Mau Berhasil Tapi Bingung Darimana? Baca Ini!


Mungkin kita bertanya-tanya apa saja yang perlu dilakukan jika ingin menjadi berhasil di kehidupan ini. Kita bingung harus memulai darimana. Di sini saya belajar ada 3 cara yang tentunya bisa kita aplikasikan jika ingin berhasil.

Hey! Jangan cuma baca dan belajar saja, tapi hargai penulisnya dengan like, follow, dan kasih pendapat di komen serta bagikan supaya kehidupan bersama lebih baik.


1. UANGKAN KESUKAAN

Cara pertama adalah dengan melihat apa saja hal yang kita sukai. Kita suka anak kecil, suka menulis, suka memasak, suka berbicara, suka tampil, suka membuat video, suka membuat cerita, suka menyulam, suka menjahit, suka mencuci, atau apapun itu yang menjadi kesukaan kita bisa menjadi modal usaha kita.

Photo by Dziana Hasanbekava on Pexels.com

Tuliskan setidaknya 20 hal yang kita sukai. Kemudian pikirkan bagaimana supaya bisa mendapatkan uang dari sana.

Contoh yang sudah nyata tentunya orang yang suka memasak bisa mulai menjual masakannya atau bahkan membangun sebuah restoran atau kafe. Orang yang suka fotografi bisa membuka jasa fotografer. Orang yang suka menulis bisa menjadi seorang copywriter atau penulis novel. Orang yang suka berbicara bisa menjadi seorang MC, speaker, atau mungkin motivator.

Temukan kesukaan kita dan uangkan itu.


2. JANGAN MENYERAH TERLALU CEPAT

Pernah tidak mendengar istilah berhenti di saat selangkah lagi kita sampai kepada impian kita. Itu berarti jangan menyerah terlalu cepat. Mungkin beberapa bulan ini kita sudah berusaha menjual produk kita tapi penjualannya tetap tidak meningkat. Jika sesuatu tidak berhasil, ubah caranya, jangan ubah tujuan kita.

Banyak yang memulai dan menyerah terlalu cepat. Pilihannya antara berhasil atau berusaha mati-matian. Tidak ada kata ‘menyerah’.


3. KELILING DIRI KITA DENGAN MEREKA YANG MIMPINYA LEBIH BESAR

Pernah tidak memperhatikan lingkaran pertemanan kita? Apakah mereka orang-orang yang tidak ambisius? Apakah mereka orang-orang yang hanya menerima gaji kemudian menghabiskannya di akhir pekan dengan cepat?

Siapakah teman kita? Siapakah orang-orang di sekitar kita? Mereka yang berada bersama kita akan menentukan masa depan kita. Jika kita bergaul dengan para perokok, kita akan menjadi perokok. Jika kita bergaul dengan para penggosip, kita juga akan ikut bergosip. Jika kita bergaul dengan mereka yang tidak memiliki mimpi, yang hanya sekedar bekerja dan bertahan hidup, maka kita akan menjadi seperti itu juga.

Oleh karena itu kita perlu mengelili diri dengan mereka yang memiliki mimpi lebih besar dari kita. Kita akan belajar dari banyak dari mereka. Kita akan termotivasi. Mereka akan mendorong kita menjadi lebih baik.

Banyak orang yang berhenti karena ada orang-orang tertentu yang tidak menyukai mereka. Mereka dibenci. Orang-orang yang membenci mereka ini adalah hater.

Hater sebenarnya tidak benar-benar membenci kita. Mereka membenci diri mereka karena kita adalah bayangan dari apa yang mereka inginkan.

Jadi hiraukan para pencemooh itu. Hiraukan mereka yang tidak bisa kita senangkan. Tapi milikilah teman-teman yang mendukung kita. Carilah mentor. Bergaulah dengan mereka yang akan menjadikan kita lebih maju. Seringkali orang-orang bermimpi besar yang kita temui ini malah akan membuka kesempatan-kesempatan seperti kerja sama atau networking.

Saya banyak bertemu orang-orang berhasil yang pada akhirnya kita menjadi teman dan malah membuka kesempatan untuk berkenalan dengan orang-orang hebat lainnya dan bahkan kita sampai bekerja sama. Dari yang awalnya hanya sekedar membuat video YouTube iseng-iseng tapi siapa yang menyangka akan bertemu beberapa artis seperti Rizky Febian, Anya Geraldine, Pamela Bowie, Cathy Sharon, dan sekarang membuka pintu-pintu kesempatan untuk menjadi seorang videografer dan mengembangkan Tjung Productions.


Masih bingung harus mulai darimana? Tulis, pikirkan, mulai, lakukan, terus lakukan, jangan menyerah, dan bergaulan dengan orang-orang hebat.

Be more positive, creative, and productive! Be blessed!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s