Mulailah Pagi Kita Dengan 3 Tindakan Ini


Cara kita memulai hari akan menentukan tingkat fokus, energi, kegembiraan, dan keunggulan yang kita bawa ke dalam hari-hari kita. Oleh karena itu sangatlah penting untuk bisa menguasai pagi kita. Waktu yang paling baik untuk bangun adalah jam 5 pagi. Kenapa begitu? Karena biasanya pada jam segitu, kita tidak akan mendapatkan gangguan dari gadget kita. Jarang ada yang mencari kita pada pukul itu. Semua orang juga masih belum bangun sehingga kita lebih tenang.

hco_t5amc2018mth12

Di sini saya mau bagikan ada 3 tindakan yang harus kita kerjakan ketika memulai pagi kita. Saya mendapatkan ini dari buku The 5 AM Club dari Robin Sharma, bisa baca sendiri bukunya kalau penasaran. Ketiga tindakan ini, ketika menjadi sebuah kebiasaan, akan membawa dampak baik yang besar kepada keberhasilan hari-hari kita. Lakukan setiap tindakan ini selama 20 menit sehingga selesai setelah 1 jam.


1. BERGERAK

Kita kerjakan dari jam 5.00 sampai 5.20. Bergerak berarti kita melakukan latihan olahraga yang mendalam. Tingkatkan detak jantung dan berkeringatlah. Bernafaslah dalam-dalam. Kenapa kita harus bergerak? Karena bergerak di pagi hari akan meningkatkan dopamin, senyawa kimia di otak yang merangsang tubuh kita sehingga kita merasa sepenuhnya bangun dan antusias untuk fokus dan menyulut energi kita. Kita menjadi semakin disiplin dan bersemangat.

weakness

Bergerak di pagi hari juga akan menghilangkan kortisol, hormon ketakutan. Tingkat kortisol paling tinggi adalah di pagi hari. Jadi stress akan berkurang. Selain itu tentunya dengan berolahraga akan menguatkan vitalitas kita sehingga hidup lebih lama.


2. MERENUNG

Kita kerjakan dari jam 5.20 sampai 5.40. Merenung berarti membuat jurnal kehidupan kita. Renungkan bagaimana kita menjalani hidup dan harapan mengenai sosok apa yang kita cita-citakan. Buat perencanaan. Berdoa dan meditasi juga sangat baik dilakukan saat merenung. Pikirkan nilai-nilai yang akan kita pegang dalam satu hari ke depan. Tetapkan karakter seperti apa yang diinginkan. Pertimbangkan apa yang harus terjadi supaya hari kita akan menjadi hebat.

img-wellnessgulf-handle-peer-pressure02

Ini akan memperbesar rasa syukur serta meningkatkan kebahagiaan. Kita menjadi lebih bijaksana akan hidup kita dan memperbesar kreativitas sehingga menjadi lebih positif akan hidup kita. Kinerja kita akan semakin kuat dengan merenung.


3. BERTUMBUH

Kita kerjakan dari jam 5.40 sampai 6.00. Berrtumbuh berarti meningkatkan kemampuan kita. Kita bisa mengatur target kita. Kita membaca buku atau mendengarkan Podcast atau menonton video pengembangan diri di YouTube atau belajar dari internet. Kita perlu bertumbuh untuk memperdalam ilmu pengetahuan dan kemampuan memahami serta memutuskan kita. Dengan belajar, kita akan lebih percaya diri dan ada terjadi perubahan dalam keahlian.

shooting_arrows_target_failure_fail_thinkstock_164453007-100469130-large

Dengan terus bertumbuh, kita akan semakin meningkatkan pendapatan serta pengaruh kita. Keahlian kita diasan menjadi sesuai dan akurat. Kita menguasai bidang dengan kepribadian dan inspirasi yang terus berkembang.


Itulah 3 tindakan yang harus kita fokus untuk kerjakan saat memulai hari kita. Selamat mempraktekkan dan bentuklah ini menjadi kebiasaan baik yang baru. Saya mau tantang kita semua, termasuk diri saya untuk melakukan ini selama 30 hari ke depan, terutama dalam masa isolasi yang tidak pasti ini. Coba bandingkan kehidupan kita dalam 1 bulan ke depan.

Be blessed!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s