Mau Terobosan Terjadi? Berdoalah Seperti Ini


Kita semua mau perubahan lebih baik bukan hanya dalam hidup kita, tapi dalam kehidupan orang lain juga. Kita mau dunia ini menjadi tempat yang lebih baik. Perubahan ini akan terjadi ketika terobosan-terobosan dilakukan. Namun sebelum terobosan itu terjadi, ada kekuatan supernatural yang seharusnya mendorong terobosan itu. Kekuatan itu adalah doa.

Di sini ada 5 doa yang bisa kita minta kepada Tuhan. Gunakan jari-jari tangan kita untuk mengingat hal ini. Berdoalah seperti ini setiap pagi, siang, dan malam. Doa ini bisa kita naikkan dengan puasa juga.


1. HATI | JEMPOL

Ketika kita menutup kedua tangan untuk berdoa, jempol adalah yang paling dekat dengan hati kita. Oleh karena itu kita perlu berdoa untuk hati kita. Apakah hati kita sudah benar dengan Tuhan? Apakah ada yang menghalangi hati kita untuk fokus kepada Tuhan dan kebenaran-Nya? Ketika kita berdoa, serahkan hati kita kepada Tuhan dan mintalah Tuhan untuk memulihkan hati kita supaya kita bisa menjadi benar dengan-Nya dan bisa memiliki hati yang sama dengan hati Tuhan.

Kita juga mendoakan hati orang-orang yang dekat dengan kita baik itu suami, istri, anak-anak, dan orang tua. Minta Tuhan untuk menjaga hati mereka juga supaya tetap mengasihi Tuhan dan mau hidup di dalam kebenaran.

2. PRIORITAS & JADWAL | JARI TELUNJUK

Telunjuk biasanya dilakukan untuk menunjuk sesuatu agar dikerjakan. Itu berarti kita menyerahkan setiap apa yang ingin kita kerjakan kepada Tuhan. Saya sendiri sering melupakan ini. Saya tidak meminta Tuhan untuk memberkati jadwal aktivitas saya. Yang terjadi adalah saya sering kehilangan fokus dan mudah untuk dialihkan. Tuhan tidak akan memberkati prioritas dan jadwal kita jika kita tidak meminta kepada-Nya. Oleh karena itu serahkan itu semua kepada Tuhan.

Terlebih lagi kita minta Tuhan memberikan hikmat kepada kita untuk menyusun prioritas dan jadwal. Apakah prioritas kita sudah benar-benar yang terpenting? Apakah ada jadwal harian kita yang tidak seharusnya kita lakukan.

Jangan hanya punya to-do list saja, tapi milikilah not do-do list.

Carilah dahulu Kerajaan Allah. Lakukan yang terpenting terlebih dahulu. Banyak dari kita yang tahu ini tapi dengan sengaja melewatkannya. Kemudian kita mengeluh bahwa Tuhan tidak peduli dengan kita.

Bagaimana Tuhan bisa mengutamakan kita jika kita sendiri tidak mau diutamakan oleh Tuhan?

Ketika Tuhan memberkati prioritas dan jadwal kita, maka kehidupan kita pasti akan semakin berarti dan membawa pengaruh. Itu membawa kita kepada doa nomor tiga.


3. PENGARUH | JARI TENGAH

Pertama-tama berdoalah untuk mereka yang memiliki pengaruh atas dunia ini. Baik itu pemimpin negara, pemimpin gereja, pemimpin kota, bahkan pemimpin kita di dalam komunitas sel. Satu hal yang saya benar-benar alami ketia menjadi seorang pemimpin adalah banyak angin yang berusaha menjatuhkan saya.

Semakin besar pengaruh seseorang, semakin Iblis menyerangnya.

Oleh karena itu mereka butuh doa dan dukungan dari kita. Mereka butuh proteksi spiritual dari kita. Berdoalah bagi mereka untuk membawa perubaha baik dalam dunia. Terutama di masa pandemi ini, berdoalah agar keputusan-keputusan yang mereka buat adalah yang bijaksana dan membawa terobosan baik.

Berdoa juga untuk para influencer. Mereka-mereka yang bisa mempengaruhi para pengikut mereka baik dari media sosial ataupun dalam kehidupan mereka. Minta Tuhan agar pengaruh yang mereka berikan adalah pengaruh yang baik sesuai dengan kebenaran.

Kemudian doakan pengaruh kita. Kita bisa berusaha sebisa mungkin untuk menjadi seorang influencer, tapi pada kenyataannya hanya Tuhanlah yang bisa menjadikan kita seorang influencer. Oleh karena itu mulailah bangun hubungan bersama Tuhan. Dapatkan integritas dan karakter Tuhan yang bisa menjadikan kita seorang influencer.

Minta kepada Tuhan supaya hidup kita bisa berdampak baik untuk orang banyak. Kita mau menjadi saksi Tuhan. Kita mau memberitakan kebaikan Tuhan. Kita mau menjadi surat berjalannya Kristus. Kita mau menjadi contoh dan terang untuk dunia. Minta kepada Tuhan supaya kita bisa menjadi lebih berpengaruh dalam hidup kita.


4. HUBUNGAN | JARI MANIS

Jari manis adalah tempat cincin dipakai. Ini adalah tentang hubungan. Doakan orang-orang di sekitar kita dimana kita punya hubungan dan dimana kita mau memiliki hubungan. Doakan teman-teman kita, keluarga, kelompok sel kita, rekan kerja kita, langganan kita, klien kita, customer kita, rekan pelayanan kita, dan siapapun itu yang kita ingat untuk doakan.

Mendoakan orang lain akan mempererat hubungan kita dengan mereka.

Percaya deh, saat kita mau mendoakan orang lain, kita akan lebih peduli dengan mereka. Kita mau mengenal mereka. Kita mau mengasihi mereka.


5. BERKAT / MATERI | JARI KELINGKING

Jari kelingking adalah yang paling kecil dan seharusnya menjadi yang terakhir untuk kita doakan karena meminta berkat Tuhan seharusnya bukanlah menjadi yang utama dalam doa kita. Tapi tidak ada yang salah dengan meminta berkat Tuhan. Tidak salah jika kita meminta Tuhan untuk mencukupkan kebutuhan kita.

Tuhan mengatakan bahwa kita tidak mendapatkan karena kita tidak meminta.

Dia akan mencukupkan kita sesuai dengan kebutuhan kita. Kebutuhan, ingat! Bukan kerakusan atau keinginan kita. Dia tahu yang terbaik untuk kita. Dia tahu kapan Dia harus menahan untuk mencurahkan berkat kepada kita.

Berdoalah juga untuk mereka yang lemah, yang miskin, yang hidupnya tidak sebaik kehidupan kita. Minta Tuhan untuk mencukupkan mereka juga. Beranikan diri untuk berbagi berkat juga dengan mereka.


Kadang orang-orang percaya sering mengeluh apa yang harus didoakan. Sekarang saya sudah memberikan 5 doa yang bisa kita pakai. Jika kita berdoa selama 1 menit untuk setiap poin doa, maka kita berdoa 5 menit. Kita doakan ini setiap pagi, siang, dan malam; maka kita sudah berdoa 15 menit.

Terobosan terjadi karena ada doa yang benar yang memicunya.

Jangan berhenti berdoa walaupun belum melihat terobosan terjadi. Waktu Tuhan pasti yang terbaik dan kita harus tetap beriman dan berharap kepada-Nya sambil terus membangun hubungan dengan-Nya di dalam doa.

Be blessed!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s