Detox Media Sosial


Sabtu kemarin, tanggal 6 Juni tepatnya jam 12 siang saya memutuskan untuk off media sosial selama 1 minggu. Ini adalah sebuah awal untuk saya membatasi penggunaan media sosial yang menurut saya sudah sangat memakan waktu sehingga yang seharusnya saya mengerjakan hal yang produktif tapi malah berlama-lama melihat-lihat media sosial.

Media sosial memang dibuat untuk membuat kita ketagihan. Selalu ada saja tampilan lain yang muncul dan membuat kita berlama-lama di sana mulai dari explore, suggested video, story, dan lainnya. Memang itu dirancang supaya kita tidak kemana-mana. Selain itu dengan memanfaatkan hormon dopamine pada manusia dimana ketika mereka diakui dan disukai maka akan bertambah senang, maka media sosial terus menjaring manusia di dalamnya.

Kita selalu ingin mengecek like dan comment. Kita membandingkan diri kita dengan post orang lain. Kenapa post kita lebih sedikit engagement sedangkan dia banyak, padahal post kita lebih bagus dari mereka? Pada akhirnya kita terus sibuk membanding-bandingkan diri kita daripada membuat konten itu sendiri.

Media sosial ada untuk kita bisa menyalurkan konten kita. Tapi saat ini, bagi saya setidaknya, media sosial lebih menghambat konten saya.

Makanya saya memutuskan untuk menghapus Instagram dan Facebook saya dalam 1 minggu ke depan. Setelah itu saya akan mengurangi penggunaannya dan kita lihat bagaimana ke depannya karena saya sendiri masih ada perjanjian untuk meng-upload konten dengan suatu produk di Instagram.

Bahkan saya berpikir untuk menghapus media sosial saya, Pernahkah kalian berpikir seperti itu? Ini baru wacana karena saya agak berpikir panjang secara saya menekuni passion di bidang media sosial juga.

Kira-kira apa sih yang bakal terjadi kalau saya hilang secara seminggu? Apa saja yang akan saya lewatkan?

Yang pasti waktu seminggu ini akan menjadi waktu dimana saya akan benar-benar melakukan inrtospeksi diri dan fokus dengan konten. Semangati saya!

Be blessed!

7 Thoughts

      1. Ya, juga ya …🤔
        Tapi memang kadang medsos ini perlu juga bagiku. Bukan kerja melalu itu sih tapi untuk bahan evaluasi terkadang aku perlu untuk membandingkan dengan tim lain untuk membuat cara di timku😃🤦

        Like

  1. Semangat ko.. !
    Memang kok perlu untuk mendetox beberapa hal yang ga penting, termasuk media social. Soalnya terkadang kt jd bnyk kehilangan waktu yg produktif.
    Tapi kalau memang ada perjanjian bisnis dalam media social, lebih baik kita belajar untuk bijak dalam memilih dan ga tergoda nglirik2 isi medsos lain yg ga terlalu penting.

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s