidup kita sehingga kita tidak menyalahkan orang lain.

Be blessed!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s