Kuliah Sama Hobi Ga Ada Hubungannya? Jadinya Malah Ancur Begini?


Melihat kembali ke belakang jaman kuliah, semua pasti tercengang-cengang ketika mendengar jawaban saya saat ditanya kuliah apa. Sastra Inggris. Tercengangkah kalian? Tidak?. Ok, lanjut.

Saya mengambil Sastra Inggris di Bina Nusantara. Saya pilih BiNus karena ikutin koko saya, seperti yang biasa dilakukan adik yang kebingungan. Kemudian ambil Sastra Inggris karena saya malas sekali untuk ketemu Matematika dan hafal-hafalan. Tapi ternyata di Sastra Inggris banyak banget mesti hafal-hafalan. Tahu sendiri vocabulalry-nya dan ada belajar culture juga. Tapi ya sudahlah karena saya juga suka bahasa Inggris dari kecil dan pada akhirnya lulus juga dengan IP yang tinggi.

Saat ini saya sedang mengerjakan passion saya sebagai seorang pembuat konten khususnya di Instagram, YouTube, Blog, maupun Podcast. Anehnya, bahasa Inggris memegang peranan penting dalam pertumbuhan saya untuk menjadi sekarang.

Kita semua bisa belajar hampir apapun dari manapun. Kita bisa belajar dari artikel, buku, blog, video, Podcast, Audio Book, atau apapun itu yang kebanyakan adalah dalam bahasa Inggris. Bahkan software-software yang saya gunakan, baik itu untuk edit foto atau video atau lainnya, juga dalam bahasa Inggris sehingga saya bisa bereksperimen sendiri dengan pengetahuan bahasa Inggris saya.

Saya sangat berteima kasih kepada para pengajar dan teman-teman saya yang membuat saya beretahan selama 3,5 tahun untuk menyelesaikan kuliah saya. Saya benar-benar bersenang-senang dan belajar banyak dari mereka.

Segala sesuatu terjadi karena sesuatu. Memang kuliah saya ini tidak ada hubungannya dengan pekerjaan saya sebagai pengusaha dan juga hobi membuat konten saya. Tapi berkat ini saya memiliki kemampuan analisis dan menulis yang cukup baik serta bisa belajar banyak dari media apapun. Saat ke luar negeri pun, saya tidak takut karena saya tetap bisa bertahan hidup walaupun nyasar. Apalagi saya suka jalan-jalan, terutama ke negeri barat.

Daripada menyesali masa lalu, kenapa tidak menggunakan pelajaran yang diambil untuk keberhasilan kita di masa depan? Kalau bisa bicara kepada anak muda yang mau lanjut kuliah memang saya sarankan jangan main asal masuk. Pikirkan apa yang kalian paling suka kerjakan dan kejarlah impian itu melalui kuliah atau memang jika tidak mau kuliah, belajarlah dan bekerjalah dengan giat.



Kalian ketemu saya di sinipun pasti terjadi karena sesuatu. Mungkin kita akan berkolaborasi suatu saat. Jadi jangan ragu-ragu mencari saya di Instagram ataupun di media lainnya ya.

Be blessed!

4 Thoughts

  1. Sama ko, aku juga ngambil inggris. Setelah lulus dan susah cari kerja, aku sempat nyesel. Tapi, akhirnya kerja sesuai title meski gaji ga besar. Semangat ya ko!

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s