Kebiasaan Orang-orang Berhasil, Catat!


Tentunya semua ingin menjadi berhasil atau sukses. Namun kesuksesan tidak datang begitu saja. Ada proses dan pengorbanan yang mesti kita berikan. Dalam Podcast ‘The Mindset Mentor with Rob Dial’, saya menemukan 5 kebiasaan dari orang-orang yang berhasil yang bisa kita aplikasikan dalam hidup kita.


1. BANGUN LEBIH PAGI

Sebagai orang yang selalu bangun siang, saya sendiri menemukan banyak manfaat ketika bangun lebih awal. Saya memiliki banyak waktu senggang yang bisa dihabiskan untuk hal-hal yang produktif.

Jika kita kesulitan bangun lebih awal, mulai bangun 15 menit lebih awal. Kemudian tambahkan menjadi 30 menit dan seterusnya sampai bisa bangun sesuai waktu yang kita inginkan. Tentunya harus tidur lebih awal juga ya agar bisa mendapat durasi tidur yang cukup.

Pagi kita menentukan hari kita.

Orang-orang berhasil bangun lebih awal. Mereka punya waktu untuk bermeditasi, melakukan journaling, berolahraga, membaca, dan belajar di pagi hari. Pada pagi hari juga tidak terlalu banyak gangguan, jadi bisa lebih fokus dalam produktivitas kita.

Yang harus kita lakukan di pagi hari tentunya adalah menyiapkan pikiran kita. Jangan habiskan dengan melihat media sosial atau menonton tayangan-tayangan tidak penting. Siapkan pikiran kita untuk menjadi kreatif dan produktif. 


2. LATIHAN

Latihan membuat sempurna.  Seseorang yang lahir dengan bakat memang bisa berhasil, namun jika dia tidak pernah latihan maka tidak akan bisa. Michael Jordan tidak diterima dalam tim basket sekolahnya. Itu menunjukkan bahwa dia tidak punya bakat dalam bermain basket. Namun dia tidak menyerah. Saat bermain basket, dia tidak akan pergi sebelum melakukan 100 lemparan yang berhasil.

Yang membedakan orang-orang berhasil dengan orang-orang biasa adalah bagaimana mereka menghabiskan waktu mereka untuk melatih diri atau hanya menyenangkan diri.

Kembangkan kebiasaan melatih diri. Perlahan-lahan lakukan improvement. Pelajari sesuatu yang baru yang kita mau pelajari. Kembangkan kebiasaan melatih diri. Perlahan-lahan lakukan improvement. Pelajari sesuatu yang baru yang kita mau pelajari.


3. OLAHRAGA

Olahraga? Oh my God! Yang satu ini malas banget rasanya. Tapi kita perlu tahu bahwa selama kita hidup di dunia, kita hidup dengan tubuh jasmani. Jika tubuh kita tidak fit, maka kita tidak akan maksimal dalam berproduktivitas. Banyak dari kita, termasuk saya, yang suka merasa lelah dan tidak punya energi. Kita mudah kelelahan. Itu karena kita tidak melatih tubuh untuk memiliki energi lebih.

Olahraga membuat tubuh kita semakin berenergi.

Semakin banyak energi yang terkuras, semakin banyak pula energi yang diterima.

Orang-orang yang berhasil terbiasa berolahraga di pagi hari. Habiskan sekedar 30 menit berjalan keliling perumahan.

Dengan berolahraga, kita justru akan semakin merasa fit dan segar dalam menjalani hari. Mungkin pada awalnya tubuh kita menolak dan tidak terbiasa (jelaslah, biasanya cuma tidur-tiduran sambil liat hp). Namun setelah terbiasa, kita akan merasakan dampak lebih baik pada diri kita (bukan hanya tubuh tapi juga kreativitas dan kepercayaan diri).


4. TULIS TUJUAN & SISTEM

Tentukan tujuan kita. Kalau sudah ditentukan, tuliskan. Dengan menulkiskannya, kita sedang memindahkan imajinasi menjadi kenyataan. Kita bisa merasakan impian dan tujuan yang mau dicapai. Orang-orang berhasil menuliskan tujuan mereka dan menaruh tulisan itu di tempat yang bisa mereka lihat terus menerus.

Di sini saya ingin menambahkan tuliskan juga sistemnya, bagaimana bisa meraih tujuan itu. Apa saja yang mesti dilakukan. Kebiasaan-kebiasaan apa saja yang perlu dibentuk untuk bisa mencapai tujuan tersebut. Lebih baik lagi jika membuat itu menjadi sebuah to do lists. Jadi setelah dikerjakan setiap harinya bisa kita centang sebagai tanda kemenangan.


5. MEMBACA

Kebiasaan terakhir adalah membaca. Orang-orang berhasil membaca. Banyak wawasan baru yang bisa didaptkan dari membaca. Kita juga menjadi percaya diri. Itu terjadi pada saya. Setidaknya menjadi lebih pintar dan kalau mengobrol, saya bisa tahu hal-hal yang mereka tidak tahu.

Semua yang kita mau tahu sudah ditulis.

Apa yang makita pelajari? Bagaimana berhasil? Bagaimana menghadapi kegagalan? Bagaimana membangun usaha? Bagaimana menjadi seornag pemimpin yang berhasil? Bagaimana memasak? Bagaimana membesarkan anak? Semua sudah ada di buku, guys. Oleh karena itu mulailah membaca.

Saran dari saya ketika mau memulai membaca, pilihlah buku yang kita sukai. Jangan memaksa diri jika tidak menyukai sebuah buku. Cari buku lain jika tidak sesuai dan tidak cocok. Kemudian highlight dan buat catatan juga. Review catatan itu. Jadilah pembaca aktif, bukan pasif.


Semoga dengan kelima tips yang saya pelajari ini, kita semua bisa menjadi semakin berhasil karena telah memiliki kebiasaan-kebiasaan ini. Pertanyaan, dari kelima ini, mana yang paling mudah dan sulit diaplikasikan untuk kalian?

Be blessed!

11 Thoughts

  1. benar mas, bangun lebih awal adalah kebiasaan baik
    apalagi kalau digunakan untuk hal bermafaat seperti olahraga atau menulis
    dan pastinya dengan sering latihan maka akan menjadi terbiasa dan menghasilakan sesuatu yang produktif

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s