Apakah Nanti Akan Berarti?


Saya sedang mengenang masa kecil saya sewaktu SD dimana saya baru saja gunting rambut dan rambut say aterlihat sangat aneh. Sepulang dari gunting rambut, teman-teman tetangga saya menertawakan rambut saya. Saya langsung masuk ke dalam rumah dan menangis di dalam kamar. Rasanya sangat tidak ingin keluar untuk bermain bersama mereka lagi.

Tapi sekarang apakah itu berarti? Tidak. Mereka tetap menjadi teman-teman saya, bahkan mereka tidak mengingat kejadia itu. Maksudnya apa sih cerita kayak begini. Ga tahu nyambung apa ga ya, tapi banyak hal yang terjadi di masa lalu yang tidak akan berarti di masa sekarang. Begitu juga dengan sekarang. Banyak hal yang berusaha kita kejar yang tidak akan berarti ke depannya.

Banyak hal yang kita anggap penting di masa lalu sebenarnya tidak sepenting itu.

Saat sekolah, kita selalu ingin menjadi terkenal dan diakui. Tapi jika kita bertemu di reunian, apakah hal itu menjadi penting? Tidak.

Pencapaian-pencapaian kita juga biasanya dilupakan seiring waktu. Generasi selanjutnya mungkin akan melupakan siapa J.K Rowling dan Harry Potter. Berita hari ini tidak akan berarti lagi besok. Bahkan tidak ada yang mengingat siapa yang menang olimpiade.

Jadi sekarang yang harus kita pertanyakan saat mengerjakan sesuatu, apakah ke depannya hal ini akan berarti untuk kita? Jika saya tidak menjaga kesehatan dengan makan sembarangan dan tidak berolahraga, apakah ini akan berarti ke depannya? Jika saya suka menulis tapi tidak menulis dari sekarang, apakah ini akan berarti? Jika saya mau memiliki hubungan yang baik dengan keluarga tapi saya sibuk dengan pekerjaan, apakah ini akan berarti?

Bagaimana jika kita sedang melewati sesuatu yang buruk? Quote terakhir dalam episode terakhir dari 13 Reasons Why menjelaskannya. Kita pasti akan membuat kesalahan dan gagal, tapi itu bukan berarti kita harus menyerah. Hidup ini indah. Saat mengalami masa buruk, kita harus bertahan. Bahkan mungkin saja masa yang kita lewati ini tidak akan berarti ke depannya. Malahan ini akan membuat kita menjadi lebih baik.

Jadi apakah yang kita kerjakan sekarang akan menjadi berarti 5 tahun ke depan?

Be blessed!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s