Menjadi Orang Hebat Pembuat Sejarah


Pembuat sejarah adalah mereka yang memberikan pengaruh besar bukan hanya pada lingkungan mereka tapi pada seluruh dunia. Mereka adalah orang-orang yang membentuk dunia ini. Banyak contoh-contoh orang hebat yang menjadi pembuat sejarah. Berikut saya berikan beberapa, pasti pada familiar.

  1. Albert Einstein
  2. Thomas Alfa Eddison
  3. Martin Luther King
  4. George Washington
  5. Isaac Newton
  6. Buddha
  7. Nabi Muhammad
  8. Yesus
  9. Christopher Columbus
  10. Galileo Galilei
  11. Augustus Caesar
  12. William Shakespeare
  13. Ibu Teresa
  14. Wolfgang Amadeus Mozart

Apa persamaan dari semua orang ini selain namanya akan diingat di sepanjang generasi? Mereka adalah orang-orang yang memberikan pengaruh mereka kepada dunia. Dunia berubah menjadi lebih baik berkat mereka. Apa yang membuat orang-orang ini bisa menjadi begitu hebat sampai membawa dampak bagi dunia?

Menurut penelitian, ternyata hanya ada 4 persen orang yang mampu mengubah dunia. Sisanya adalah mereka yang mempunya karakter dan kepribadian kuat serta pintar bersosialisasi.

Perlu kita sadari bahwa mereka yang berhasil mengubah sejarah sama dengan kita, manusia. Jadi kita juga bisa melakukan itu. Namun kita tidak boleh melakukan hal-hal yang sama dengan yang dilakukan 96 persen orang kebanyakan. Untuk bisa menjadi orang hebat, kita perlu melakukan sesuatu yang berbeda dengan mereka. Apa saja yang bisa kita lakukan untuk bisa menjadi orang hebat?

Ijinkan saya membagikan sedikit pengetahuan saya.


1. FOKUS PADA PRIORITAS DAN TUJUAN

Pemain yang hebat tidak mendapat keberuntungan, mereka membuat keberuntungan.

Menjadi sibuk itu tidak sama dengan menjadi produktif. Ada perbedaan yang besar di antara keduanya. Mereka yang berpengaruh besar dan pembangun dunia sejati tidak selalu punya waktu untuk siapapun yang berusaha mendapatkan perhatian mereka dan membutuhkan waktu mereka. Mereka susah ditemui, jarang membuang waktu, dan jauh lebih fokus melakukan pekerjaan nyata daripada pekerjaan semu. Yang terjadi berikutnya adalah mereka memberikan hasil menakjubkan yang membuat dunia semakin maju.


2. BEBAS DARI PENGALIH PERHATIAN

Pemain yang hebat tidak mudah dialihkan. Karena fokus dan disiplin mereka, mereka sanggup menguasai diri mereka untuk tidak berlama-lama di media sosial atau menonton serial TV yang kekinian, atau bergosip ria tentang masalah yang tidak penting.

Ketika kita memiliki tujuan dan fokus kepadanya, kita menjauhkan diri kita dari segala pengalih perhatian dan berkonsentrasilah pada sedikit proyek sehingga kita dapat membuat hasil yang menakjubkan daripada melemahkan perhatian kita pada banyak pekerjaan. Konsentrasi kuat hanya pada hal terpenting adalah cara profesional mewujudkan kemenangan.

Berhentilah mengatur waktu dan mulailah mengatur fokus.

3. LATIHAN KEAHLIAN PRIBADI

Pemain yang hebat bukanlah mereka yang lahir dengan talenta yang luar biasa. Namun mereka giat melatih diri mereka hingga bisa berhasil. Mereka tidak berhenti belajar dan bertumbuh. Ada beberapa pola dari diri setiap kita yang perlu kita latih.

Pola Pikir (Psikologi)

Apa yang sedang kita masukkan ke dalam pikiran kita? Apakah artis-artis Korea yang sedang ngetren atau berita-berita negatif di televisi? Pemikiran kita akan menjadi lebih baik ketika kita memasukkan infromasi dan pengetahuan yang tepat. Buku apa yang sedang kita baca? Podcast apa yang sedang kita dengar?

Pola Hati (Emosional)

Kita boleh pintar, tapi jika hati kita dikuasai kemarahan, dendam, kekecewaan, kesedihan, kebencian, dan ketakutan; maka kita tidak akan menang. Karakter apa yang sedang kita bangun? Karakter yang buruk tidak akan membuat kita bisa bertahan lama.

Jangan terjebak di masa lalu. Miliki mental yang sehat.

Segala kegagalan atau kesulitan di masa lalu tidak seharusnya menghambat kemajuan kita. Orang-orang yang hebat pun pernah mengalami kegagalan dan kesulitan. Tapi yang membuat mereka berhasil adalah mereka tidak menyerah dan tetap bertahan.

Pola Kesehatan (Fisik)

Pikiran dan emosi kita mungkin sudah baik dan sehat, tapi ketika fisik kita tidak baik maka kita tidak akan bisa menang. Dengan menjaga kesehatan, otak akan tetap bekerja maksimal. Seseorang yang sakit tidak akan bisa bekerja maksimal, benar?

Tingkatkan kebugaran kita dan berusalah keras dalam menyiasati penuaan.

Pola Jiwa (Spiritual)

Spiritual di sini berarti kita harus ingat siapa diri kita sebenarnya. Kita terhubung kembali dengan pencipta kita dan kembali mendapatkan visi dan semangat akan hidup. Kita merasa lebih baik. Jiwa kita dipuaskan. Kita meningkatkan kesadaran kita akan bagian paling mengagumkan dari diri kita sehingga daripada memuaskan ketamakan ego, kita melayani masyarakat.

Penumpukan Hari

Kita terus melatih diri kita setiap hari. Ini lebih penting daripada melakukannya satu kali dalam satu waktu. Cari jam yang sama untuk membentuk kebiasaan baik selama 21 hari dan terus lakukan itu sampai menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam hidup kita.

Konsistensi merupakan bahan penting untuk menjadi ahli. Keteraturan adalah keharusan jika kita berhasrat untuk membuat sejarah.


Kita semua berjuang dalam hidup ini. Kita punya perlombaan masing-masing. Tapi kita tidak sendirian di dunia. Kita hidup dalam satu kapal. Apakah dengan keberadaan kita, dunia ini menjadi lebih baik? Mari sama-sama menjadi orang hebat yang membawa dunia kita menjadi lebih baik.

Tidak ada kata terlambat untuk berubah. Lebih baik mencoba daripada terkurung dalam ketakutan dan segala macam intimidasi.

Be blessed!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s