Menjadi Murid Di Dunia Serba Digital


Jika dunia digital begitu menempel dengan kehidupan kita, maka kita perlu belajar bagaimana hidup berdampingan dengan alat-alat digital ini. Tuhan mau kita menjadi murid-Nya di jaman sekarang, itu berarti kita bisa menggunakan alat-alat yang serba digital ini untuk menggenapi tujuan-Nya.

2012-01-17-showcase_121

Ada 5 cara untuk bisa menajdi murid di dunia digital.


1. GUNAKAN UNTUK MENGEKSPRESIKAN PENYEMBAHAN

Yesus berkata bahwa penyembah yang benar akan menyembah dalam roh dan kebenaran. Itu berarti kita harus terus menerus menjadi seorang penyembah, bukan hanya seminggu sekali ketika kita datang beribadah.

Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian. | Yohanes 4:23

Jika kita akan membawa gadget kita setiap harinya maka kita bisa menggunakannya setiap hari untuk mendekatkan kita dengan Tuhan.

Kita bisa memutar lagu-lagu rohani sepanjang hari dan membagikannya pada orang lain.


2. GUNAKAN UNTUK MEMBANGUN PERSEKUTUAN

Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat. | Roma 12:10

Kapanpun kita menghormati seseorang, kita sedang melakukan sesuatu yang menyenangkan Tuhan.

Kita memperkuat persekutuan. Media sosial bukanlah tempat untuk pamer tapi untuk hadir dalam hidup orang lain khususnya dengan menguatkan karena kita butuh dikuatkan setiap hari kita.

Karena itu nasihatilah seorang akan yang lain dan saling membangunlah kamu seperti yang memang kamu lakukan. | 1 Tesalonika 5:11

Carilah orang lain yang bisa kita bangun dengan gadget kita.


3. GUNAKAN UNTUK MENGEMBANGKAN PERTUMBUHAN ROHANI

Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Bagi-Nya kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya. | 2 Petrus 3:18

Banyak tempat di internet dimana kita bisa bertumbuh dalam hikmat dan pengetahuan akan firman Tuhan. Kita bisa mendengarkan kotbah, podcast, membaca renungan, dan banyak lagi untuk pertumbuhan rohani kita.

Jangan hanya bertumbuh secara rohani satu kali dalam seminggu. Kita datang ibadah sekali seminggu dan berharap akan bertumbuh. Itu tidak akan terjadi. Itu sama seperti makan sekali dalam seminggu. Kita kenyang di hari Minggu tapi kelaparan di sepanjang minggu.

Lalukanlah mataku dari pada melihat hal yang hampa, hidupkanlah aku dengan jalan-jalan yang Kautunjukkan! | Mazmur 119:37

Apa yang kita lihat sekarang apakah sepadan dengan pertumbuhan saya atau tidak?


4. GUNAKAN UNTUK MENGEMBANGKAN PELAYANAN

Kita bisa melayani dengan media sosial.

Bagaimana akan kubalas kepada TUHAN segala kebajikan-Nya kepadaku? | Mazmur 116:12

Kita bisa membalas dengan melayani Tuhan dan orang lain. Jika kita belajar sesuatu, bagikan untuk membantu orang lain. Jika ada yang berargumen dengan kita, kita bisa berdoa untuknya. Jangan beritahu orang itu kalau kita berdoa untuknya karena itu akan menjadi bahan argumen lain. Tapi layani dia dengan mendoakannya secara pribadi.


5. GUNAKAN UNTUK MEMPERPANJANG KESAKSIAN

Kita semua adalah influencer. Kita bisa mempengaruhi orang lain dengan cara tertentu. Apapun yang kita bagikan bisa menjadi kesaksian. Media sosial sebenarnya adalah bukan tentang kita. Kita bisa menggunakan Twitter untuk mementori orang lain. Kita bisa menggunakan media sosial untuk membangun orang lain.

Dan semuanya ini dari Allah, yang dengan perantaraan Kristus telah mendamaikan kita dengan diri-Nya dan yang telah mempercayakan pelayanan pendamaian itu kepada kami. Sebab Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya oleh Kristus dengan tidak memperhitungkan pelanggaran mereka. Ia telah mempercayakan berita pendamaian itu kepada kami. Jadi kami ini adalah utusan-utusan Kristus, seakan-akan Allah menasihati kamu dengan perantaraan kami; dalam nama Kristus kami meminta kepadamu: berilah dirimu didamaikan dengan Allah. | 2 Korintus 5:18-20

Kita semua memiliki lebih banyak keuntungan dari generasi-generasi sebelum kita. Kita punya alat yang bisa pergi ke seluruh dunia.

Yesus berkata jadikan semua bangsa murid-Nya. Dia sedang berbicara kepada kita semua.

Kita harus menjadi saksi. Kita harus membagikan apa yang kita tahu tentang hidup kita kepada dunia. Kita tidak perlu naik pesawat untuk memberitahu orang lain tentang sesuatu. Kita bisa duduk di kamar kita dengan baju tidur dan membagikan sesuatu sampai ke seluruh penjuru dunia.

Kita bisa menjadi saksi Tuhan untuk dunia.


Be blessed!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s