Bagaimana Meningkatkan Fokus


Fokus merupakan sebuah kunci untuk kita bisa menjadi produktif. Pengakuan dosa, saya adalah salah satu makhluk ciptaan Tuhan yang sangat sulit fokus terhadap sesuatu karena otak saya terus memikirkan sesuatu. Saat ingin mengerjakan yang ini, tiba-tiba muncul pemikiran yang lain sehingga terlalu banyak pekerjaan menumpuk dalam pikiran saya dan membuat saya bingung mau fokus kemana terlebih dahulu.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan ragu untuk membagikannya supaya kehidupan kita bersama menjadi lebih baik. Follow dan like juga ya supaya saya makin bersemangat menulis.

Ditambah lagi dengan adanya pengalih-pengalih perhatian seperti game, media sosial, dan tayangan-tayangan di Netflix atau YouTube. Saya adalah orang yang suka multi tasking tapi pada titik tertentu multi tasking bukanlah sesuatu yang baik karena saya sibuk mengerjakan beberapa hal dalam satu waktu sehingga beban saya terasa sangat berat dan akibatnya saya menyerah dan menunda.

Untungnya saya menemukan cara supaya bisa memfokuskan waktu dan tenaga saya hanya kepada hal-hal yang terpenting. Bagaimana sih supaya bisa meningkatkan fokus.


1. BUAT TO DO LIST SETIAP PAGI

Cari tahu apa yang penting dan tuliskan itu di sebuah buku catatan atau jurnala tau dalam kasus saya buku daily journal. Dengan begitu saya bisa tahu mana yang harus dikerjakan pada hari itu. Pekerjaan lain yang tidak terlalu penting akan saya sisihkan untuk lain waktu.

Jika teringat sesuatu tentunya saya tidak menghiraukannya tapi saya tuliskan juga untuk saya tinjau kembali kapan harus menyelesaikan itu. Dalam to do list saya juga ada 3 list yang paling penting. Kalau mau lihat Daily Planner yang saya gunakan bisa langsung ke sini. Kalau mau yang Weekly Planner bisa ke sini.

Itulah yang akan menjadi prioritas saya dalam 1 hari itu. Saya harus menyelesaikan ketiga itu sebelum mengerjakan yang ada dalam list berikutnya.


2. MAKAN KATAKNYA DI PAGI HARI

Pernah mendengar ‘eat the frog in the morning’? Brian Tracy menjelaskan bahwa katak yang dimaksud di sini ada pekerjaan sulit dan penting yang biasa kita tahan-tahan. Tidak ada yang mau memakan seekor katak di pagi hari. Tidak ada yang mau mengerjakan sesuatu yang sulit di pagi hari. Tapi Brian Tracy mengatakan sebaliknya.

Untuk menjadi produktif, lakukan apa yang paling mau dilakukan di pagi hari.

Lakukan apa yang sudah lama kita tahan-tahan atau tunda.

Miliki cara berpikir untuk memakan katak di pagi hari. Pertama-tama selesaikan yang berada di nomor 1 dalam to do list kita. Itu akan membawakan kemenangan di pagi hari.


3. BUAT TUJUAN UNTUK HARI ITU

Buatlah misi harian. Apa yang harus diselesaikan dalam 1 hari itu? Apa misi kita hari ini? Apa goal kita hari ini? Mau menjauh dari ponsel? Mau menyelesaikan video yang sudah lama tidak diedit? Mau menyelesaikan novel yang terhenti?

Jadi lebih produktif. Jadi lebih bahagia. Jadi lebih sehat. Adakan waktu untuk keluarga.

Ketika kita sudah membuat tujuan untuk hari itu, maka sangatlah mudah untuk mengatakan ‘ya’ dan ‘tidak’.

Jika tujuan saya adalah hidup sehat, maka akan lebih mudah untuk saya menentukan makanan apa yang akan saya santap. Jika saya mau menyediakan waktu bersama keluarga, maka sangat mudah untuk mengatakan ‘tidak’ pada teman yang mengajak saya keluar.


4. BUAT LEBIH SEDIKIT KEPUTUSAN

Tahu tidak bahwa mengambil keputusan itu memakan banyak energi dalam otak. Otak akan berpikir lebih keras sehinggat kita tidak akan menjadi 100 persen hadir dalam hari itu. Ketika kita sudah membuat prioritas dan tujuan, maka keputusan yang kita buat akan lebih sedikit karena kita sudah tahu jalur mana yang harus kita lewati dan apa saja yang mesti dikerjakan.

Lebih baik menghabiskan lebih banyak waktu mengerjakan daripada memikirkan.


5. MATIKAN NOTIFIKASI

Notifikasi memang sangat menggoda, mungkin lebih menggoda daripada rumput tetangga. OIeh karena itu hempaskan notifikasi. Ketika mau fokus mengerjakan sesuatu, heningkan ponsel saudara-saudara atau kalau bisa taruh di tempat yang jauh dari jangkauan (kalau perlu di ruangan yang lain, ini serius!).

Saya menemukan bahwa saya semakin bisa fokus ketika tidak mengecek notifikasi yang sebenarnya tidak penting-penting amat. Seringkali saya mengalami di saat mengecek notifikasi, saya malah menghabiskan satu jam untu melihat-lihat yang lain. Saya jadi lupa apa yang tadi saya sedang fokuskan.


6. BEROLAHRAGA

Ternyata penelitian mengatakan bahwa dengan melatih tubuh, fokus kita akan meningkat. Hal itu dikarenakan aliran darah kita menjadi lancar sehingga otak kita akan semakin maksimal dalam bekerja. Selain itu kita juga tidak menjadi mudah lelah dan fit menghadapi hari kita.


7. DENGARKAN MUSIK

Cara ini memang disarankan untuk meningkatkan fokus. Namun musik yang didengarkan lebih baik musik tanpa vokal atau sekedar instrumen. Ini dinamakan neuro beat dimana instrumen ini akan meningkatkan cara kerja saraf otak kita. Salah satu instrumen yang disarankan adalah musik klasik.

Sebuah studi di University of Miami menemukan bahwa mendengarkan musik yang disukai dapat meningkatkan mood dan produktivitas. Mereka yang mendengarkan musik yang disukai lebih cepat menyelesaikan pekerjaan mereka dan menemukan ide-ide yang lebih baik.


Keinginan saja tidak akan membawa kita kepada pencapaian karena pada dasarnya kita lebih suka menyenangkan diri dengan hal-hal yang tidak akan membawa kita kepada produktivitas daripada capek-capek mengejar sesuatu yang kita tahu akan mendatangkan keberhasilan dan produktivitas.

Semoga tips-tips ini bisa bermanfaat dan kalian semua bisa fokus dengan blog saya. Loh?

Be blessed!

13 Thoughts

  1. Wah bermanfaat sekali artikelnya, mas Hans. Memang, notif dan gadget itu pengganggu fokus terbesar yg aku rasakan selama ini. Repotnya di sana juga aku buat agenda dg aplikasi organizer any.do. Tapi kominmen memanfaatkan aplikasi itu masih juga terkalahkan oleh godaan2 besar itu.

    Thx.

    Liked by 3 people

    1. Saran dari saya sih jangan pake app d hp untuk organizer gt. Lbh baik pke manual beli daily journal atau weekly journal. Kita terlalu lemah menghadapi cobaan di ponsel haha. Terima kasih ya sudah mamoir, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

      Liked by 2 people

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s