2 Cara Roh Kudus Menuntun


Tuhan sudah menyediakan peta jalan kebenaran yaitu Alkitab dan juga Yesus memberikan kepada kita Roh Penghibur dan Penolong (guide), supaya kita berjalan sesuai dengan rencana dan kehendak Allah (keep on God’s track).

Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya. | Yohanes 14:16

Kita tetap bisa salah jalan saat menggunakan peta, tapi dengan adanya guide maka itu akan lebih memudahkan dan menjamin kita untuk sampai kepada tempat tujuan. Kita juga bisa lebih mengerti setiap rute perjalanan yang kita lewati karena ada penuntun yang menemani dan memberikan penjelasan.Bayangkan, kita tidak hanya punya buku panduan (Alkitab), tapi kita juga punya pengarang buku tersebut yang berbicara langsung pada telinga kita.

compass_guidance_istock-838489612-300x225_7049522e4c4883fc7310a73febd3e6bb-ofqgbe19gy18uyi61u9stb9jgfkq01jj5qadlqcm14

Saat kita menjadi orang percaya, Tuhan menaruh Roh Kudus di dalam kita, dan Dia terus mengajar kita untuk mendengar dan meresponi bimbingan-Nya. Dia tahu setiap langkah perjalanan dan mengerti semua berkat dan bahaya yang ada di depan. Dia tahu darimana kita berjalan, kemana kita akan berjalan, dan jalan terbaik apa yang perlu kita ambil.

Tunjukkanlah jalan-Mu kepadaku, ya TUHAN, dan tuntunlah aku di jalan yang rata oleh sebab seteruku. | Mazmur 27:11

Roh Kudus menuntun kita dengan 2 cara.


1. MENGINGATKAN APA YANG KITA BACA DI ALKITAB

Seringkali ketika kita mengalami masalah atau ketika membutuhkan ayat Alkitab yang menguatkan, kita tidak memiliki Alkitab di samping kita. Namun Roh Kudus bisa mengingatkan kembali apa yang sudah pernah kita baca, dengar, dan renungkan dari Alkitab. Dia bisa mengingatkan pelajaran dan pengertian yang pernah kita terima.
Itulah pentingnya menghafal ayat Alkitab. Kita sedang menyimpan firman dalam otak kita dann Roh Kudus akan membantu kita mengingatnya. Jika kita tidak pernah membaca Alkitab atau mendengarnya di komsel atau ibadah, bagaimana kita bisa mengingat kembali ayat tersebut?


2. MEMBERIKAN IDE DALAM PIKIRAN

Tuhan memberikan kita pikiran dan dia mau kita menggunakannya. Tuhan tidak akan menguasai pikiran kita tapi Dia memberikan kita kehendak bebas untuk mengikuti pemikiran kita yang benar. Dia akan memberikan sebuah ide dan ketika kita meresponinya, Dia akan mulai memberikan detilnya.

Ketika Tuhan memberikan kita sebuah ide, itu adalah inspirasi. Ketika Iblis memberikan sebuah ide, itu adalah godaan.

Ketika kita perlu tahu perbedaannya, tanyakan pada Tuhan dan minta tuntunan-Nya. Roh Kudus pasti akan menuntun kita.


Be blessed!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s