Menjadi Kristen Sejati Di Tengah Pandemi


Sudah sekian bulan kehidupan sebagai percaya menjadi sangat terbatas. Kita terbatas ibadah di gereja, berkumpul bersama dengan saudara-saudara seuiman, melayani, dan pergi menginjil. Banyak orang-orang percaya yang goyah dan menjadi tidak bersemangat saat mereka tidak benar-benar mengenaliidentitas sesungguhnya mereka.

Oleh karena itu sangatlah penting untuk bisa mengenali prinsip-prinsip yang dimiliki seorang Kristen sejati. Berikut adalah 3 prinsip yang harus dipegang dan dilakukan oleh setiap orang percaya.


1. MELAKUKAN PEKERJAAN IMAN

Iman bukanlah sesuatu yang pasif. Iman dipraktekkan. Iman tanpa perbuatan itu mati. Tetap menyembah Tuhan, mempelajari firman, berdoa, bersekutu dengan orang percaya lainnya. Lakukan pekerjaan iman yang sama seperti sebelum terjadi pandemi.

Kita bisa tetap beribadah. Kita tetap bisa komsel. Melayani tidak harus di gereja saja dan sudah seharusnya memang bukan di gereja saja. Bersaksi bisa lewat media sosial. Banyak pekerjaan iman yang bisa kita lakukan di tengah pandemi ini.

Melakukan pekerjaan iman berarti kita tidak menyembah berhala. Di saat keadaan dan kondidi tidak menentu, tetap percaya dan berharap bahwa semua ini akan baik-baik saja. Jangan cari kepastian dan jalan keluar kepada allah-allah lain. Kita juga tidak melakukan tindakan berdosa, tetap menjaga kekudusan.


2. MENGUSAHAKAN KASIH

Kasih adalah kata kerja, bukan kata benda. Jika kita merangkumkan satu isi Alkitab, kita akan menemukan bahwa semuanya adalah tentang kasih. Tuhan mengasihi kita. Jika Tuhan hidup di dalam kita, maka kasih adalah bagian dari hidup kita.

Di tengah pandemi ini, kita harus terus mengasihi. Justru pada saat inilah kasih sangat dibutuhkan. Banyak orang-orang yang memerlukan kasih. Sebagai orang percaya sejati, kasih adalah wujud nyata dari iman kita. Ingat, kasihlah yang terbesar, melebihi iman dan pengharapan.

Banyak orang Kristen yang menjadi tidak bersemangat pada saat pandemi ini karena mereka tidak mempraktekkan inti dari kekristetanan itu sendiri. Dengan mengasihilah kita paling menyerupai Tuhan.


3. MENEKUNI PENGHARAPAN

Pengharapan kita selalu kepada Tuhan. Kita menantikan Tuhan. Kita menantikan kedatangan-Nya. Kita menantikan pertolongannya. Kita menantikan kehidupan yang normal seperti sebelumnya.

Tetap kerjakan bagian kita dan biarkan Tuhan mengerjakan sisanya.

Jangan berusaha mengendalikan keadaan dan pandemi ini. Tetap berdoa, mengucap syukur, tetap hidup di dalam kekudusan, dan lakukan pekerjaan iman serta kasih.


Itulah 3 prinsip Kristen sejati yang harus dimiliki setiap orang percaya. Seorang Kristen tidak menajdi sejati hanya karena dia dibaptis atau mengenakan kalung salib atau selalu mengatakan ‘Puji Tuhan’ atau bisa bernyanyi menyentuh perasaan. Kekristenan datang dari tindakan nyata.

Tinggalkan dosa, lakukan pekerjaan iman, tunjukkan kasih dalam usaha nyata kepada Tuhan dan kepada sesama, nantikan kedatangan Tuhan dengan taat kepada firman Tuhan sehingga menjadi teladan.

Kita membaca 4 Injil pada Alkitab, tapi ada Injil ke-5. Kitalah Injil ke-5 tersebut. Kitalah yang membawa kesaksian dan kemuliaan Tuhan kepada setiap orang yang bertemu dengan kita,

Be blessed!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s