Bertahan Di Masa Pandemi


Tidak bisa dipungkiri bahwa di masa pandemi ini hampir semua usaha di seluruh dunia mengalami masalah. Toko-toko terpaksa tutup. Mall tidak berjalan sepenuhnya. Restoran hanya menyediakan delivery saja. Karyawan banyak yang dirumahkan bahkan sampai diberhentikan. Permintaan untuk delivery berkurang. Masih banyak lagi masalah yang tentunya mengancam finansial.

Saya di sini berbicara sebagai seorang pengusaha. Toko offline saya sudah tutup selama 2 bulan dengan karyawan-karyawan yang dirumahkan tapi tetap mendapat gaji. Toko online sangat sepi pelanggan karena banyak barang saya di toko dan susah untuk diketahui ketersediaan dan diambil (karena perlu ijin).

Pada masa seperti ini, apa yang sebaiknya kita kerjakan? Bertahan.

Ya, itulah yang harus kita lakukan. Kita bertahan sebisa mungkin. Kerugian sudah tidak bisa terelakkan tapi kita masih tetap punya simpanan. Kita masih punya kreativitas.

Dalam pandemi ini, yang saya pikirkan terutama adalah nasib karyawan-karyawan jika sampai tidak saya gaji. Mereka akan sangat kesulitan untuk mendapatkan uang. Jadi sebisa mungkin saya akan memikirkan mereka terlebih dahulu.

Saya juga mencari cara lain untuk mendapatkan pemasukan. Dari berjualan durian, soes durian, sampai buatan sendiri seperti udang wijen, sari susu kedelai, sari kacang ijo, dan sari jagung. Saya juga jualan masker sebelumnya.

Tidak ada yang salah dengan semua itu. Saat seperti ini justru saya dipaksa untuk memutar otak agar hari-hari saya bsia menghasilkan. Walaupun masih rugi tapi setidaknya bisa menambah-nambah.

Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang pandai beradaptasi dengan keadaan.

Jadi bertahanlah dalam masa ini. Buat yang mungkin diberhentikan dan benar-benar bingung dapat uang darimana, beradaptasilah. Belajarlah sesuatu. Saat ini memang online adalah hal yang paling mudah untuk dikerjakan baik itu jualan atau membuat konten. Banyak juga yang menemukan keahlian mereka dan bisa menjadikannya uang.

Keadaan mungkin akan benar-benar pulih dalam 1 atau 2 bulan ke depan. Jadi ada baiknya kita mulai merencakan apa yang harus kita lakukan selama 2 bulan ini dan setelah itu.

Be blessed!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s