Lakukan 3 Hal Ini Untuk Lebih Berbahagia


Pada artikel sebelumnya, saya membagikan tentang kenapa sulit untuk berbahagia padahal sudah memiliki banyak pencapaian. Di sini saya akan membagikan apa yang mesti dilakukan supaya kita bisa lebih menikmati dan berbahagia dengan apa yang kita capai.


1. BERSYUKUR

Bersyukur berarti kita menerima apa yang kita miliki. Kita berterima kasih untuk segala hal yang sudah kita capai. Dengan bersyukur, kita akan lebih menghargai apa yang sudah kita depat. Kita meletakkan semuanya di tempat yang tepat.

Tentunya banyak sekali hal yang bisa kita syukuri setiap bangun pagi. Kita bisa makanpun itu karena ada begitu banyak orang yang memberikan sumbangsih mulai dari yang memproduksi bahan, mengantarnya, mengolahnya, mendistribusikannya, menjualnya, memasaknya, dan mengantar kembali ke tempat kita. Kita tidak menanam padi, kita tidak membajak sawah, kita tidak memanen, kita tidak memancing, kita tidak memasak, namun semuanya masih tersedia supaya bisa kita nikmati.


2. BERBAHAGIA ATAS HAL-HAL KECIL

Jangan memasang standar kebahagiaan terlalu tinggi. Saya harus punya rumah mewah dan mobil 3 baru bahagia. Kita bisa berbahagia dengan hal-hal kecil di sekeliling kita. Untuk bisa menikmati udara pagi saat jogging atau makan malam bersama keluarga dengan lauk sekadarnya, itu juga adalah sebuah kebahagiaan.

Seperti di film Imperfect yang baru saya tonton adalah cantik belum tentu bahagia.

Yang terpenting bukanlah angka, melainkan nilai.

Setiap kita memiliki nilai yang berharga di mata Pencipta kita. Kita diciptakan serupa dengan Pencipta kita. Itu berarti kebahagiaan kita tidak ditentukan oleh seberapa banyak angka pendapatan atau seberapa populer diri kita.

Kita harus membuat bahagia itu sederhana. Jangan memperumit kebahagiaan itu. Hal-hal kecil yang kita terima bisa memberikan kebahagiaan asalkan kita meresponinya dengan tepat.


3. BERBAGI

Cara terbaik untuk menjadi berhasil adalah dengan membantu orang lain berhasil. Itu juga bisa diaplikasikan dengan kebahagiaan. Untuk menjadi lebih berbahagia, buatlah orang lain berbahagia. Kita tidak bisa membahagiakan orang lain tanpa memberi.

Memberi terbukti membuat kita menjadi nyaman dan semakin dekat dengan pencapaian kita. Saya sendiri menjadi sangat berbahagia ketika saya membantu orang lain, terutama mereka yang tidak dapat membalas kebaikan saya.

Pernah tidak mendengar orang yang kita bantu berkata, “Terima kasih, Tuhan.” Ketika kita memberi, kita sedang disamakan dengan Tuhan. Karakter kita menjadi sebaik Tuhan. Kita menjadi tangan kepanjangan Tuhan. Itu adalah sebuah kebahagiaan besar saat saya mendengarnya.

Berbagi tidak akan membuat kita berkekurangan karena hukum tabur tuai selalu dinyatakan. Dan biasanya yang kita tuai jauh lebih banyak daripada apa yang ditabur. Saat menabur benih buah, kita akan menuai banyak buah.


Semoga dengan melakukan ketiga hal ini, kita bisa lebih berbahagia atas kehidupan kita saat ini. Kebahagiaan adalah pilihan dan respon kita. Kebahagiaan tidak pernah bergantung pada keadaan atau orang lain. Selamat berbahagia.

Be blessed!

2 Thoughts

  1. Memng setiap manusia harus saling mengingatkan, trlalu overthingkng disaat pandemi sperti ini, trnyata memmg kurg bersyukur yg bkin eggk bahagia .Terimakasih, sudh mengingatkan 🙂

    ~ agenglestari.id

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s