Kenapa Tidak Bersemangat Dengan Hidup


Pertanyaan pada judul pasti pernah terjadi kepada kita semua, kalau belum tunggu saja. Saya sendiri pernah mengalaminya. Hidup ini rasanya membosankan. Cuma bangun tidur, kerja, nonton TV, main game, liat-liat media sosial, makan, hangout, dan tidur lagi. Ada ga sih sesuatu yang lebih yang seharusnya saya lakukan?

Jawabannya, yes sekali! Ada banget!

Tapi untuk menemukan jawabannya, kita harus lebih dahulu menemukan apa passion kita. Bla bla bla, passion lagi, passion lagi. Tapi justru passion itulah yang membuat kita bersemangat bangun pagi dan melakukan aktivitas.

Kita semua memiliki hal-hal yang kita benar-benar suka lakukan. Tapi kembali lagi, passion, bagaimanapun itu, harus bisa meningkatkan atau melayani kehidupan orang lain. Kita tidak melakukan passion itu untuk kenikmatan dan kepuasan kita sendiri, tapi untuk membantu dunia menjadi lebih baik. Ketika kita hidup untuk orang lain, kita akan bersemangat dengan hidup kita.

Jika kita perhatikan dengan seksama, keberhasilan dan kepuasan selalu datang dari memberi, bukan menerima. Mau menjadi pemimpin, kita harus bisa melayani orang-orang di bawah kita. Mau menjadi pengusaha, kita harus melayani dan memenuhi kebutuhan orang lain dengan produk atau jasa kita. Mau jadi presiden, kita harus mempedulikan rakyat dan negara.

Berinvestasi pada diri kita sendiri adalah investasi terbaik yang bisa kita buat. Itu bukan hanya akan meningkatkan hidup kita, tapi juga meningkatkan hidup orang-orang di sekitar kita. Cari tahu apa yang benar-benar kita sukai. Fokus dan disiplin melakukannya. Kita akan bangun setiap pagi dengan energi yang tidak terbatas dan antusias tinggi.

Ketika kita menemukan apa yang benar-benar kita sukai dan mengarahkan semua energi kita untuk melakukannya, kita tidak akan punya waktu untuk menyia-nyiakan waktu itu sendiri.

Ketika masalah datang atau kita merasa mandek, responi dengan benar. Ketika hasilnya tidak ada atau negatif, kita bisa melihat dari 2 perspektif.

Lihatlah gelas yang setengah penuh daripada setengah kosong.

Apapun yang terjadi dalam hidup kita, kita sendirilah yang memiliki kapasitas untuk memilih respon kita terhadapnya.

Saya sendiri menemukan passion ketika menulis dan membuat konten yang bisa menginspirasi orang lain. Ketika bangun pagi, saya sangat ingin membuat sesuatu yang bisa membawa dampak baik bagi orang lain. Terkadang memang saya gagal dan malas melakukannya, tapi saya bisa memilih respon yang benar. Semakin kita meresponi dengan benar, semakin kita positif dan bersemangat dengan kehidupan kita.

Mari bersemangat bersama-sama dengan saya!

Be blessed!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s