3 Faktor Penentu Keberhasilan


Dalam dunia yang serba bersaing ini tentunya hanya orang-orang yang benar-benar serius dan komitmen yang dapat terus naik dan menjadi berhasil. Namub ada pula faktor-faktor penentu keberhasilan. Kebanyakan orang-orang yang menjadi sukses memiliki ketiga faktor ini. Apa saja?

Jika artikel ini bermanfaat, jangan ragu untuk membagikannya supaya kehidupan kita bersama menjadi lebih baik. Follow dan like juga ya supaya saya makin bersemangat menulis.


1. KEJELASAN (CLARITY)

Bagaimana bisa menjadi berhasil kalau kita sendiri tidak tahu apa artis keberhasilan. Jika saya menanyakan kalian apa arti sukses, apa jawaban kalian?

Kejelasan sangatlah diperlukan sebagai tolok ukur kita. Apa kita mau menjadi seorang milyaner? Penulis yang dikenal di manca negara? Seorang sutradara dengan karya-karya yang mengubah kehidupan menjadi lebih baik?

Kenali apa terlebih dahulu. Kemudian pertanyakan kenapa, kapan, dan bagaimana.

Kenapa kita mau menjadi berhasil? Ada orang yang ingin mewariskan kehidupan lebih baik untuk keturunan. Ada yang ingin membahagiakan orang tua. Ada yang ingin balas dendam (terkadang balas dendam positif itu ada baiknya).

Targetkan keberhasilan kita untuk kurun waktu tertentu. 10 tahun? 5 tahun? Kemudian pertanyakan bagaimana supaya bisa menggapainya. Spesifikasi caranya dalam 1 tahun, per bulan, per minggu, dan per hari.

Sumber : Unsplash

Sebuah impian yang tidak direncanakan dan dikejar bukanlah sebuah impian.


2. KEPERCAYAAN (BELIEF)

Seringkali saya merasa kurang percaya diri. Saya tidak memiliki talenta atau kenalan yang bisa membuat saya meraih keberhasilan. Bahkan bergaul saja saya rada malas dikarenakan introvert.

Kalahkan keraguan dan ketakutan itu. Meragukan diri sendiri tidak akan membawa kita kemana-mana. Akuilah bahwa kita mampu dan layak mendapatkan keberhasilan itu. Akui bahwa kita memiliki segala yang diperlukan untuk menjadi berhasil.

Sumber : Unsplash

Peperangan selalu dimulai dari pikiran. Oleh karena itu memiliki kepercayaan diri yang kuat adalah sebuah modal yang notabene kudu dimiliki.


3. AKUNTABILITAS (ACCOUNTABILITY)

Setelah memiliki percaya diri, jadilah orang yang bisa dipercaya.

Datanglah sebelum janji waktu yang ditentukan. Kerjakan sebuah proyek bersama klien semaksimal mungkin. Saya pernah mendengar mereka yang mengatakan bahwa seseorang yang bekerja dibayar dengan sesuka mereka adalah mereka yang benar-benar ahli di bidangnya.

Steve Jobs meminta Rob Janoff membuatkan logo untuk Apple. Rob Janoff menantang Steve Jobs bahwa logo yang akan dibuat harus persis seperti yang dia inginkan tanpa ada revisi. Steve Jobs mengiyakan dan alhasil logo itu dipakai terus sampai sekarang. Namun walaupun tanpa revisi dan dibuat sesuka kita, kita tetap harus mengerjakan yang terbaik. Jika kita sendiri melihat ada yang kurang dan masih ada yang bisa disempurnakan, sempurnakan itu.

Sumber : Unsplash

Tepati juga janji yang kita buat. Jika kita memastikan hasilnya akan seperti ini atau itu, jadikanlah seperti itu. Selain meningkatkan akuntibilitas, memberi janji juga membuat kita tidak menunda-nunda. Setiap saya membuat video, saya selalu menjanjikan video akan selesai sekitar 2 minggu. Kemudian saya tepati janji itu. Saya tidak menunda-nunda, bahkan biasanya sebelum 2 minggu, video sudah selesai.

Menjadi orang dipercaya tentunya akan mendatangkan banyak kesempatan dalam hidup kita.

Sebagai seseorang yang berakuntibilitas, kita juga harus sama-sama mengangkat orang lain. Jika mengerjakan proyek dengan seseorang, sebutlah nama orang tersebut. Bawa nama baik orang lain dalam proyek kita. Kita akan lebih disenangi dan disegani ketika melakukan itu.


Itu dia 3 faktor penentu keberhasilan. Mana saja yang sudah kita miliki?

Be blessed!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s