5 Penyesalan Orang Di Hari Tua


Peringatan buat kita-kita yang masih muda atau yang setengah baya namun masih merasa hidup ini kok begini-begini saja ya? Atau mungkin kita terlalu sibuk bekerja sampai kita lupa apa sih arti hidup ini?

Hey! Jangan cuma baca dan belajar saja, tapi hargai penulisnya dengan like, follow, dan kasih pendapat di komen serta bagikan supaya kehidupan bersama lebih baik.

Di sini saya menemukan ada beberapa hal yang disesalkan oleh mereka yang sudah tua. Dari sini saya harap kita juga bisa refleksi diri dan mulai menata diri agar tidak mengalami penyesalan yang serupa, begitu pula dengan saya sendiri.

Berikut adalah beberapa hal yang disesalkan saat tua nanti.


1. TIDAK MELAKUKAN APA YANG DISUKA

Banyak dari kita yang terpaksa mengerjakan apa yang orang lain mau kita kerjakan. Di saya pribadi, saya sempat merasa terjebak melanjutkan usaha keluarga walaupun bukan itu hal yang saya sukai. Pasti banyak orang yang mengalami hal serupa.

Walaupun saya tidak menyesalinya karena ini menjadi pemasukan dan usaha saya sendiri, tapi sekarang saya bisa mulai mengerjakan hal-hal yang saya senangi dan bahkan mendapatkan income dari sana. Apalagi kalau bukan membuat konten.

Dari menulis, TikTok, video, YouTube, endorsement, dan konten-konten yang saya senang kerjakan akhirnya bisa membawa hasil dan semoga saja bisa membuat yang lain menjadi positif, kreatif, dan produktif.

Pepatah sih mengatakan bahwa hidup terlalu singkat untuk dihabiskan dengan mengerjakan sesuatu yang tidak kita sukai. Apa passion kita? Temukan itu dan monetize itu. Segala sesuatu bisa diuangkan.

Seseorang yang suka jalan-jalan pun bisa mendapatkan uang dari bekerja sama dengan gotel-hotel atau travel atau bahkan menteri pariwisata. Dari iseng-iseng membuat TikTok bisa mendatangkan endorsement dan membuka kelas membuat konten TikTok. Tidak ada yang mustahil asslkan kita terus bergulat dengan apa yang disenangi. Toh pada akhirnya kita tetap puas karena kita enjoy dengan apa yang dikerjakan.


2. TIDAK MENGURUS TUBUH

Penyakit memang bisa datang tiba-tiba namun seringkali penyakit datang karena hasil dari gaya hidup kita yang tidak sehat. Saat tubuh sehat, kita memasukkan apa saja yang padahal kuranh baik ke dalam tubuh.

Kita bekerja keras saat muda sampai bergadang dan lupa makan. Seberapa banyak harta yang kita kumpulkan tidak akan pernah bisa kita nikmati jika tubuh kita tidak sehat. Oleh karena itu oeduli dengan tubuh kita.

Kalau kata teman yang saya kenal, jangan ubah diet tapi ubah gaya hidup. Karena kalau ubah diet, kita pasti akan merasakan penderitaan tiada akhir karena rasanya bagaikan dipaksa melakukan sesuatu yang tidak disukai. Tapi ketika mengubah gaya hidup, maka kita akan terbiasa dan menikmatinya. Lagipula sesuatu yang dinikmati itu akan lebih asyik, bukan?


3. TIDAK PUNYA TABUNGAN PENSIUN

Hedonisme ini perlu kita waspadai. Pengeluaran lebih besar daripada pemasukan. Kita tidak menabung. Baru mendapatkan gaji, seminggu kemudian mau kasbon dimana-mana. Gaji hanya untuk menutupi utang-utanh saja.

Akibatnya tidak ada tabungan sehingga di hari tua, saat sudah tidak punya tenaga untuk bekerja, kita malah kesusahan tidaj punya rumah, aset, ataupun tabungan: Rajin menabung itu penting, nak. Kalau tidak kenapa setiap pelajaran PPKN (jadul banget ya), selalu diingatkan untuk rajin menabung.

Setelah mendapatkan pemasukan, sisihkan setidaknya 10 persen untuk tabungan. 10 persen lagi bisa buat investasi. Kalau bisa di atas 10 persen lebih mantul. Sisanya gunakan untuk kebutuhan dan bersenang-senang.


4. TIDAK ADA WAKTU UNTUK KELUARGA

Masa muda memang waktu dan tenaga banyak, tapi kita lupa membagikan itu bersama keluarga. Kita fokuskan semua waktu dan tenaga untuk menafkahi keluarga. Padahal di saat kita masih punya waktu dan tenaga itu justru kita harus mempererat dan menciptakan sebanyak mungkin memori bersama keluarga.

Saya rada kita semua pernah mendengar kisah dimana orang yang sudah mau meninggal tidak mau dikelilingi harta mereka, tapi mereka mau berada di dekat orang-orang yang mereka sayang. Pekerjaan dan uang akan selalu ada namun keluarga atau kita tidak akan selalu ada. Jadi tentukan prioritas yang benar. Tahu ‘kan yang mana?


5. TIDAK JALAN-JALAN KELILING DUNIA

Yap yang terakhir paling asyik dan tentunya semua mau keliling dunia. Banyak yang menyesali inj di hari tua karena tentunya tenaga kita sudah tidak ada. Amit-amit kalau banyak penyakit jadi tambah tidak kuat lagi.

Banyak pengalaman melihat kultur serta kehiduoan di tempat lain yang pastinya akan menjadi memori indah. Indonesia sendiri punya begitu banyak tempat wisata yang sangat indah. Jadi selagi masih muda, sisihkan juga uang untuk berlibur. Ini bisa menjadi obat stress juga ‘kan?


Itu dia 5 hal untuk tidak disesali di hari tua nanti. Kira-kira nomor berapa saja yang sudah kalian lakukan?

Be blessed!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s