Apa Itu Pembuat Konten?


91 persen dari bisnis ke bisnis profesional menggunakan pemasaran konten sebagai bagian dari strategi mereka. Itu berarti pembuatan konten memegang peranan penting untuk keberhasilan sebuah usaha. Dan ini membawa kita kepada peran dari seorang pembuat konten seperti saya.

Sebenarnya apa sih seorang pembuat konten?

Seorang pembuat konten (content creator) adalah seorang yang bertanggung jawab untuk memberikan informasi ke media apapun terutama media digital.

Ini berarti seorang pembuat konten menghasilkan materi yang menghibur atau mengedukasi yang memenuhi minat dan tantangan dari para penikmatnya. Konten yang dibuat bisa dalam banyak bentuk baik itu blog, video, buku, foto, gambar, audio, email, update sosial, dan silakan tambahkan sendiri.

Saya sendiri fokus membuat konten di blog, Instagram, YouTube, dan Podcast. Kenapa saya memilih untuk menjadi seorang pembuat konten? Karena saya memang tipe yang tidak bisa diam dan selalu ingin membuat sesuatu. Imajinasi saya tinggi dan banyak pelajaran dalam hidup yang tidak mau saya lupakan. Oleh karena itu saya menulis di blog dan Instagram saya. Kemudian saya memiliki passion membuat video dan foto, makanya Instagram dan YouTube menjadi media utama saya.

Semua orang bisa menjadi seorang pembuat konten. Mama saya pun bisa membuat konten. Kalau tidak percaya, lihat saja Instagram dia haha. Tapi ada perbedaan antara menjadi seorang pembuat konten biasa dan pembuat konten luar biasa.

Pada kenyataannya menjadi seorang pembuat konten yang luar biasa bukanlah sesuatu yang mudah. Dibutuhkan kemampuan untuk berpikir kreatif, mengatur, menganalisa, dan juga disiplin. Proses yang dijalankan pun tidaklahlah singkat. Itulah sebabnya pembuat konten seperti saya biasanya akan dihargai oleh perusahaan atau orang lain untuk mempromosikan produk atau jasa mereka. Dihargai ini benar-benar dihargai ya, dengan uang atau produk mereka.

Tapi itu di lain pembahasan ya tentang bagaimana menjadi seorang pembuat konten. Kali ini saya ingin membagikan tentang kenapa konten begitu penting untuk brand kita baik itu produk ataupun jasa.


KONTEN MENGGERAKAN ORANG UNTUK MENGAMBIL TINDAKAN

Kita semua mau produk kita dibeli orang. Kita mau jasa kita dipakai orang. Entah kita seorang artis, videografer, atau pengusaha produk; kita perlu memasarkan brand kita agar orang lain mau mengambil tindakan dengan membeli atau memakai.

Tapi orang-orang tidak akan pernah tahu brand kita jika kita tidak pernah membuat konten atas brand terkait. Anggap saja saya memiliki produk jam tangan yang ingin saya promosikan. Jika saya tidak pernah foto atau membuat video atau iklan atau meng-endorse orang, bagaimana orang bisa mengenali produk kita?

Anggap saja saya memiliki pengikut yang sudah percaya dengan saya. Ketika saya latihan dengan menggunakan alat gym merk tertentu dan saya perlihatkan dalam Instagram Story atau YouTube, mereka yang melihat dan memang sedang mencari alat itu atau mungkin tergiru dengan latihan ala saya pasti akan mengambil tindakan. Biasanya mereka akan bertanya-tanya kepada saya sebelum akhirnya memutuskan membeli langsung kepada brand yang saya perlihatkan.

Begitu pula dengan makanan yang diendorse kepada food blogger, atau produk fashion, atau yang lainnya.

Konten yang menarik akan menarik orang kepada brand yang terkait.

Konten adalah inti dari sebuah brand. Kontenlah yang akan menuntun pelanggan yang berpotensi untuk menjadi pembeli yang setia.

Manusia membeli dari manusia yang lain.

Dengan menceritakan brand kita maka kepercayaan orang lain akan dibangun sehingga mereka mau menggunakannya. Oleh karena itu kita perlu menggunakan tulisan, gambar, ataupun suara yang bisa mengaitkan brand kita dengan target pelanggan kita.


KONTEN MENGHUBUNGKAN KITA DENGAN TARGET PENGIKUT

Website kita adalah gerbang pertama untuk brand kita. Tugasnya adalah untuk memberitahu pendatang tentang siapa kita dan menghubungkan kita dengan mereka. Ini berlaku juga dengan blog, Podcast, YouTube, ataupun media sosial lain.

Setiap blog yang kita tulis dapat mengandung cerita atau pengalaman kita. Jadi sambil mengajarkan mereka, kita mulai membangun hubungan dengan mereka. Jika kita menulis sesuatu tentang perjuangan mereka dan menunjukkan bahwa kita mengerti mereka, maka mereka akan merasakan bahwa kita peduli dan mereka akan percaya kepada kita.


KONTEN MEMBAGIKAN APA YANG SPESIAL DARI BRAND KITA

Kita bisa menggunakan suara kita sendiri untuk menceritakan brand kita, apa yang spesial dari brand kita dan apa yang membuatnya berbeda. Btw ini kembali lagi kepada tujuan kita membuat konten ya. Apa sih nilai kita? Apa misi kita? Kenapa kita melakukan apa yang kita lakukan?

Tidak salah jika kita memang mau mendapatkan penghasilan dari membuat konten. Tapi kita perlu melihat dan terus belajar untuk meningkatkan kualitas konten kita. Itulah sebabnya ada harga berbeda untuk follower 1K, 10K, ataupun 100K. Mereka terus membuat konten dan membangun kepercayaan dengan pengikut mereka. Itu butuh proses yang tidak mudah dan singkat. Jadi hargailah kami para pembuat konten haha.


Semakin ke sini, kita sangat tahu bahwa peran digital itu sangatlah besar. Oleh karena itu untuk melakukan pemasaran secara digital, kita memerlukan mereka yang memang berpengalaman dalam membuat konten. Mereka ini adalah orang-orang yang sudah membangun kepercayaan dengan para pengikut mereka. Mereka ini adalah orang-orang yang telah memberikan value sekian lama sehingga konten yang mereka buat bisa dipercaya.

Mau menjadi seorang pembuat konten? Tunggu artikel saya tentang itu ya atau nongkrongin YouTube Hanson Tjung. Saya akan membagikan pengalaman saya sebagai seorang pembuat konten di sana.

Be blessed!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s