Bagaimana Mengingat Apa Yang Dibaca


Baru selesai membaca 10 halaman, tiba-tiba lupa apa yang dibaca. Ujung-ujungnya berasa sia-sia dan kembali mengulanginya. Siapa yang kasusnya sama dengan saya? Sebagai pembaca pemula, rasanya sulit sekali untuk fokus ketika membaca. Mungkin saat membaca, saya mengerti. Namun mudah melewatkan informasi itu.

Berkat beberapa kali eksperimen, saya pun belajar untuk bisa mengingat apa yang dibaca. Ini dia 6 tips efektif dari saya! Tips ini saya bagi menjadi 3 bagian agar mudah untuk diingat yaitu sebelum membaca, saat membaca, dan setelah membaca.


SEBELUM MEMBACA

1. Tanyakan ‘KENAPA’

Kita perlu mengenali alasan kenapa mau membaca. Kita mau menambah wawasan. Kita mau belajar sesuatu yang tidak kita mengerti.Kita mau mendapatkan informasi. Kita mau melihat dari perspektif baru. ‘Kenapa’ inilah yang akan memotivasi kita untuk mengingat apayang kita baca.

Sebelum membaca, anggap diri kita sebagai seorang pembaca aktif. Kita bukan hanya membaca saja, tapi kita akan mengunyah informasi di dalam buku dan mencerna intisari-intisarinya.

2. Kenali Apa Yang Dibaca

Sebelum membaca, kita pastisudah tahu buku tentang apa yang kita baca. Bahkan ada daftar isi pada halaman di awal-awal. Kita bisa melihatnya dan pasti dari sana kita juga akan tahu apa yang akan kita pelajari.

Di setiap bab atau poin dengan judul atau sub-judul, kita juga akan mengenali apa yang akan kita dapatkan. Dengan mengenalinya lebih dahulu, kita akan semakin mengingat bacaan kita karena lebih spesifik. Kita hanya tinggal menyimpulkan dari judul atau sub-judul itu setelah membacanya.


SAAT MEMBACA

3. Catat / Highlight

Pembaca aktif menyediakan catatan saat membaca. Kita perlu mencatat apa yang kita pelajari. Ketika mendapatkan sesuatu yang membuka pikiran, jangan biarkan itu lewat begitu saja. Catat itu! Manusia itu pelupa, percaya deh. Dengan mencatat, kita bis amempelajarinya kembali.

Highlight kata-kata atau kalimat yang tidak mau kita lupakan juga. Saat mau mencaritahu kembali, akan lebih mudah ketika sudah memberi highlight.

4. Hilangkan Para Pengganggu

Saya tidak bisa membaca di tempat yang berisik. Saya butuh tempat yang tenang. Oleh karena itu biasanya saya membaca di dalam kamar atau kamar mandi saat tidak ada gangguan dari ponakan, tv, atau orang lain.

Smartphone juga menjadi pengganggu utama saya. Ketika mau mengingat apa yang dibaca, kita perlu fokus. Heningkan smartphone kita atau hempaskan jauh-jauh.


SETELAH MEMBACA

5. Review

Setiap selesai membaca, pikirkan kembali apa yang sedang kita baca. Buka kembali apa yang dicatat dan ingatkan diri kita apa yang baru saja kita pelajari. Ulangi beberapa kali dalam pikiran kita. Kalau perlu perkatakan supaya bisa lebih nyata.

Setiap selesai membaca, pikirkan kembali apa yang sedang kita baca. Buka kembali apa yang dicatat dan ingatkan diri kita apa yang baru saja kita pelajari. Ulangi beberapa kali dalam pikiran kita. Kalau perlu perkatakan supaya bisa lebih nyata.

6. Aplikasikan & Bagikan

Tidak ada cara yang lebih efektif untuk mengingat apa yang dibaca daripada melakukan dan membagikannya. Kita praktekkan itu. Aplikasikan dalam hidup kita.

Bagikan juga kepada teman-teman atau dalam tulisan atau video atau suara atau apapun itu. Dengan membagikannya kepada orang lain seringkali membuat saya terus mengingatnya. Makanya saya suka membagikan apa yang saya temukan berarti di blog, media sosial, dan YouTube saya. Ketika saya lupa pun, saya bisa melihatnya kembali melalui konten-konten saya.


Itu dia tips dari saya untuk bisa mengeingat apa yang dibaca. Kira-kira buat kalian cara nomor berapa yangpaling efektif untuk kalian?

Be blessed!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s