5 Manfaat Menjadi Anggota Gereja


Banyak jemaat yang hanya sekedar datang beribadah namun belum menjadi anggota. Ketika menjadi anggota sebuah gereja, maka mereka mengkomitmenkan diri mereka terhadap visi gereja. Mereka mau bertumbuh di dalam gereja itu. Mereka mau terlibat aktif dalam pelayanan, komunitas, dan program gereja.

Bagi kalian yang masih tidak merasa penting untuk menjadi anggota sebuah gereja, ada baiknya kalian membaca ini. ada 5 manfaat yang bisa kita dapatkan ketika kita mau tergabung menjadi anggota gereja.


1. MEMBANTU KITA FOKUS PADA TUHAN

Sangatlah mudah untuk dialihkan dari Tuhan. Minggu mungkin hari kita untuk Tuhan, tapi hari lainnya kita begitu disibukkan dengan aktivitas, pekerjaan, dan kesenangan. Ketika kita menjadi anggota gereja dan mnengkomitmenkan diri kita untuk tujuan Tuhan dan gereja, kita melakukan setiap aktivitas, pekerjaan, dan kesenangan atas dasar komitmen kita tersebut.

Pilihan-pilihan kita tidak sembarangan pilihan sehingga kita tidak mudah teralihkan dari Tuhan. Kita butuh sekali untuk memfokuskan kembali diri kita terhadap Tuhan dan kerajaan-Nya. Apa yang mau Tuhan kerjakan dalam hidup kita? Apa yang Dia inginkan dari kita? Jika kita masih belum mengetahui kedua hal itu dan belum hidup untuk keduanya, itu berarti hidup kita belum fokus kepada Tuhan.


2. MEMBANTU KITA MENGHADAPI MASALAH-MASALAH KEHIDUPAN

Selama kita hidup, kita akan memiliki masalah. Titik. Mau sekudus apapun seseorang, pasti akan ada masalah yang dihadapi. Ketika kita berhadapan dengan masalah, kita mudah goyah. Iman kita mudah kendor. Banyak orang yang meninggalkan iman mereka saat dalam masalah.

Ketika menjadi anggota sebuah gereja dan terlibat aktif dalam komunitasnya, kita akan memiliki teman-teman yang mengasihi kita dengan tulus. Mereka siap memberikan nasehat dan membantu kita ketika dalam masalah. Kita bisa saja meminta nasehat dari orang yang bukan anggota gereja kita, tapi apakah orang-orang tersebut memberikan nasehat sesuai dengan firman Tuhan? Kita juga perlu didoakan. Ada orang-orang di belakang kita yang terus berdoa untuk kita. Itulah yang membuat kita tetap kuat.


3. MEMBANTU MENGUATKAN IMAN KITA

Entah sudah berapa kali saya merasakan lelah dan lemah dalam iman saya. Saya malas ke gereja. Saya malas berdoa. Saya malas membaca Alkitab. Tapi ketika saya bergabung dalam anggota gereja dan aktif dalam komsel, saya menemukan banyak kesaksian-kesaksian dari teman-teman yang menguatkan iman saya. Saya menjadi bersemangat kembali.

Tujuan Iblis adalah melemahkan iman kita sehingga kita semakin jauh dari Tuhan. Namun ketika menjadi anggota keluarga Tuhan, ada orang-orang yang berjaga-jaga untuk kita. Ada kesaksian-kesaksian dan doa-doa yang terus menguatkan dan membuat iman kita bertumbuh.

Iman kita tidak akan bertumbuh ketika kita hanya menjadi jemaat saja.

Iman tanpa tindakan adalah sia-sia. Dalam keluarga Tuhan, kita menyiapkan nilai-nilai yang benar. Kita mempelajari kebenaran. Kita semakin tahu mana yang benar dan tidak. Kita mempraktekkan iman kita. Kita mendoakan orang lain. Kita mengasihi. Kita membantu. Karakter kita dibentuk menjadi seperti Kristus. Semua itulah yang akan membuat iman kita bertumbuh.


4. MEMBANTU KITA MENEMUKAN TEMPAT UNTUK MEMBUAT PERBEDAAN

Tuhan ingin kita mengerjakan perkara besar. Dia mau hidup kita berdampak baik untuk sekitar kita maupun dunia. Gereja akan sangat membantu kita memenuhi hal itu. Saya tidak bisa menghitung seberapa banyak yang saya kerjakan di dalam gereja yang mengubah keadaan menjadi lebih baik. Mulai dari karunia mengajar saya dan menulis. Kemudian talenta saya dalam membuat konten video ataupun drama serta membuat sebuah sistem.

Talenta dan karunia saya semakin jelas. Tuhan memakai saya untuk memberkati orang lain. Karakter saya diubahkan dan saya bisa menyaksikan itu kepada yang lain. Saya adalah bukti nyata bahwa seseorang bisa berubah menjadi lebih baik dan bisa mempersembahkan sesuatu yang baik dengan karunia dan talenta saya.


5. MEMBANTU MEMENUHI MISI HIDUP KITA

Tuhan punya misi untuk dunia. Tujuannya untuk kita tidak akan bertentangan dengan tujuannya untuk dunia ini. Gereja-gereja mendapatkan visi dari Tuhan untuk menggenapi tujuan-Nya di dunia. Oleh karena itu ketika kita menggenapi tujuan hidup kita, kita sedang mengerjakan misi Tuhan untuk gereja dan dunia ini.

Hidup kita bukanlah untuk diri kita sendiri. Tuhan sedang mengerjakan sesuatu yang besar untuk dunia melalui kita dan gereja Tuhan adalah kepanjangan tangan Tuhan untuk melakukannya. Sangatlah sulit untuk kita bisa memenuhi misi hidup kita ketika kita sendiri tidak mau tergabung dalam keluarga Tuhan.


Be blessed!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s