Meningkatkan Produktivitas


Siapa yang tidak mau terjadipeningkatan terhadap produktivitas? Namun untuk melakukan ini, ada harga yang harus dibayar. Ada waktu yang seharusnya digunakan untuk bersantai tapi kita habiskan untuk melatih diri dan bekerja.

Ada 6 tips yang untuk kita supaya bisa meningkatkan produktivitas.


1. TERUS BERGERAK

Tindakan akan mendatangkan lebih banyak tindakan.

Manusia diciptakan untuk terus bergerak. Lihat saja anak kecil yang tidak bisa berhenti bermain. Tetaplah penasaran seperti anak kecil yang mau tahu segala hal. Kita harus memulai dan mendorong diri sendiri untuk tetap termotivasi.


2. BELAJAR KAPANPUN ADA WAKTU

Multitasking jika digunakan dengan tepat maka akan sangat ampuh. Apa yang biasanya kita dengarkan saat menyetir atau dalam perjalanan ke tempat kerja?

Kita bisa mendengarkan Podcast atau audio book dimanapun dan kapanpun. Saat gym atau sikat gigi, isi pikiran kita dengan pelajaran. Saat sedang dalam perjalanan, dengarkan Podcast atau baca buku. Saat sedang liburan, bersantai-santailah dengan sebuah buku.

Salah satu hal yang saya suka lakukan ketika bangun tidur adalah membaca buku sambil poop, haha. Yes! Ritual tiap pagi saya adalah itu. Ketika bersepeda, jogging, atau gym, saya mengenakan Airpod dan mendengarkan Podcast. Jika ada yang bagus maka saya berhenti sebentar untuk mencatatnya agar tidak saya lupakan dan bisa jadi bahan Blog saya juga loh.

Kita bisa bertumbuh saat melakukan beberapa hal.


3. TEKNIK PODOMORO

Teknik ini saya dapatkan dari sebuah Podcast. Teknik Podomor ini berarti kita bekerja 25 menit dan istirahat 5 menit. Itu berarti kita fokus 25 menit tanpa notifikasi atau apapun yang bisa mengalihkan perhatian kita. Set timer atau bisa juga set di Shortucut iPhone untuk 25 menit. Setelah alarm bunyi. Istirahatlah sejenak 5 menit. Bisa ke toilet atau ambil minuman atau push up dan lainnya. Setelah itu kembali fokus bekerja. Lakukan ini selama 4x dan setelah itu istirahat panjang selama 15-30 menit.

Sebagai tambahan, waktu kita fokus bekerja seringkali kita diingatkan untuk mengerjakan hal lain yang juga sama pentingnya. Kuncinya adalah menaruh catatan di sebelah kita. Setiap teringat sesuatu, catat semua itu dan biarkan. Kembalilah bekerja. Saat istirahat atau selesai bekerja, kita bisa meninjau kembali catatan kita untuk melihat hal-hal apa saja yang penting.


4. RENCANAKAN TENAGA KITA DI SEPANJANG HARI

Kita harus mengenali diri kita. Kapan kita paling produktif? Apakah pagi hari? Siang atau sore hari? Setiap orang memiliki waktu yang berbeda untuk menjadi produktif. Jika pagi, gunakan itu untuk kreativitas kita. Saya sendiri mulai suka bangun pagi dan bekerja fokus dari jam 9 sampai jam makan siang. Setelah itu saya merasa sangat mengantuk dan bosan. Seringkali saya dialihkan juga dengan pikiran-pikiran lain. Itulah sebabnya jam 9 sampai jam makan siang akan saya habiskan benar-benar fokus mengerjakan hal yang terpenting.

Satu hal lagi, seringkali setelah kita selesai bekerja, kita masih membawa pekerjaan kita pulang dan melanjutkannya. Bagi saya itu adalah hal yang sangat merusak kreativitas dan produktivitas. Jika kita benar-benar merencanakan tenaga untuk satu hari itu, kita pasti sudah menyelesaikan semua pekerjaan dalam jam kerja kita.

Biasakan setelah jam kerja, jangan bekerja lagi. Beristirahatlah. Nikmati waktu bersama kekasih atau keluarga. Berolahragalah atau lakukan hobi kita. Saya biasa merencanakan setelah makan malam yaitu jam 6 malam, saya tidak akan mengutak-atik pekerjaan saya. Saya bisa bermain game, menonton, membaca, atau mungkin iseng-iseng edit foto, dan brainstorming buat konten Instagram, YouTube, dan Blog saya.


5. PUNYA WAKTU REFRESHING

Ijinkan diri kita untuk cas ulang tenaga, pikiran, dan emosi kita. At least pakailah satu hari dalam seminggu untuk itu. Biasanya hari Minggu karena itu adalah hari libur. Tapi buat yang Minggu tetap bekerja, tentunya ada 1 hari dimana kalian libur. Manfaatkan itu untuk terputus dari pekerjaan kita.

Jalan-jalanlah. Nikmati alam. Berpetualanglah. Ini akan me-refresh kembali hidup kita sehingga produktivitas akan meningkat saat kembali bekerja.


6. PERSIAPKAN DI MALAM SEBELUMNYA

Orang sukses mempersiapkan diri mereka untuk keberhasilan. Praktek nyatanya adalah mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk besok. Dulu saya selalu mempersiapkan segalanya beberapa saat sebelum melakukannya. Mau traveling pun seringkali saya baru packing 1-2 jam sebelum ke bandara.

Pernah beberapa kali karena saya melakukan persiapan yang mepet, banyak barang yang ketinggalan dan itu adalah barang-barang yang penting. Saya membawa gimbal kamera tapi lupa membawa sambungan dari gimbal ke kamera. Saya lupa membawa pegangan gimbal. Saya lupa membawa celana dalam saat ke gym dan ini sudah 3 kali kejadian!

Mempersiapkan terlebih dahulu sangat meningkatkan produktivitas kita. Kita tidak perlu lagi terburu-buru dan melupakan sesuatu. Alasan penting lain kenapa harus mempersiapkan lebih dahulu adalah seringkali banyak godaan yang akan menghalangi kita untuk maju.

Tentunya akan lebih mudah untuk bangun pagi saat kita tahu kita harus ke gym tanpa harus memikirkan apa yang harus dipakai. Earphone kita sudah dimasukkan ke dalam tas gym. Sarung tangan, baju gym, baju ganti, dan peralatan mandi sudah di dalam tas. Kita tidak mengambil tas, pakai kaus kaki (yang sudah dipersiapkan juga) dan sepatu, kemudian cus.

Saat mempersiapkan di malam sebelumnya, kita sedang menghilangkan sedikit penghalang. Kita tidak akan bermalas-malasan karena tahu semuanya belum siap. Ketika kita bangun, kita tidak perlu mencari-cari lagi.


Itu dia 6 tips untuk meningkatkan produktivitas. Kira-kira poin nomor berapa yang sulit kalian lakukan? Kalau merasa artikel ini bermanfaat, bantu like dan share ya biar saya semakin semangat menulis. Jangan lupa subscribe dan mampir k Instagram dan YouTube saya untuk wisdom lainnya.

Be blessed!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s