Apakah Kamu Berada Di Tempat Yang Tepat?


Menjadi seorang blogger sekian lama tapi rasanya tidak membawa dampak untuk orang lain, itu adalah salah satu pergumulan saya ketika menulis artikel-artikel di blog dan juga membuat konten lain baik di YouTube ataupun Instagram. Kemudian pertanyaan ini muncul di benak saya, apakah saya berada di tempat yang tepat?

Menjadi seorang YouTuber di kalangan para pengusaha yang tidak punya waktu untuk mengharga konten saya bisa jadi tempat yang salah. Menjadi seorang penulis di kalangan mereka yang malas membaca bisa jadi tempat yang salah.

Dan ini memang benar adanya. Di saat saya mulai bertemu para pembuat konten lainnya, karya saya dihargai. Banyak orang-orang berdatangan yang menghargai konten saya. Bahkan saya menjadi sangat bersemangat untuk terus berkarya.

Begitu juga dalam dunia blogging. Secara tidak sengaja saya menemukan sebuah komunitas para blogger bernama Ikatan Kata ini. Awalnya iseng-iseng bergabung dan setelah membaca peraturan serta tugas-tugasnya (sekolah kaleee), saya pun menganga. Namun tugas-tugas ini sebenarnya ya buat kemajuan saya sendiri sebagai penulis. Saya ditantang untuk membuat artikel demi artikel sambil menghargai sesama blogger.

Jujur ya saya agak malas untuk melakukan blog walking (benar ga tuh namanya) atau jalan-jalan ke blog orang untuk membacanya. Tapi melihat mereka begitu antusias dan menghargai karya saya, saya tidak bisa tidak menghargai karya mereka juga. Pepatah yang mengatakan “Lakukan terlebih dahulu apa yang kamu ingin orang lain lakukan kepadamu” itu memang benar adanya. Jika mau karya kita dihargai, hargai dulu karya orang lain. Jika mau dibantu, bantulah orang lain terlebih dahulu.

Untungnya para pengurus dan anggotanya ramah-ramah dan walaupun saya agak pasif (maafkan hamba) tapi saya yakin bahwa saya akan belajar banyak dari komunitas ini. Tinggal ditunggu waktu gatheringnya aja ya untuk bisa bertemu mereka muka tampak muka haha. yang mau join bisa langsung klik link Ikatan Kata ini.

Jadi ada baiknya kita melihat kembali apakah saat ini kita berada di tempat yang tepat? Apakah komunitas kita adalah komunitas yang akan memotivasi untuk lebih maju? Orang-orang di sekeliling kita akan menentukan arah tujuan kita.

Be blessed!

2 Thoughts

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s