Fokus Kepada 5 Hal Penentu Kesuksesan Ini


Jika saya bertanya apa itu arti sukses, apa yang terbesit dalam pikiran kita?Sukses, menurut saya, adalah ketika kira berhasil mencapai tujuan. Ini berarti kita memberikan fokus terhadap segala aspek hidup kita untuk bisa sampa ke tujuan itu. Fokus di sinilah yang menentukan apakah kita akan sukses atau tidak. Ada 5 fokus yang perlu kita pahami.


TUJUAN

Apa yang menjadi mimpi kita? Tujuan ini adalah visi kita, sesuatu yang membuat kita berdebar-debar dan bersemangat dalam hidup kita.

goal-setting

Ada 3 langkah dalam menetapkan tujuan.

1. Tuliskan

Tulis dan taruh di tempat yang mudah dilihat entah itu di cermin atau di dashboard mobil kita atau dimanapun sehingga kita selalu bisa melihat tujuan kita.

2. Visualisasikan

Setiap manusia memiliki kemampuan untuk berimajinasi. Bayangkan diri kita setelah mencapai tujuan itu. Apa yang kita lakukan di sana? Apa saja yang sudah kita kerjakan ketika tiba di tujuan itu? Siapa saja yang bersama kita di tujuan itu?

3. Ceritakan

Cari orang yang bisa dipercaya dan ceritakan tujuan kita. Ketika kita menceritakannya maka kita akan tertantang untuk mengejar tujuan tersebut. Selain itu teman kita juga bisa menjadi koneksi. Mereka bisa membantu memperkenalkan kita kepada orang-orang atau kesempatan-kesempatan yang mungkin tidak akan pernah kita dapatkan ketika kita menyimpannya sendiri.


AKSI

Setelah tujuan ditetapkan, bertindaklah. Hal pertama yang perlu kita kerjakan adalah menetapkan rencana kita. Tujuan jangka panjang menjadi tujuan jangka pendek, mingguan, dan harian.

Majukan dahulu bidak catur, baru permainan bisa dimulai.

Aksi-aksi kecil setiap hari sangatlah berpengaruh untuk semakin mendekatkan kita kepada tujuan. Saat ini saya mau fokus menjadi seorang blogger profesional yang bisa memotivasi serta menginspirasi banyak pembaca. Oleh karena itu beberapa hari sekali saya akan fokus untuk menulis artikel yang saya pelajari dan bisa saya aplikasikan sendiri dalam hidup saya kepada para pembaca.

pulling_rock

Apabila tujuan kita adalah menjadi seorang pengusaha. Mulailah menetapkan langkah-langkah apa saja yang harus kita miliki untuk menjadi seorang pengusaha. Jika kita perlu modal, menabunglah dari sekarang setiap harinya. Kurangi jajan-jajan yang tidak penting. Bangun koneksi dari sekarang.


BELAJAR

Ketika kita berhenti belajar, maka kita akan mengalami stagnan. Kita tidak bertumbuh. Kita tidak berkembang. Belajar adalah hal yang sangat penting ketika kita beraksi. Kita perlu memperoleh pengetahuan sebanyak mungkin yang bisa membawa kita kepada tujuan kita.

Saya ingin menjadi seorang content creator yang bisa membawa dampak baik kepada orang lain, maka saya perlu belajar bagaimana dengan kreatif berbagi kepada orang-orang baik melalui tulisan,video YouTube, ataupun Podcast. Saya belajar bagaimana membuat Podcast, berbicara dengan baik, menginterview orang lain, teknik kamera, dan hal-hal lainnya.

iot-knk-621x41440livemint

Kita bisa belajar dari 3 ini.

1. Pengalaman Sendiri

Baik itu keberhasilan di masa lalu atau kegagalan di masa lalu, kita bisa menarik hikmah dari pengalaman kita. Kita akan tahu mana yang bisa kita aplikasikan dan yang tidak dari pengalaman kita. Intuisi kita juga makin dibetuk dengan pengalaman.

2. Pengalaman Orang Lain

Jika kita harus terus gagal untuk bisa tahu mana yang bisa dipakai, maka waktu kita akan semakin banyak terkuras untuk gagal. Oleh karena itu kita bisa mempersingkat waktu dengan belajar dari pengalaman orang lain. Ketika kita melihat bahwa seseorang berhasil karena melakukan hal-hal ini dan tidak berhasil karena hal-hal lain, kita bisa aplikasikan itu dalam hidup kita. Kita tidak menyia-nyiakan waktu. Baca buku, dengar Podcast, nonton video, dan masih banyak lagi cara kita untuk bisa belajar dari pengalaman orang lain.

3. Profesional

Profesional ini adalah orang atau badan usaha dimana kita bisa langsung menerima masukan apa-apa saja yang harus kita lakukan dan tidak lakukan. Mereka bisa menjadi mentor kita. Mereka bisa membantu memberikan nasehat namun pilihan tetap di tangan kita. Kita harus mengerti sekali apakah nasehat itu bisa diaplikasikan dengan keadaan kita. Dan cari profesional yang benar-benar ahli di bidang kita dan memang sudah pernah berhasil dalam bidang tersebut.

Kita bisa mengamati, meniru, dan memodifikasi apa yang kita pelajari ini dengan situasi yang kita punya. Perbesar kapasitas kita. Jangan hanya mengandalkan cara pandang kita. Perbanyak pengetahuan. Jangan pernah berhenti belajar.


EVALUASI

Yes! Kita beraksi dan terus belajar. Kemudian kita evaluasi apakah dengan terus melakukan ini, kita akan bisa mencapa tujuan? Atau mungkin tujuan kita perlu dimodifikasi? Ketika kita terus melakukan evaluasi, kita akan lebih dekat dengan tujuan kita karena kita sedang mengoreksi mana cara yang tidak berhasil.

Jika lebih dari 80 persen berhasil, maka lanjutkan. Namun sebaliknya, jika kirang dari 80 persen, maka carilah cara yang baru.


LANJUTKAN

Yang terakhir dalah lanjutkan apa yang sudah kita lakukan. Jangan berhenti di tengah-tengah. Ketika kesulitan datang, jangan menyerah. Terus belajar. Perbesar visi. Bertindaklah dan lakukan evaluasi. Maka tanpa kita sadari, pintu-pintu kesempatan akan terbuka dan kita sudah tiba di tujuan kita. Kita menjadi sukses.


Be blessed!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s