1% Dulu


Saya baru saja kedapatan 7 buku baru dan buku pertama yang saya baca adalah “Atomic Habits” dari penulis James Clear. Dari membaca pembukaannya saja, saya sudah menemukan intisari dari buku ini. Perubahan kecil dapat membawa hasil-hasil yang luar biasa.

Ini berbicara soal kebiasaan yang dilakukan secara rutin, atau sebut saja secara otomatis. Kualitas hidup kita seringkali ditentukan oleh kualitas kebiasaan-kebiasaan kita. Dengan kebiasaan-kebiasaan yang sama, kita bisa berakhir dengan hasil-hasil yang sama. Namun dengan kebiasaan-kebiasaan yang lebih baik, segala sesuatu itu mungkin.

Penulis buku ini menekankan bahwa jika kita membiasakan diri melakukan sesuatu yang benar sebanyak 1% dalam sehari dapat membawa perubahan lebih baik sebanyak 37 kali dalam setahun. Setiap buku yang dibaca rutin dapat memberikan sesuatu yang baru atau membuka perspektif baru dari cara berpikir lama kita. Semakin kita terbiasa membantu orang lain, networking akan semakin luas dan hubungan yang kuat akan kita miliki.

Namun kita harus mengerti bahwa untuk menguasai sesuatu dibutuhkan kesabaran. Anggap saja kita sedang duduk dengan sebuah balok es di depan kita. Pada suhu 29 derajat, balok es itu terlihat normal. Kemudian menjadi 30 dan 31 derajat, namun masih tidak ada perubahan. Tapi pada derajat ke-32, balok es itu mulai mencair.

Terobosan seringkali adalah hasil dari banyaknya tindakan sebelumnya yang membangun potensi yang dibutuhkan untuk perubahan yang besar.

Penyakit kanker tidak terdeteksi sampai akhirnya mengambil alih tubuh hanya dlama hitungan bulanan. Bambu hampir tidak bisa terlihat pada 5 tahun pertamanya karena sedang membangun akar yang kokoh di bawahnya sampai akhirnya melesat tinggi dalam 6 minggu.

Ternyata itulah yang seringkali terjadi kepada kita. Kita tidak melihat ada perubaha ketika kita membentuk kebiasaan baik. Jadinya kita kembali kepada kebiasaan buruk kita. Padahal pada saat kita sedang berjuang membangun kebiasaan baik atau merusak kebiasaan buruk, itu bukan karena kita tidak berkembang. Pekerjaan kita tidak sia-sia, tapi sedang disimpan.

Pada saat seseorang memecahkan batu dengan kapaknya berulang kali tanpa terlihat ada hasil, bukanlah pukulan terakhir yang membelah batu tetapi karena semua pekerjaan yang sudah dilakukan sebelumnya.

Jadi mulailah dengan 1% terlebih dahulu. Makan sehat, berolahraga setiap hari, membaca 5 halaman, menulis selama 10 menit, dan terus bertumbuh.

Be blessed!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s