Motivasi Saja Tidak Cukup, Kita Butuh Ini


Apa yang kita fokuskan akan bertumbuh. Setuju semuanya? Kalau kita fokus dengan bisnis kita, bisnis akan bertumbuh. Kalau fokus pada hubungan (keluarga atau percintaan) maka hubungan itu akan bertumbuh. Kecuali kalau fokus sama saham, belum tentu bertumbuh (mandek iya kayak saya haha!).

Seberapa banyak dari kita yang termotivasi tapi kok tetap tidak melakukannya? Anggap saja baca sebuah buku atau blog (saya) dan terinspirasi tapi setelah selesai ya sudah numpang lewat saja tidak dipraktekkan.

Photo by Daria Shevtsova on Pexels.com

Kita butuh lebih dari sekedar motivasi.

Motivation sucks, what we need is drive!

Yang kita butuhkan adalah penggerak. Temukan ‘kenapa’.

If ‘why’ is strong enough, the ‘how’ will reveal itself.

Jika ‘KENAPA’ kita cukup kuat, maka ‘BAGAIMANA’-nya akan mengungkapkan jalannya sendiri.

Seorang ibu yang kehilangan anak akan bergerak mencari anaknya bahkan bila harus memberikan nyawanya. Itulah ‘KENAPA’-nya. Bagaimana supaya kita bisa menemukan ‘KENAPA’ kita? Lihat tujuan dan praktekkan 7 level of why. Ini berarti pertanyakan kenapa sebanyak 7 kali terhadap tujuan kita.

Seorang pekerja ketika ditanya apa tujuannya, dia menjawab mendapatkan 15 miliar setahun. Ketika ditanya kenapa mau sebesar itu, dia menjawab karena ingin membantu kestabilan finansialnya. Ketiak ditanya kenapa lagi dan kenapa lagi, dia menjawab ingin mencukupi kebutuhan keluarganya sampai akhirnya dia memberikan jawaban bahwa dia kehilangan hak asuh anak-anaknya dan dia ingin mendapatkannya kembali karena anak-anaknya tinggal lingkungan yang buruk. Dia tidak mau anak-anaknya tumbuh di lingkungan dengan kriminalitas tinggi. Dia tidak mau anak-anaknya menjadi pengedar atau pengguna narkoba. Itulah ‘KENAPA’-nya.

Motivasi saja tidak cukup. Apa yang menggerakkan kita?

Be more positive, creative, and productive! Be blessed!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s